Oleh: bening1 | Januari 7, 2008

Memuliakan Janda & Anak Yatim

Pembaca,renungkanlah keutamaan dan berkah berbuat baik pada Janda dan Anak Yatim dalam cerita berikut ini. Sesungguhnya yang sering orang anggap hina di mata manusia, amat dimuliakan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Bukalah hati.. ulurkan tangan.. membagi rezeki kita pada mereka tidak akan membuat kita jatuh miskin atau usaha kita bangkrut,bahkan sebaliknya. Berderet berkah telah menanti, beban kita diangkat oleh Allah,kesulitan kita dimudahkan,hati tentram,keluarga sakinah dan rezeki menjadi barokah. Buktikanlah!

Ada seorang janda yang masih keturunan Alawi bersama beberapa anak perempuannya. Setelah suaminya meninggal, keadaannya jatuh miskin. Suatu hari ia membawa anak-anaknya pergi untuk mengungsi karena khawatir mendapat perlakuan tidak baik dari musuh. Ia memasukkan anak-anaknya ke dalam masjid yang kosong, karena cuaca begitu dingin saat itu. Melihat anak-anaknya yang kelaparan maka ia keluar masjid untuk mencari makanan..

Di jalan ia bertemu dengan seorang Muslim yang merupakan Syaikh di daerah tsb, kemudian ia menceritakan keadaan dirinya,bahwa ia adalah keturunan Alawi yang membutuhkan makanan. Akan tetapi syaikh Muslim tsb mengatakan:”Kemukan bukti dan saksi bahwa engkau wanita keturunan Alawi.” Lalu wanita ini menjawab:”saya seorang yang merantau,dan belum ada seorangpun yang mengenal saya.” Apa yang terjadi? Syaikh Muslim itu berpaling dan meninggalkan wanita tsb karena wanita ini tidak dapat memberikan bukti dan saksi. Janda ini amat bersedih atas perlakuan syaikh Muslim itu.

Di tengah perjalanan berikutnya wanita ini bertemu dengan orang Majusi,dan ia menceritakan keadaannya seperti ia menceritakan kepada Syaikh Muslim tadi. Ternyata orang Majusi ini menyuruh istrinya untuk menjemput anak-anak janda dan dibawa ke rumahnya untuk tinggal dan diberikan pakaian beserta makanan yang cukup.

Ketika waktu masuk tengah malam,syaikh Muslim bermimpi seolah kiamat telah terjadi. Dalam mimpinya ia melihat gedung yang begitu indah,dengan rangkaian berlian dan yakut. Ia bertanya pada Rasulullah SAW:”untuk siapakah gedung ini?” kemudian Rasul SAW bersabda:”untuk orang muslim yang bertauhid.” Lalu syaikh ini menjawab:”saya muslimyang bertauhid.” Rasul SAW berkata:”Kemukakan bukti dan saksi bahwa engkau muslim yang tauhid.” Syaikh ini kebingungan… Lantas Rasul SAW bersabda:”Ketika engkau didatangi seorang janda Alawi,engkau meminta bukti dan saksi,sekarang engkau buktikan bahwa engkau seorang Muslim!” Syaikh ini terbangun dari mimpinya dan ia sangat sedih karena telah menyianyiakan janda Alawi tsb.

Keesokan harinya Syaikh ini berkeliling mencari wanita Alawi,sampai akhirnya dia mendapat berita bahwa wanita Alawi tsb tinggal di rumah seorang Majusi. Maka didatanginya orang Majusi tsb dan serta merta ia meminta agar orang Majusi tsb menyerahkan janda Alawi padanya. “Aku bayar seribu dinnar,dengan syarat serahkan janda Alawi tsb dan anak-anaknya.” Tapi orang Majusi itu berkata:”Aku tidak akan menyerahkan janda itu beserta anak-anaknya.Karena aku telah mendapat berkah dari mereka.Semalam akupun bermimpi melihat gedung yang sama dengan yang kau lihat dalam mimpimu.Kemudian Rasul SAW bersabda:”Gedung nan indah beserta isinya tsb untukmu dan keluargamu karena kau telah menerima Janda sekaligus anak-anak yatim tsb.Engkau dan orang yang ada di rumahmu termasuk ahli surga.Karena sejak awal engkau telah menjadi orang yang beriman.”

Majusi itu berkata:”Gedung yang kau lihat itu dibangun untukku.Janda itu telah menunjukkanku pada Islam. Demi Allah,tidaklah aku tertidur tadi malam,melainkan aku dan keluargaku telah masuk Islam diatas tangan perempuan yang mulia ini.” Syaikh ini berpaling sambil membawa rasa kecewa yang ukurannya tidak diketahui kecuali oleh Allah SWT.

About these ads

Responses

  1. Tulisan yang menggugah. Bagus sekali. Bisa disebutkan sumbernya? Kalau tulisan sendiri, jangan ragu-ragu tulis nama di tulisannya.

    http://www.ruslihasbi.com

  2. Cerita ini dikisahkan oleh Imam Al-Ghazali

  3. Assalamu’alaikum,

    Untuk aktualisasi memuliakan anak yatim, dapat melalui kami, selanjutnya akan kami salurkan kpd yatim dan yatim piatu dibawah binaan kami.
    kunjungi http://snba1992.wordpress.com

    mohon bantu sebarkan info mengenai kami, semoga apa yang kita lakukan bersama dpt menjadi penolong di akhirat nanti. Amin.

    Wassalam.
    Snba’92

  4. Saya suka tulisannya. ada hiknah mendalam

  5. Mbak Bening,

    Tulisan nya bagus sekali….

    • itun udah pasti…………

  6. wah bagus sekali artikelnya
    apakah boleh saya masukkan kedalam web sekolah saya.
    mudah2an yang membaca mendapatkan sentuhan rohani, seperti saya ketika membacanya.

    • kami persilahkan digunakan untuk keperluan dakwah
      semoga manfaatnya banyak diterima saudara saudara kita
      harap tidak lupa untuk mencantumkan sumber dari artikel yang anda cuplik

  7. dengan cuplikan diatas sya menjadi lebih tertarik untuk membina anak yatim dan juga janda, sebab saya pernah berniat akan membina minimal 1000 anak yatim, trimaksih bagi siapa saja yang telah memberikan cuplikan di atas dengan membacanya tadi saya semakin kuat untuk membina anak yang tiada orang tua, mohon doa pembaca agar cita-cita saya atau niat saya tercapai,

    • ASS

  8. cerita ini sangat menyentuh hati saya,jujur saya ingin menangis ketika membaca cerita ini

  9. Sobat Bloger tercinta saya mengajak kepada anda semua untuk ikut berpatisipasi dalam, program yang kami susun untuk kepentingan anak anak yatim, di komunitas ini kami dengan hati yang sangat ikhlas dan datang dari Alloh SWT inggin mewujudkan sebuah ide di mana Bloger juga bisa berbakti untuk sodar sodara kita.

  10. asslm. wr. wb
    mb artikelnya sangat menyentuh sekali,
    semoga kita bisa selalu memuliakan janda dan anak yatim.

    wasslm. wr. wb

  11. Salam….Tahniah sebuah web yang baik semoga artikel ini dapat membantu sesama insan. :)

  12. saya sedang mencari anak yatim untuk dijadikan anak angkat. ada yang bisa bantu kah???
    wassalam.

  13. subhanallah…..

  14. 27 tahun yang lalu saya adalah anak yatim beserta keempat saudara perempuan saya. Bapak saya meninggal di saat kami semua masih sangat kecil, bahkan adik saya baru berusia tiga bulan. Ibu saya tidak bekerja dan tak punya apapun. Hidup kami sangatlah berat namun kami bahagia.

    Kini, kami berempat, dengan kuasa Alloh, bisa kuliah semua, bisa bekerja semua dan sudah menikah.

    Entah ilmu matematika macam apa yang bisa mengkalkulasi kehidupan kami ini.

    Sunnguh, Alloh yang maha menjaga dan maha pemberi rizqi. Dia yang mengatur segalanya. Dan dia mengatur segalanya dengan begitu indah bagi kami.

    Terimak kasih ya Alloh….

    • Saya mengalami hal yang sama dengan Ibumu Dek. Saya harus belajar banyak dari Ibumu. Anak saya ada 6 dan yang terkeci 5 bln saat ditinggal suamiku. Subhanallah…. Ibu, seorang yang bisa membangkitkan optimisme pada anak-anaknya. Amazing …….jangan mengeluh didepan anak-anak.

  15. minta izin saya share di FB saya ….terima kasih

  16. Perlukah kepada Panti Asuhan /Rumah Anak Yatim??? Sekiranya wujud Kasih Sayang itu semua tidak perlu.

    Binalah Kasih Sayang, ianya kunci perpaduan sejagat !!!

  17. Alhamdulillah,insya Allah akan menjadi spirit buat saya didalam berbuat amal kebaikan

  18. Bisa d jelsin ga Perilaku terhadap anak yatim itu bagaimana & apa saja..??

  19. jika menikahi seorang janda dan memelihara anak-anaknya seperti anak sendiri, bagaimana?

  20. SUBHANALLAH, bolehkah saya forward ke milis saya ?

  21. bila anak yatim itu nakal ,bila kita memarahi nya dengan cara membentak berdosakah kita?

  22. Jemput ke lamanweb baru kami yang di taja oleh
    Yayasan Kebajikan dan Perkhidmatan Kesihatan Malaysia di:

    http://www.rkh.ykppm.org.my

    Semoga ada saham kita bersama di dalam usaha amal ini.

    Waullahu Alam.

  23. Assalamua’laikum Akhi/Ukhti

    Ada hal yang menggelisahkan di hati saya yang hendak saya torehkan yang mudah-mudahan bermanfaat. terlebih dahulu perkenankan saya memperkenalkan diri, Saya adalah seorang anak yatim yang Alhamdulillah masih dapat menyelesaikan S1 dengan biaya sendiri.
    Mungkin ada benarnya juga pendapat yang mengatakan “Uang bukan Segala-galanya, Tapi segalanya butuh uang”. Hampir di setiap mesjid yang pernah saya singgahi yang memiliki kas terbesar adalah anak yatim, namun dalam pengelolaan oleh pengurus mesjid, anak yatim yang mendapat santunan baik dihari raya maupun masa awal sekolah hanyalah anak-anak SD sampai SMP. sedangkan untuk anak SMA tidak di biayai padahal justru untuk anak SMA lebih membutuhkan biaya lebih besar untuk sekolahnya. hal ini menurut saya bukanlah hal yang salah namun masih terdapat kekurangan. karena tujuan kita untuk menyantuni anak yatim adalah agar kelak kehidupannya lebih baik. jadi hendaknya anak-anak SMA yang yatim juga harus disantuni sampai tamat bahkan kalau bisa sampai kuliah.
    Untuk mendapatkan pekerjaan minimal harus memiliki ijazah SMA. Untuk perusahaan-perusahaan besar minimal D3 atau S1. Jika kita benar-benar ikhlas dan peduli dengan anak yatim ada baiknya hal ini kita pikirkan. Kemudian satu hal lagi yang mengganjal di hati saya yang ingin saya ungkapkan adalah, kita/pengurus mesjid yang benar-benar sayang dengan anak yatim perlu mencoba terobosan baru dengan memberikan beasiswa terhadap anak-anak yatim yang berada di lingkungan masing-masing mesjid misalnya untuk anak-anak yatim yang masih SD, SMP, dan SMA ( kalau bisa kuliah) setiap bulannya menganggarkan khusus biaya sekolah anak yatim tersebut. mudah-mudahan kita benar-benar dapat Meraih Berkah dan Ridha Allah Melalui Anak Yatim dan di Surga dekat dengan Rasulullah SAW seperti dekatnya jari yang dirapatkannya ketika beliau mengucapkan haditsnya. wassalam[Jasmar SE.i, djasmardo@yahoo.com]

  24. asslm…

    saya mau tanya .
    keluarga saya kan ngebawa anak yatim dari kampung. trus anak yatim itu sifat.y kurang baik dan keluarga saya suka menasehatinya..
    yang mau sya tanya apakah berdosa jika memarahi anak yatim tetapi karena prilakunya yang kurang baik…????

    mohon di jawab ..!

    wasalam..

    • mf saya cuma skdar ksh masukan bwt perbandingan saja knn sy bkn ustad taw ahli llmu hadis mf yah sebelumnya.. kita itu berbuat tidak baek kpd org laen..mahkluk..tumbuhan..hewan.jin dsb. tidak diperbolehkan apalagi kpd anak yatim..kita bisa brbuat baik cuma sama yang baik2 itu dah wajar..nah lok kita bisa berbuwat baik mskipun yang kt baikin tdk baek bwt kita..itu yang baru dinamakan ber buwat baek..ingat rosulullah saw..dikencingi..dilempari kotoran..dihina di aniaya tp beliu ttap meraasa sayang kpd mereka..mlh didoakan yang baek2 pkh kt ga kpingin pnya akhlak mulia sprti belio..smg brmanfaat.smg anda trmasuk org2 yang bener2 mengharap surga krn anak yatim.mf ada salah dan kekuranganya

  25. jadi ingin nangis neh……
    cz cerita itu mengingat kan aq ma keluarga aq yg ga pny bapak lg……..hixz,hixz,hixz

    • sinta – jika masih membutuhkan bantuan, bisa menghubungi saya.

  26. ”BARANG SIAPA BERBUAT BAIK DAN MENYANTUNI ANAK YATIM DAN PIATU,MAKA DIA AKAN MENDAPATKAN SURGA,DAN DOANYA ANAK YATIM DAN PIATU TERKABUL”FIRMAN ALLAH

  27. mf.. saya hanya minta dukungan dan doa.saran kalo ada thanks. saya jadi lbh mantep dgn niat saya yang lagi tertarik dgn seorang jnda br anak satu. saya kenal dia tdk saya sengaja..yang ternyata dia adlh istri seorang perbang suami yg baik yang dah pulag disisi ALLAH krn kecelakaan pesawatnya di irian jaya.kebetulan sang suami it adlah temen saya wkt sekolah yang juga meninggal bersamanya..saya hny meng harap jika dia baik buwatku dekatkanlah dan berikan kemudahanya. jika tdk baek bwt saya jauhkanlah dr pikiran saya dan berikan dia seoang pengganti suami yg baek bwt dia amin

  28. menarik sekali tulisannya, saya ingin menyantuni janda dan anak yatim di daerah serpong. mungkin ada informasi?

    • mulia sekali niat anda untuk mencari informasi dan berniat menyantuni janda dan anak yatim, kami berada di daerah jakarta timur. jadi maaf tidak bisa memberikan informasiyang anda buttuhhkan. jika ada pembaca yang lain memiliki info yang diperlukan saudara kita ini tlg diinformasikan.

      • hmmm… lokasi kayaknya tidak begitu penting, kalau ada info di tempat lain (jabotabek) juga silakan….

  29. KEMPEN TERKINI KAMI UNTUK RUMAH KASIH HARMONI

    Assalammualaikum Semua

    MOHON DIPERPANJANGKAN, SEMOGA ADA SAHAM KITA BERSAMA:

    Sesi persekolahan yang baru bermula, mengundang beberapa keperluan baru bagi anak-anak di
    Asrama dan Tadika Kasih Harmoni.

    Keperluan yang sangat mendesak buat ketika ini ialah untuk menggantikan Meja dan Kerusi di Tadika Kasih Harmoni. Tahap kerosakkan terutamanya pada meja-meja di tadika RKH adalah sangat kritikal. Sehubungan dengan itu pihak kami mempelawa tuan/puan untuk sama mengambil saham dalam usaha untuk menggantikan keperluan yang dimaksudkan.

    Sila layari link berikut untuk mendapatkan sebutharga yang telah diberikan oleh sebuah pembekal perabut:

    http://www.rumahamal.org/tadika_rkh.htm

    Untuk perbincangan lanjut berhubung dengan perkara sila hubungi:

    Ustazah Rohana: 019-3133430

  30. ayah & ibu…tanpamu baru ku mengerti erti kasihmu..tiada penganti didunia ini…..Ya ALLAH di mana harus ku luahkan derita hati ini…Semoga Allah tempatkan keduanya bersama2 dgn org beriman & ampunkan dosa & hiasi kubur keduanya seperti taman syurga….amin…:(((

  31. assalamualikum. Tak hanya itu. bnyak lg crita anak yatim n janda yg hrs meneteskan air matanya, pdahal mreka hidup dilingkungan orang2 yg mengku dirinya brpandangan luas tp nyatanya mreka yg mmbuat air mata itu mnetes

  32. Subhanallah….. ya Allah muliakanlah, permudah rizkinya dan tingkatkan derajatnya bagi orang-orang yang memuliakan dan memperhatikan janda dan anak yatim .

  33. Bulan Ramadhan kemarin ipar saya dipanggil Allah dalam kecelakaan mobil di ngawi,madiun,jatim.kaget dan sedih adik kandung saya tiba2 harus menjadi janda.putra semata wayang berumur 6 thn adalah anak yang hebat.dengan cepatnya Allah memberi kedewasaan buat mengerti apa arti kematian ayahnya yang ia kagumi.saya mendampingi adik dan keponakan hebat setiap hari.Allahu Akbar….banyak kemudahan yang diberikan Allah buat membalut luka ibu dan anak ini.tapi saya benar2melihat banyak pula orang yang dzalim kepada mereka berdua.yang terlihat jelas,banyak harta yang diambil.sepeda motor,uang santunan jasa raharja,dll.kadang orang berdalih minta dibayar hutang almarhum yang kami tidak jelas apa hutang itu benar2 ada atau diada2kan.maka,benar perintah Allah untuk menyantuni janda dan anak yatim,bukan hanya memberi sedekah.MENYANTUNI….berbuat sopanlah,menghargailah….hargadiri mereka,harta mereka,hati mereka,masadepan mereka.seandainya kita di beri kemampuan,berikanlah dengan penghormatan yang tulus,entah itu perkataan,bantuan pikiran maupun sedikit harta qt,karena seberapa banyak yang kita berikan tidak akan mampu menghapus luka hati karena ditinggal orang yang dicintai.

    • sabar ya mbak!!!! semua kita serahkan pada allah swt. sama yang diatas yang kita percayai selama ini, masalah hutang bagi orang yang meninggal memang harus diselesaikan. tetapi masalah itu benar atau tipu tipuan kita kembalikan kepada allah, kalo mau mengadu, adukan kepada allah semata. hanya allah yang maha tau dan maha melihat, hanya allah yang bisa memberi keadilan yang seadil adilnya. maka dari itu intinya kita bisa ikhlas mengembalikan semua yang kita hadapi kepada allah, bukan merengek, dan bukan menyalahkan allah yang gak adil dlll. semua yang kita hadapi dan kita putuskan adalah yang terbaik. asal atas ijin allah

  34. Pembaca,renungkanlah keutamaan dan berkah berbuat baik pada Janda dan Anak Yatim dalam cerita berikut ini. Sesungguhnya yang sering orang anggap hina di mata manusia, amat dimuliakan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Bukalah hati.. ulurkan tangan.. membagi rezeki kita pada mereka tidak akan membuat kita jatuh miskin atau usaha kita bangkrut,bahkan sebaliknya. Berderet berkah telah menanti, beban kita diangkat oleh Allah,kesulitan kita dimudahkan,hati tentram,keluarga sakinah dan rezeki menjadi barokah. Buktikanlah!

    Ada seorang janda yang masih keturunan Alawi bersama beberapa anak perempuannya. Setelah suaminya meninggal, keadaannya jatuh miskin. Suatu hari ia membawa anak-anaknya pergi untuk mengungsi karena khawatir mendapat perlakuan tidak baik dari musuh. Ia memasukkan anak-anaknya ke dalam masjid yang kosong, karena cuaca begitu dingin saat itu. Melihat anak-anaknya yang kelaparan maka ia keluar masjid untuk mencari makanan..

    Di jalan ia bertemu dengan seorang Muslim yang merupakan Syaikh di daerah tsb, kemudian ia menceritakan keadaan dirinya,bahwa ia adalah keturunan Alawi yang membutuhkan makanan. Akan tetapi syaikh Muslim tsb mengatakan:”Kemukan bukti dan saksi bahwa engkau wanita keturunan Alawi.” Lalu wanita ini menjawab:”saya seorang yang merantau,dan belum ada seorangpun yang mengenal saya.” Apa yang terjadi? Syaikh Muslim itu berpaling dan meninggalkan wanita tsb karena wanita ini tidak dapat memberikan bukti dan saksi. Janda ini amat bersedih atas perlakuan syaikh Muslim itu.

    Di tengah perjalanan berikutnya wanita ini bertemu dengan orang Majusi,dan ia menceritakan keadaannya seperti ia menceritakan kepada Syaikh Muslim tadi. Ternyata orang Majusi ini menyuruh istrinya untuk menjemput anak-anak janda dan dibawa ke rumahnya untuk tinggal dan diberikan pakaian beserta makanan yang cukup.

    Ketika waktu masuk tengah malam,syaikh Muslim bermimpi seolah kiamat telah terjadi. Dalam mimpinya ia melihat gedung yang begitu indah,dengan rangkaian berlian dan yakut. Ia bertanya pada Rasulullah SAW:”untuk siapakah gedung ini?” kemudian Rasul SAW bersabda:”untuk orang muslim yang bertauhid.” Lalu syaikh ini menjawab:”saya muslimyang bertauhid.” Rasul SAW berkata:”Kemukakan bukti dan saksi bahwa engkau muslim yang tauhid.” Syaikh ini kebingungan… Lantas Rasul SAW bersabda:”Ketika engkau didatangi seorang janda Alawi,engkau meminta bukti dan saksi,sekarang engkau buktikan bahwa engkau seorang Muslim!” Syaikh ini terbangun dari mimpinya dan ia sangat sedih karena telah menyianyiakan janda Alawi tsb.

    Keesokan harinya Syaikh ini berkeliling mencari wanita Alawi,sampai akhirnya dia mendapat berita bahwa wanita Alawi tsb tinggal di rumah seorang Majusi. Maka didatanginya orang Majusi tsb dan serta merta ia meminta agar orang Majusi tsb menyerahkan janda Alawi padanya. “Aku bayar seribu dinnar,dengan syarat serahkan janda Alawi tsb dan anak-anaknya.” Tapi orang Majusi itu berkata:”Aku tidak akan menyerahkan janda itu beserta anak-anaknya.Karena aku telah mendapat berkah dari mereka.Semalam akupun bermimpi melihat gedung yang sama dengan yang kau lihat dalam mimpimu.Kemudian Rasul SAW bersabda:”Gedung nan indah beserta isinya tsb untukmu dan keluargamu karena kau telah menerima Janda sekaligus anak-anak yatim tsb.Engkau dan orang yang ada di rumahmu termasuk ahli surga.Karena sejak awal engkau telah menjadi orang yang beriman.”

    Majusi itu berkata:”Gedung yang kau lihat itu dibangun untukku.Janda itu telah menunjukkanku pada Islam. Demi Allah,tidaklah aku tertidur tadi malam,melainkan aku dan keluargaku telah masuk Islam diatas tangan perempuan yang mulia ini.” Syaikh ini berpaling sambil membawa rasa kecewa yang ukurannya tidak diketahui kecuali oleh Allah SWT.

  35. Aku dan seorang wanita yang pipinya kempot dan wajahnya pucat bersama-sama pada hari kiamat seperti ini (Nabi Saw menunjuk jari telunjuk dan jari tengah). Wanita itu ditinggal wafat suaminya dan tidak mau kawin lagi. Dia seorang yang berkedudukan terhormat dan cantik namun dia mengurung dirinya untuk menekuni asuhan anak-anaknya yang yatim sampai mereka kawin (berkeluarga dan berumah tangga) atau mereka wafat. (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

  36. ijin nyimak, bookmark dan kopas..

  37. Cerita yang sangat menyentuh
    mohon maaf lahir batin selamat berpuasa saudaraku

  38. Pelihara lah anak yatim dan janda…..pelihara lah karna ALLAH…..Bukan karna Pahala…….

    Berniat boleh tp jgn di ucapkan ( RIA )…..tapi laksankanlah niat itu ( IKHLAS )

    ……Sholat ku , Ibadah ku, Hidup dan Mati ku hanya karna ALLAH……

  39. SUBHANALLAAH.
    Kalau saja Ummat Nabi Muhammad memiliki hati mulia seperti Majusi yg menolong Janda dan ank2 yatimnya, tentunya tidak akan ada Janda yg menangis dalam sujud diatas sajadah solat malam.
    Lalu menatapi wajah anak2nya yang tertidur lelap di buai mimpi.
    Aku Janda faqir dg kedua putri yatima, Sungguh ku berharap kan datang pertolongan Allaah Swt, melalui uluran tangan hamba2nya yg Sholeh.
    Afuan wa Suqran.

    Salam.
    Janda faqir
    Ummu Yatima.
    Email : nanasania@rocketmail.com

  40. Assalamualaikum wr wb ,,,
    ,,,SUBHANALLOH ,,,,,,Makasih banyak renungan nya Barokallohupikum jamian,,,,,,salam ulkuwah,,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 78 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: