Oleh: bening1 | April 17, 2008

Untuk Apa Manusia diciptakan?

Sebenarnya, Untuk apa manusia diciptakan?

Untuk apa seseorang memeluk agama Islam?

Sampai detik ini,coba kita renungkan 1 menit saja..menjawab pertanyaan di atas secara jujur. Kita dilahirkan,dibesarkan,menjadi dewasa,kemudian tua,untuk apa? Apakah sekedar makan,minum,tidur,mencari uang,menghabiskan uang,melampiaskan nafsu? Berulang terus setiap hari,menjadi minggu,menjadi bulan,menjadi tahun… Dan waktu kita habis hanya untuk mengulangi terus hal-hal diatas,sampai akhirnya jenuh,merasa capek,tidak tahu lagi apa sebenarnya yang dicari,mau kemana tujuan hidup sebenarnya..?

Padahal Al-Quran telah menjelaskan bahwa Allah menciptakan kita bukan hanya untuk ‘Mangan,Turu,Manak’ (makan,tidur,mempunyai anak) akan tetapi kita mengemban tugas khusus yaitu beribadah,mengabdi kepada Allah.

” Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (Adz-Dzaariyat 56)

Namun jaman sekarang ini yang dikatakan jaman modern,serba canggih,justru meletakkan manusia bukan pada tingkatan yang paling tinggi,malah mensejajarkan diri dengan makhluk ciptaan Allah yang lebih rendah tingkatannya. Bagaimana tidak.. Allah melebihkan akal pada manusia,tidak digunakan untuk berpikir siapa sejatinya dirinya? untuk apa ia ada? Akalnya hanya digunakan untuk mencapai bagaimana caranya supaya tetap survive,kebutuhan perut dan bawah perut terpenuhi,nafsu memiliki sesuatu tersalurkan,banyak berdusta,bersiasat,semua untuk dunia,dunia dan dunia. Lupa hakekat ia diciptakan.

” Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta, (yaitu) orang-orang yang terbenam dalam kebodohan yang lalai..” (Adz-Dzaariyaat 10-11)

Marilah kita sama-sama mengoreksi diri sampai dimana kita melakukan tugas yang diberikan Allah pada kita. Menjadi Islam bukan hanya ktp,sholat asal-asal,puasa ikut-ikutan.. Kita punya tanggung jawab setiap sesuatu yang kita lakukan harus diniatkan semata-mata karena ingin beribadah pada Allah. Menjaga hati dan perbuatan,selamat dari penyakit hati dan menjaga perbuatan dari yang diharamkan Allah. Mengajak orang lain dalam kebaikan, mengingatkan orang lain jika bersalah,saling berpesan dalam kebenaran dan kesabaran.. Semua kewajiban kita sebagai muslim,tidak mudah,namun jika tidak pernah dimengerti,dilakukan,kapan kita akan sadar?

Mumpung masih ada waktu,Yuk.. yang merasa diri sebagai Islam,mesti komitmen terhadap akidah Islam dan konsisten menjalankan konsekwensi sebagai muslim. InsyaAllah akan mendapat ridhoNya. Amin..

About these ads

Responses

  1. aku setuju sekali dengan perkataan diatas bahwasanya manusia itu diciptakan u/mengabdi kepada allah.

  2. وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
    wamaa khalaqtu aljinna waal-insa illaa liya’buduuni
    [51:56] Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku

    Dimulai dengan wau athof, -garis bawah-, -penting-, -perhatikanlah dengan sungguh-sungguh-,

    Tidak ada tujuan lain Allah menciptakan jin dan manusia selain dari pada mengabdi

  3. Sebelumny sy mnt maaf , saya muslim,mngkin bsa di blang tulen,sya mon brtnya.Apa yang dimaksud dengan kata (kecuali untuk mengabdi)pada ayat diatas.Sdangkan dlm kehidupan ini btuh usaha untuk kelangsungan hidup istirahat bahkan bercengkrama.Sdngkn kata “kecuali”yaitu menghilangkan aktifitas / segala kegiatan yang lain.Mohon penjelasannya.

    • terima kasih mas alfan, kami coba untuk memberikan penjelasan
      kalo menurut pemahaman kami, mengabdi tidak identik dengan beribadah secara lahiriyah, seperti sepanjang hari sholat atau dzikir terus…..untuk urusan wajib kan semua udah diatur dan sunnah pun juga udah ada aturannya. hubungannya dengan kehidupan?
      kita hidup perlu makan, dan sekarang makan tidak gratis, jika kita mencari makan, carilah makanan yang halal dan dengan cara yang halal. itu bentuk mengabdi kepada allah. bila kita mencari nafkah, carilah dengan lillahi ta’ala, setiap gerak dan langkah kita adalah untuk mencari ridlo allah, dengan begitu kita termasuk mengabdi kepada allah swt. tidak mengabdi kepada harta benda, mengapdi kepada selain allah.

  4. mo tanya donk?
    nabi adam berada di bumi karna apa sich?
    minta tolong penjelasan na

  5. Nabi Adam diciptakan u menjadi khalifah di bumi

  6. saya punya pertanyaan. untungnya tuhan menciptakan manusia apa? begitu ingin di pujakah tuhan? mengapa ia tidak kekal sendiri tanpa melakukan dan menciptakan apa2?

    kalau anda menjawab dalam hal duniawi, beribadah, terima kasih saya tidak mencari jawaban dari sisi keuntungan manusia

    • Berdasarkan pengetahuan yang telah saya dapatkan, Allah tidak diuntungkan dari menciptakan manusia.

      Jadi jalanlah hidup ini dengan Ikhlas dan jangan berprasangka kepada Allah.

    • ingat, Tuhan bukanlah personal. Dan apa yang anda dan saya pikirkan sebenarnya jauh dari ambang logika kerdil manusia. semisal, contoh manusia menginginkan suatu ciptaan dari kerja mereka sendiri. segala bahan baku jelas akan dibutuhkan dalam proses pembuatan. Namun Tuhan tidak, tanpa raw material, Dia ciptakan segala yang ada dalam ruang dan waktu. maaf, jika ilmu saya terlalu rendah.

    • Allah tidak gila ibadah manusia, karena tanpa manusia beribadah tak mengurangi ke agungan Allah SWT, Manusia di jadikan Khalifah di Muka bumi ini

  7. Terimakasih infonya

  8. wow …
    q bru ngerti apa tujuan manusia itu yg sbenar x……..

  9. ian berkata (“saya punya pertanyaan. untungnya tuhan menciptakan manusia apa? begitu ingin di pujakah tuhan? mengapa ia tidak kekal sendiri tanpa melakukan dan menciptakan apa2?”)

    Allah SWT tidak mengambil keuntungan sedikitpun dari ciptaan Nya,justru makhluq Nya lah yang mengambil keuntungan yang banyak dari Allah SWT. Semua ini diciptakan Allah SWT tidak ada lain untuk membahagiakan ummat manusia baik di dunia ini maupun hingga di akhirat nanti. Wallahu a’lam

  10. maaf bukankah manusia hidup untuk menyangi mengasihi sesama manusia tapi pd kenyataanya manusia saling berperang menindas membunuh dll yg tdk biadap lihat & nytakan sendiri bila ada seorang anak tidur d dpan ruko yg dsitu banyak nyamuk pakaian basah tdk memakai alas apa menurutmu tuhan itu adil

    • Ukuran keadilan bagi manusia beda keadilan Allah. Allah Maha Mengetahui apa yang kita ketahui

  11. Menurut saya untuk jawaban untuk apa manusia di cipta ?….adalah…
    ” KU JADI KAN MANUSIA DAN SE ISI ALAM INI HANYA SEMATA-MATA MENYATAKAN DIRI KU ADA ” ini kata ALLAH …..dan ini adalah bukti nyata…karena selama ini kita tahu allah ada tapi tidak berupa , tidak berasa,tidak bisa di lihat tp dia ada dan ini lah manusia di ciptakan…..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 78 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: