Oleh: bening1 | Februari 4, 2008

Siapa Penghuni Neraka Saqar?

Tentang keadaan orang-orang yang berdosa Al-Quran menjelaskan dalam Surat Muddatstir. ” Apa yang menyebabkan kamu masuk Neraka Saqar?” ( Surat ke 74 : 42). Inilah jawaban orang-orang yang berada di dalam Neraka Saqar (yaitu Neraka yang dijaga oleh 19 malaikat, yang menghanguskan kulit manusia).
1. ” Dulu kami termasuk orang-orang yang meninggalkan sholat.” (ayat 43)
2. ” Kami kikir,tidak memberi makan orang miskin & tidak memuliakan anak yatim.” (ayat 44)
3. ” kami juga berbicara untuk tujuan yang bathil.” (ayat 45)
4. ” dan kami tidak percaya akan hari pembalasan sampai datang kematian pada kami.” (ayat 46-47)

Mari renungkan bersama,mengapa Allah menurunkan Surat ke 74 ini? Apakah Allah hanya menakut-nakuti manusia? atau ada tujuan baik lain? Sesungguhnya setiap sesuatu yang Allah perintahkan, Allah larang, Allah tunjukkan.. adalah untuk kebahagiaan hidup manusia baik di dunia maupun akherat. Allah menunjukkan keadaan Neraka Saqar seperti itu supaya kita berpikir dan menjauhi hal-hal yang menyebabkan seseorang terjebur ke dalam Neraka Saqar.

Ketika Allah menunjukkan akibat bagi orang-orang yang berdosa,maka Allah juga menunjukkan jalannya bagaimana agar kita tidak termasuk ke dalam orang-orang berdosa tsb..
1. Laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat
2. Muliakanlah anak yatim dan beri makan orang miskin
3. Beriman kepada Allah, Rasul SAW, Malaikat, Al-Quran, Hari Kiamat dan Takdir Allah

Sebenarnya Allah begitu sayang dan cinta pada kita. Tapi memang manusia sendirilah yang amat bodoh dan zalim. Sehingga petunjuk Allah, peringatanNya..dianggap angin lalu saja. Setiap hari yang ada di otaknya,adalah dunia,dunia,dunia… Jadilah akherat terabaikan, sedikit mengingat Allah,jika demikian siapa sebenarnya penyebab manusia masuk ke dalam Neraka Saqar? Manusia sendirilah..

Ketika Allah memberikan rezeki yang banyak, keadaan yang lapang, semua serba mudah, apa yang orang munafik katakan? Allah sedang memuliakanku. Tetapi ketika Allah menguji dengan kesempitan,diberikan musibah,dibangkrutkan usahanya apa yang orang munafik katakan? Allah sedang menghinakanku.. Sungguh amat tidak tau diri manusia seperti ini, ketika diberi kebaikan lisannya memuji Allah tapi tindakannya tidak ada satupun yang menunjukkan rasa syukurnya. Harta yang Allah berikan digenggamnya erat, tidak dibersihkan, tidak dikeluarkan yang menjadi hak anak yatim & orang miskin. Nah ketika Allah memberi peringatan karena kesalahannya ini.. dia malah berkata Allah sedang menghinaku,padahal keburukan yang menimpanya adalah kesalahan dirinya sendiri karena kikir.

Marilah fahami ini,bukan Allah yang memasukkan manusia ke dalam Neraka Saqar..tetapi manusia sendirilah yang menceburkan diri ke dalamnya karena ia tidak memilih jalan lurus sesuai petunjuk Allah,untuk taat pada Allah (habluminallah) dan menunaikan kewajibannya terhadap sesamanya (habluminnanas).

About these ads

Responses

  1. saya setuju. salam

    • Assalamu’alaikum Wr.Wb. saya senang membaca karya anda yg sangat menggugah jiwa saya untuk segera bertaubat, karena selama ini kami sebagai orang yg beriman tapi juga masih berani melakukan dosa, namun setelah sy melakukan dosa rasa menyesal betul, tapi anehnya setelah lama pingin melakukan dosa lagi. untuk itu sy ingin mendapat resep dari mbak Siti Fatimah Solihah, bagaimana cara dan upaya untuk meredam keinginan berbuat jelek tersebut?
      sebelumnya terima kasih atas jawaban dan sarannya.

  2. ibarat kita hidup biasa biasa saja, kita sudah dalam posisi ditebing neraka, apalagi kalo kita tambahkan maksiat dan perbuatan yang melanggar agama. dimanakan posisi kita?

    kebanyakan orang tidak tau bagaimana kehidupan setelah mati. dalam alquran telah dijelaskan dengan jelas, seperti apa neraka, bagai mana kehidupan di surga. bagaimana untuk mencapainya… mintalah petunjuk pada allah, bukan pada peramal, bukan pada atasan anda. bukan pula pada dewa dewi. hanya pada allah swt.

  3. meyakini kebenaran Al Qur An sj Akan ada siksaan di Akhirat NanTi

  4. Neraka Saqar (Pintu neraka ke-3) tidak membiarkan dan tidak meninggalkan,maksudnya apa yg dilemparkan kedalam neraka Saqar dibakarnya sampai binasa,kemudian dikembalikan seperti semula untuk diazab kembali.

  5. Ya ALLAH, tolonglah hamba-MU yg hina ini.. Ampunilah segala dosa ku ini..

  6. Neraka telah siap membakar sy sj pelaku maksiat

  7. insyaALLAH kita akan selalu dalam lindunganNYA…….amin

  8. aku setuju dgn uraian tadi karena kalau kita ingin selemat intinya harus bertakwa kpd ALLAh sesuai yang dicontohka RASULULLAH SAW.amin…

  9. Ya-Allah datangkanlah kepada hamba-Mu ini seorang guru,
    Yang bisa menuntunku kejalan-Mu

  10. ih ngeri bangat!!!! mudah mudahan aja gw gak masuk neraka saqar,amin….

  11. aku berlindung kepadaMU dari adzab neraka Saqar

  12. Ilmu yang sangat bermanfaat buat kita semua, khususnya saya faidatus….!! Teks atas infonya….!!

  13. semoga setiap kata” menjadikan manfaat aminn.

  14. smga Allah menjauhkan kita dri dosa_dosa besar…amiin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: