Oleh: bening1 | Maret 13, 2008

Ridho Allah

Ridho Allah adalah dambaan setiap muslim yang menyadari bahwa itulah harta termahal yang pantas diperebutkan oleh manusia.Tanpa ridho Allah,hidup kita akan hampa,kering,tidak dapat merasakan nikmat atas segala apa yang telah ada di genggaman kita,bermacam masalah silih berganti menyertai hidup kita.Harta berlimpah,makanan berlebih namun ketika tidak ada ridhoNya,semua menjadi hambar. Tidak tahu kemana tujuan hidup,merasa bosan dengan keadaan, seolah hari berlalu begitu saja,begitu cepat namun tanpa disertai dengan perubahan kebaikan hari demi hari. Sehingga merasa mengapa hidup hanya begini-begini saja?

Apa sebenarnya ridho Allah? Mari simak ayat Al-Quran yang membahas hal tsb.
“Maka berikanlah haknya kepada kerabat dekat,juga kepada orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalananan.Itulah yang lebih baik bagi orang yang mencari keridhaan Allah. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” [Ar-Rum : 38]

Dalam bahasa arabnya ridho Allah ternyata dilafashkan dengan wajhaAllah atau wajah Allah.Sering kita dengar perumpamaan ‘ih orang itu cari muka [wajah]‘ maksudnya cari perhatian. Demikian pula jika kita mencari wajah Allah atau perhatian Allah atau yang lebih populer ridhoNya maka pasti ada yang mesti kita lakukan. Apa? telah dijelaskan pada ayat di atas,yaitu memberikan haknya kerabat dekat,hak orang miskin,hak orang yang sedang dalam perjalanan. Itulah sebagian cara yang ditunjukkan Allah pada kita untuk mendapatkan ridhoNya disamping kita wajib selalu bertaqwa padaNya,istiqomah dalam ibadah,dan masih banyak lagi yang bisa mengundang RahmatNya bukan justru mendatangkankan murkaNya.

Memberikan hak orang yang dimaksud Allah bukan hanya bisa dilakukan oleh orang yang kelebihan harta namun bisa dilakukan oleh orang yang sadar dan ikhlas bahwa letak ketentraman hidup itu ada pada restu,ridho dan rahmat Allah.Boleh jadi rezeki yang Allah berikan pada kita hanya pas untuk makan sehari hari dan biaya hidup keluarga,namun ketika Allah telah berkenan memberi ridhoNya,rezeki yang pas itu menjadi berkah…keluarga sakinah,hati tentram,keluarga sehat wal afiat,tidak diberikan penyakit yang menguras rezeki kita,diberi keringanan beribadah,baik sholat,zakat,sedekah,sehingga hari hari yang dilalui dalam hidup penuh dengan rasa syukur.

Sekarang mari kita koreksi diri bersama,
- sudahkah kita memberikan haknya kerabat dekat?
- sudahkah kita memberikan haknya orang miskin?
- sudahkah kita memberikan haknya orang yang dalam perjalanan?
- sudahkan kita bertaqwa berada di jalan lurusNya?
- sudahkah kita istiqomah dalam ibadah? mewujudkan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari?
- sudahkah kita meniatkan setiap yang kita lakukan untuk mencari ridhoNya?

Atau kita justru serakah,menggenggam erat harta yang Allah titipkan sehingga harta yang seharusnya bisa digunakan untuk ibadah malah menghantarkan kita ke pintu Neraka..

Setelah kita mendapat jawabannya..tentunya kita pun tahu,sudahkah kita dapatkan ridhoNya dalam hidup kita? Kita memang tidak dapat melihat wujud ridlo itu dengan mata kepala akan tetapi insyaAllah akan bisa dirasakan oleh hati,ketika kita berjuang untuk mendapatkannya dengan senantiasa menjauhi laranganNya,memahami,mengamalkan dan mengajarkan perintahNya. Waallahua’llam bishawab.

About these ads

Responses

  1. wallahu a’lam bishshowab

    Yaa ilaaHy anta maqshuudy wa ridloka mathluuby, a’thiny mahabbataka bi qurbika wa binafsika

    • “……….waridhoka matlubi,a’tini mahabataka wa ma’rifataka”. karena tanpa mengenal Allah pasti kita tersesat.

  2. ass.wr.wb..
    alhamdullilah, saya menemukan blog yang tepat untuk saya sebagai umat muslim yang masih minim pengetahuan agamanya…
    terimakasih karena telah berhasil mencerahkan hati dan pikiran saya, yang terkadang “buntu” karena persoalan hidup..
    tanpa tersa saya menitikkan air mata saat membaca artikel ini..
    saya jadi paham apa makna mencari Ridho Allah yang sebenarnya…
    terima kasih..
    wass.wr.wb

  3. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Untuk saudara2 kami mengundang berkunjunglah kesitus kami yaitu http://www.ridhoallah.com

    semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua. amin

    Wass.

  4. semakin banyak saya membaca artikel artikel di blog ini semakin saya mengerti tentang islam semakin mantap iman saya kepada allah dan semakin takutlah saya kepada azab allah dan semakin semangatlah saya beribadah kepadanya. subhanallah terimakasih atas seluruh artikelnya

  5. subhanallah, blog ini membuat hati saya bergetar, selama ini saya beribadah hanya ketika membutuhkannya, semoga qt semua mendapatkan ridho Allah, Amieen,,,,terima kasih atas Artikelnya ^,^

  6. Alhamdulillah, trima kasih telah menyediakan blog yang sngat tepat untuk selalu menjadi bahan introspeksi diri…smoga blog ini membawa banyak manfaat bagi kita semua agar senantiasa istiqomah di jalan Allah S.W.T, amin…

  7. Ass Wr Wb

    Terima kasih, Sangat bermanfaat u/ menambah ilmu.

  8. Sungguh sangat bermanfaat bagi kita, kiranya dapat terus memuat artikel – artikel yang lebih banyak

  9. Trima ksh tlah nemuin blog ni,,q sdar q msh jauh dr Allah,jauh bgt.kdang hti ingn ktmu Allah,tp g0daan hdup dnia trlalu bsar n brat,q msh minim pengetauan agama.bwt smua tlng bntu doa agr q bs mjdi muslim sejati.amien

  10. Aslm. Yaaa,,,,,Allah.
    Tunjukkn Ridho na Engkau. Agr HambaMu yg hina bs kmbli ke jln yg lurus.
    Situs ini tlh mnambahkn kyakinan jln Qu utk kmbli kpd Nya.
    Amien,,,,,,

  11. Allhamdulillahakhirnya sy menemukan artikel yang sangat sy butuhkan guna mengobati duka lara yang selama ini menyesakan dada krn merasa jauh dr didho Allah Swt.

  12. ass…wr.wb.
    setiap cobaan yang kita terima dari allah adalah teguran untuk kita dan allah tidak akan memberikan cobaan kepada umat manusia melebihi batas kemampua manusia itu sendiri..tapi kenapa ortu sy sdh lama diberi cobaan tapi blm juga dapat jalan ….

  13. Askum…
    Untuk niez on,brsabarlah,tetap brusaha dan berdo’a.Mungkin ridhoNYA akan segera di brikan,namun hrus qt ingat jika masih tertahan itu berarti qt hrus byk2 bercermin pada org2 yg ada di bwah qt yg mungkin penderitaannya lebih lengkap di bandingkan qt.

  14. Ass…mudah2 kita semua istiqomah dalam ridho Allah amiin2 ya Robbal alamin…

  15. subhanallah

  16. Semoga selalu mendapatkan ridho Allah. amin…

  17. terima kasih ya Allah, engkau telah pilih orang-orang yang selalu membawa untuk mencintaiMU…… tetap semangat akhi semoga ilmunya barokah dan banyak lagi yang mau nambah ilmunya lewat blog ini.

  18. ass wr wb
    sya sngat tsntuh stlah mmbca blog ini,,smoga stelah syg mmbca blog ini iman sya brtmbah kuat,,amien

  19. kadng dri ku tk prnh brskyr kpd Allah swt sllu mengluh dn menglh pdlh bnyk org yg tk sbruntung aku smg hti ku sllu dtrangi chya ilahi dn mnyskri ap yg ad amin….

  20. Assalamu’alaikum wr.wb
    kalau kita melihat bhwa ridho Alloh ada dalam jabatan, ilmu dan harta. Itu keliru, karna smua hal itu hanya sbgian jlan mnuju ridhonya dan tidak di bgi rata pada smua manusia. Mka, papun yg kita lakukan niatkn krna untk mncri ridhony, insyaAlloh mmbimbing kta. Dan shalat adalah sbgai kunci stiap prmslhan yg qta hdapi.

  21. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Numpang Singgah,
    And semoga bermanfa’at bagi kita semua,
    Insyaallah.. Aamiiiiin——–

  22. Allhandulillah ya Rabb…Engkau telah menuntun tangan hamba yang kotor ini dalam menyusun kata2 untuk menemukan blog ini.makasih atas artikelnya.I love you YaRabb…..

  23. Alhamdulillah

  24. Tks smg menjadi amal sholeh rekan2 yg telah berbagi ilmu di situs ini

  25. Pencerahanx bgs,trims

  26. asalamualaikum. warahmatullahi wabarakatuh.

    subhanallah.. maha benar allah dengan segala firmannya..
    mampir ke blogku ya..
    http://www.falahachmadbagusti.blogspot.com

    syukron

  27. Alhamdulillah q telah temukan apa yang q cari,mengenai ridho Allah,akhrnya q bisa membuka pikiran dam hatiku untuk Allah,dan allamdulillah mulai saat ini q akan berusaha,melapang kan dada ini,melangkah denagan ikhlas untuk mencari dimana Allah meletakkan ridhonya untuk ku cari,,bismillah ya Allah q mulai melangkah dg menyebut nama mu.”ALLAH”..dan terima kasih atas blog ini.

  28. Assalammualaikum …..
    thanks ,…artikelnya sangat bermanfaat dan menggugah hati ini,….semoga Allah mengampuni dosaku dan meridhoi setiap langkahku…..,amien

  29. ..Siapa yg dpat mencari ridhonya didunia iya akan merasakan ketenangan dan di akhirat dia akan mendapatkan kemenangan..

  30. ..kita sebagai mahluk ciptaan Allah apa salahnya untuk berbondong2 untuk mencari ridhonya bukan dbayar kok!. Untuk itu marilah sama2 kembali kejalanya..

  31. sya stuju skli, hny ridho allah lah yg qta harapkan di dunia ni.sgala ssuatu yg qta krjakan hrus brlandaskan dngan ridho allah tdak usah trburu2 dlam mngambil kputusan qta fkirkan trlebih dahulu baik bruknya mnurut kebaikan bersma.dlam mmperoler rizki lbih mulia brbagi krna it harta qta di ridhoi allah insyallah berkah hidup qta amiiiin

  32. Allahu akbar

  33. wah maaf pengertian ridho alloh nya kurang pas tuh! Sebenarnya yg dimaksud Ridho Alloh itu adalah Islam, dimenangkannya islam diatas dien dien yg lain. Jdi percuma kita hidup bila tidak menjadi pejuang agama Alloh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: