Oleh: bening1 | Mei 13, 2008

Sholat Sunnah Taubat

Pengertian:
Shalat yang dikerjakan oleh seseorang disebabkan menyesali perbuatan maksiat (dosa) dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi

Waktu mengerjakannya:
Kapan saja merasa berdosa,baik terhadap manusia terlebih terhadap Allah maka cepat-cepatlah bertaubat,jangan sampai terlambat mengerjakan sholat taubat.

Caranya:
sebagaimana mengerjakan sholat sunnah biasa,boleh 2/4 rakaat bedanya hanya pada lafash niatnya.

Niat:
Usholli Sunnatat taubati rokataini lillahi ta’ala.
Saya niat sholat sunnah taubat 2 rakaat karena Allah ta’ala.

sesudah sholat Taubat:
Sehabis sholat perbanyak membaca istighfar,mohon ampun kepada Alla,kembali pada jalan Allah,berdzikir,dan berjanji tidak akan mengulangi lagi dosa yang diperbuat.

Doa:
Saya Mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.Dzat yang tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Hidup lagi berdiri sendiri,saya bertaubat kepadaNya.Wahai Allah ampunilah segala dosaku yang telah lalu,yang akan datang,yang tersembunyi dan yang tampak,Engkau lebih mengetahui daripada aku. Engkaulah dzat Yang Maha Awal dan Maha Akhir,Tidak ada Tuhan kecuali Engkau ya Allah..sesungguhnya aku telah menganiaya diri sendiri dengan dosa yang banyak dan tidak ada yang sanggup mengampuni kecuali Engkau Ya Allah. Maka ampuni aku dan kasihi aku karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Kembali ke Halaman Depan

About these ads

Responses

  1. assalamualikum, saya bersyukur bisa dapat ilmu dari situs ini, bagus sekali keterangan yang telah diberikan tetapi ada satu masukan saya untuk rubrik yang selanjutnya dimohonkan sebisa mungkin do’a yang dutulis menggunakan bahasa ARAB, syukron katsiro

  2. saya mau tanya apa boleh sholat toubat tapi kita belum bisa menyesali segala perbuatan kita?dan bagaimana cara agar bisa segera menyesali dosa-dosa yang telah kita perbuat?
    dan gimana hukumnya kalo kita sudah sholat toubat tapi mengulangi kesalahan yang sama dan apa boleh melakukan sholat taubat lagi?

    saya harap bantuannya segera, terimakasih.

    Reply :
    Jk anda bertanya boleh ato tdk sholat taubat tp blum bs menyesali kesalahan kita,jwbnya ya blh saja…
    Namun..Inti taubat itu,”adanya kesadaran dr hati bahwa kita tidak mau mengulangi lg kesalahan yg telah kita lakukan” Nah kalo kita msh ingin terus melakukan kesalahan tsb, ya brarti belum bertaubat.
    Begitu khan logikanya?

    Kalau anda telah mengetahui ada kesalahan yg anda lakukan ttp blum bs meninggalkan seluruhnya,lbh banyaklah mendekatkan diri pada Allah.. krn pd dasarnya orang berani melakukan kemaksiatan/dosa adalah krn TIDAK MERASA diawasi oleh Allah. Cobalah menemukan lingkungan yg kondusif utk keimanan kita,spt ikut pengajian,mulai banyak membaca buku agama, sering bertukar pendapat dg org2 yg sholeh,sedikit demi sedikit memperbaiki kesalahan, perbanyak mengingat Allah dlm keseharian (entah di jalan/sambil bekerja anda bs berdzikir),maka insyaAllah proses taubat tanpa disadari akan berjalan.Rasa penyesalan itu akan timbul makin hari makin kuat,dg begitu berikutnya anda bs bertaubat secara lisan & hati di dpn Allah (sholat taubat),benar2 meninggalkan kesalahan tsb,dan menggantinya dg kebaikan yg lebih banyak..

    Ketika anda membaca Al-Fatihah,anda memohon ditunjuki jalan yg lurus..
    Nah anda sudah bisa melihat jalan yg lurus tinggal tekat utk menempuhnya..
    Mintalah pd Allah agar memudahkan jalan taubat anda,krn hanya Dia yg kuasa memberikan hidayah..

    Selamat berjuang sahabat…

    • trims mass/mbak
      info.nya sangat berguna buat hidup saya
      semoga di curahkan rahmat dan hidayah_Nya
      aamiin

  3. Ya.. Allah.. Ya Rahman… Ya Rahim…
    Ya Ghofur … Ampunilah saudaraku yang memiliki Blog ini. Dia Berda’wah untuk agama-Mu. Berikanlah balasan yang setimpal atas apa yang telah ia upayakan. Jadikanlah keturunannya menjadi keturunan yang sholeh dan sholeha, jadikanlah keluarganya menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah..
    Berikan kemulyaan Dunia dan Akhirat, Berkahilah hidupnya Karuniakanlah Rizki yang halal dan thoyib masukanlah ia ke dalam golongan orang-orang yang Engkau Cintai… Washalallahu’ala sayidina Muhammadin nabiyil ummiyi wa’ala alihi washahbihi wasalam.
    Saudaraku, sebelumnya saya minta ma’af. Saya mau tanya :
    Bagaimana dan apa bacaan sholat taubat pada saat rukuk, sujud dan i’tidal? Apakah sama dengan shalat sunnah lainnya?
    Teruslah berjuang demi keselamatan bangsa dan umat ini..
    Terima kasih.

    Reply:
    Syukron khatsiro.. atas doanya hanya Allah yg mampu membalas segala kebaikan anda.
    Sholat sunnah taubat sama dg sholat sunnah lainnya,hanya beda pada niatnya. Dan Rasul SAW menganjurkan banyak membaca istighfar sesudahnya dan diiringi dg pengakuan kesalahan kita di hadapan Allah SWT.

  4. Bismillahirrahmanirrohim
    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Maaf saya mau curhat bolehkan, Dulu saya sangat rajin untuk beribadah entah kenapa saat saya sudah banyak kerjaan saya selalu disuguhi kesempatan2 untuk berbuat maksiat, maaf saya pernah melakukan hub. di luar nikah, namun setelah itu saya berusaha bertaubat hampir setahun kemudian tepatnya sesudah bln ramadan saya melakukannya lagi kemudian saya merasa sangat berdosa, kemana2 selalu dihantui rasa bersalah kepada Alloh, SWT, dan saat ini saya selalu berusaha bertaubat dan bertaubat menjahui dari segala laranganya tapi begitu berat untuk melalui itu ! mungkin pak ustad atau siapa pun mau membantu saya, apakah orang yang sudah bertaubat kemudian dia melakukan dosa itu lagi kemudian bertaubat lagi apakah masih diterima taubatnya oleh Alloh SWT.
    terimakasih banyak sebelumnya .

    Wassalam Wr.wb.

    To: Sdr Ang..

    Waalaikumsalam wr wb
    Saudaraku,itulah kebesaran Allah,sebesar apa dosa manusia,Allah selalu membuka pintu ampunanNya,asalkan kita bertaubat sungguh2 (nashuha). Yang terjadi biarlah berlalu,mulai skrg perbanyak istighfar,tinggalkan kesalahan & ganti dg melakukan byk kebaikan.

    Satu lg memohonlah pdNya agar dimudahkan jalan taubat anda.Bisa tinggalkan lingkungan yg tdk kondusif utk keimanan anda khan? berpindah mencari lingkungan yg lbh baik & berkumpul dg org2 yg sholeh.

    Wass.wr.wb

    • Asslm,wr,wb Saya pernah mengalami spt yg mas Aang rasakan, tapi saya tersadarkan setelah lihat sinetron Islam KTP, disitu Ustadz Hariri mengatakan sesuai Hadist bahwa ” Barang siapa masih belum meninggalkan Maksiat dan belum bertaubat maka setiap shalatnya manjadi Murka ALLAH, Summa audzubillah Mindzaliq. Sejak itu saya berusaha kuat menghindari perbuatan Maksiat itu dari pada shalat saya bukan melunturkan dosa2 saya malah menjadi Murka ALLAH. Apalagi Nikmat Dunia itu kan Bak setetes air yg Jatuh dari ujung Jari yg dicelupkan ke Laut, sedangkan Nikmat Akhirat itu Bak Air laut yg tertinggal di Samudra Luas itu. Apakah kita akan mengabaikan Nikmat yg Maha Besar itu dinamding hanya membela Nikmat yg setetes itu, Semoga bermanfaat amien YRA

  5. @aang
    ujian dari Allah tidak selalu datang dengan kemiskinan dan kemelaratan, Allah juga menguji imannya seseorang dengan kekayaan, jabatan, pangkat. ujian itu untuk mencoba apakah dengan kelebihan yang diberikan itu kita masih menjaga iman, masih istikomah, masih ingat pada allah azza wajalla.. justru seseorang yg diuji dengan kelebihan ini yang biasanya sulit untuk ingat kepada sang pencipta…dan bahkan kadang merasa sombong, aku kan kaya karena kerja keras saya, pangkat ini kan aku yang beli, jabatan ini buah dari kerja saya selama 50 tahun. sebenarnya tanpa campur tangan allah semua itu mustahil bisa terjadi. jika kita ingat allah tentunya kita tidak akan berbuat maksiat, bila kita dekat dengan allah. kita pasti akan selalu dilindungi. bila kita selalu bersama allah pasti hati kita akan tentram. jauh dari maksiat dan maksiut.

  6. menikah karena hamil dulu menurut khi tidak perlu nikah ulang tapi saya masih ragu dan melaksanakan sholat taubat tapi karena wajib melaksanakan kewajiban sebagai istri saya masih dihantui rasa dosa besar apa yang sebaiknya saya lakukan.

    Reply to u
    Allah Maha Pengampun,sekalipun dosa manusia setinggi gunung,ketika manusia tsb mau taubat nashuha..
    Allah bukakan pintu ampunan.
    Ada bbrp pendapat,ada ulama yg mengatakan jk hamilnya krg dr 3bln kmdn menikah dg laki2 yg menghamilinya,itu dianggap nikahnya sdh sah.Kecuali jk menikah dg org lain yg bukan bapak dr anak yg dikandungnya,mk wanitanya hrs menikah ulang stlh anaknya lahir.Ada pula yg berkeyakinan hrs menikah lg..
    Smua ada landasannya tdk perlu dipertentangkan,ketika anda yakin sesuatu jalani saja.

  7. ass wr wb

    saya ingin bertanya dan ingin sekali di bantu dengan nasihat2 dr ustd atau dari siapapun. kenapa saat kita ingin bertaubat ataupun ingn kembali ke jalan allah selalu saja berat rintangan dan godaannya, apakah ada nasihat2 ataupun amalan2 yang bisa membuat hati kita tenang dan slalu berada di jalan allh. trma kasih. ass wr wb

    Reply to Jie
    Waalaikumsalam.wr.wb
    Cobalah berkumpul dg org2 yg sholeh,byk sholat taubat,sholat tahajud,sebisa mgkn & sebanyak mgkn berdzikir,baik lisan maupun dlm hati.
    Selamat berjihad melawan sifat buruk diri sendiri..
    wass.wr.wb

  8. Alhamdulillah..terima kasih ya ALLAH dzat yang mempunyai segala-galanya..yang telah menuntun saya menuju web ini.

  9. asskum!!
    ust, ak pernah denger kalo setelah sholat taubat,apabila berbuat dosa yang sama dosanya berlipat menjadi duakalinya. sampai sekarang ak dan bulikku meyakininya. ak udah kembali ke jalan 4JJl dengan sebenar2nya dengan sholat taubat. ak sholat taubat baru 2 kali. karena saking takutnya dosa yang diperbuat sampai 2 kalinya.truz menurutust gimana?>apakah betul bahw pa bila berbuat dasa lagi shg dosa menjadi 4kalinya!!!

  10. klo bisa balas di e-mailku
    coz ak kadang lupa alamatnya!! keyh?

  11. Assalamualaikum Wr Wb, ustadz saya ingin bertanya,sebenarnya hampir sama dengan kasus diatas, saya pernah zina, kemudian tobat dan melakukan lagi dan tobat lagi. InsyaAllah semoga samapai sekarang masih tobat, tapi godaanya besar sekali. Yang ingin saya tanyakan, kita hidup di indonesia tidak ada hukuman cambuk, kemudian bagaimana hukuman buat saya? Atau saya harus pergi ke Aceh? Atau Arab Saudi? Karena sepengetahuan saya Zina tidak bisa dihapus dosanya tanpa dicambuk dulu. Mohon balasannya Ustadz….

  12. assalamu’alaikum Wr Wb,Ustadz saya hanya ingin curhat,dulu waktu saya masih duduk dibangku sekolah,saya sangat rajin mengikuti pengajian2 harokah dimasjid saya,entah kenapa semenjak saya sudah bekerja dan jauh dari orang tua.Saya mulai mengenal yang namanya hubungan bebas,berzina dengan lawan jenis sudah pernah saya lakukan,bermaksiat dan lain-lain.Padahal saya juga rajin sholat lima waktu,zikir,zakat,sholat jamaah di masjid.Kadang hati ini bergejolak,saya seperti menipu orang Allah SWT dan orang lain dengan ibadah yang saya lakukan padahal di balik itu saya masih serimg berbuat maksiat.saya bingung dan bimbang ustadz,harus gimana lagi untuk mengakhiri maksiat saya….saya hanya ingin kembali seperti wakyu dulu ustadz….

    Reply to Ahmad :
    Jawabannya: Migrasi Komunitas.. Berkumpullah dg orang sholeh..
    krn Nabi SAW bersabda agama seseorang itu ada pada agama temannya.

  13. walah sejak kapan niat sholat dilafadskan???
    hadist palsunya aja tidak ada???
    bukankah itu bid’ah, biad.ah itu neraka tempatnya,
    siapa yg mau ngelawan ucapan Nabi Muhammad SAW ?????

    Reply to Mentoz

    Ketika kita awal belajar sholat,kalo kita membaca buku tuntunan sholat,anda melihat bukan? niat setiap sholat ditulis dg tujuan untuk mengajarkan bahwa masing2 sholat niatnya berbeda.. untuk memudahkan seseorang tahu & faham.Disinipun sy tulis niat sholat tahajud spy org mengerti. Setelah itu pengamalannya… NIATnya ya hanya dibaca dalam hati. Dimana-mana yg namanya niat ya hanya di dalam hati,kalau sudah dilakukan itu namanya perbuatan.

    Sebaiknya hati2 mengucapkan bidah.. hanya Allah yg Maha Tahu, kesempurnaan ibadah seseorang. Terkadang kita menuduh seseorang bid’ah,bisa jadi amal ibadah org tsb jauh lebih baik dr kita.

    • Mohon dipahami saudaraku… Bid’ah ada yang dholalah dan Bid’ah Hasanah… kalo smua bid’ah dianggap dholalah/ haram berarti anta pake hp juga haram karena Rasul dulu gak pake HP..

  14. Assalamu Alaikum Wr. Wb
    Sy mau minta saran neh… ju2r udah brp kali sy melakukan hbungan seks dgn pcar sy trus qt memutuskan utk nikah siri tnp spengetahuan org tua qt, tp qt sudh berusaha mencari orng yg mau nikahkan qt, tp qt tk dpt satupn…kmi smakin kalut…qt trus mlakukan hbngan seks…qt semakin tersesat dlm hbungan yg kotor…apa qt msih bs bertaubat??? trus apa qt hrus dlempar batu atopun di asingkan k luar kota untk bs menghapus dosa qt??? kami mohon petunjuknya…wassalam

    • saya juga melakukan hal yang sama seperti diatas? Yg saya tykan adakah jalan keluar bgi kami yg diposisi berniat melakukan nikah siri tetapi sulit melaksanakannya? Dan apakah sholat taubat saya masih bsa diterima jika saya juga telah menyakiti hati ibu saya.?

  15. Assalamu’alaikum.Wr.Wb
    Ustd q mau nanya klo orang yang telah bertaubat tapi mengulangi perbuatannya itu masih bisa diampuni sama ALLAH kan??tapi didalam surat al-baqarah kok disebut kayak gini ya??mohon pencerahannya……sukron…..
    “Barangsiapa yang mendapat peringatan dari Tuhannya,dan dia menghentikan perbuatan buruknya,maka yang lalu biarlah berlalu,dan urusannya menjadi urusan Allah.Tapi barangsiapa yang kembali melakukan perbuatan buruknya,maka mereka itulah penghuni neraka,kekal di dalamnya.” (Al-Baqarah 275)

  16. assalamua’alaikum wr.wb
    Pak Ustad..saya mau tanya..bagaimana cara kita untuk meningkatkan kwalitas Iman kita..?
    terima kasih

    Waalaikumsalam.wr.wb
    1.banyak membaca,memahami skaligus mengamalkan Al-Quran
    2.mencari lingkungan yg kondusif utk keimanan kita
    3.berkumpul dg org2 yg sholeh
    4.membersihkan hati dg byk dzikrullah..spy Nama Allah senantiasa di hati. Krn jk namaNya sdh lekat di hati,insyaAllah diri terjaga dr kemudharatan.

  17. Assallamualaikum wr.wb.
    ustad/jah.
    sy masih skolh pa,
    sya sllu merasa dosa sy bgtu bnyk,bkn dngn Yang Maha Agung,tp dngn ke 2orng tua. sya sllu membngkang dngn’a,tp sy sngt menyesal jk sya tlh menatap matany ketika dia tertidur.trkdang air mata ini mengalir tiada henti jk tringat pa yg tlh sy lakukan dngn MEREKA.
    Trkadang jk ibuku emosi kt2 ‘DURHAKA’ Keluar dr mulutny..
    apakah Allah msh mau memaafkan dosa anak yg durhaka sprti sya??
    sya m0hon kalian bs bntu sy. tolong bls y ke email sya.
    trima kasih bnyak.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    • waalaikumsalam,wr,wb
      Iyonk,
      Allah selalu membuka pintu ampunan untuk orang2 yg mau bertaubat dan menyesali perbuatan dosanya.
      Orang tua adalah salah satu pintu jannah (surga) yg paling tengah bagi kehidupan di yaumil akhir kelak.
      Mulailah dg sholat sunnah taubat 2rakaat,mohon maaf kepada kedua orang tua, berbaktilah selagi mereka masih ada..
      Karena ridho orang tua adalah ridho Allah,sementara marahnya orang tua adalah murka Allah juga,selagi kedua orang tua kita memerintahkan kebaikan.

      Percayalah anak yg senantiasa taat pd Allah serta kedua orang tuanya,insyaAllah kehidupan ke depannya akan baik,mudah dan yg terpenting mendapat berkah dr Allah.
      Sementara anak yg sering membangkang bahkan melawan kedua orang tuanya (selagi orang tuanya di jalan Allah) hidup si anak akan susah,rezeki tidak lancar, mencari pekerjaan susah, dan byk lg permasalahan.

  18. Assalamualaikum ustad
    saya wanita karier, 31 thn, 2 anak, 3 thn terakhir ini saya banyak sekali mengalami cobaan hidup yang sangat berat, mulai dari suami sy di PHK, sy jd korban gempa bumi 27 mei 2006 di Bantul, lalu tahun 2007 saya sakit dan harus operasi, saya ada maslh dgn bos dan sy dimutasi didaerah terpencil, dikntor yg baru sy ad mslh lg dgn tman kntor, sy terlibat skandal dgn atasan saya, hal itu membuat sy merasa terbelenggu, tidak bisa berbuat apa-apa meskipun sy tau yg saya lakukan itu zina.
    Atas masukan beberapa teman, akhirnya saya nekat mengakhiri skandal itu meski resikonya dia harus dimutasi. Diapun mengutuki saya dengan doa2 jelek dan sumpah serapah. Sy cerita semua sama suami sy, sy minta maaf sm dia, dan sy janji utk tdk mengulangi perbuatan sy itu, diapun menerima sy, dan memaafkan sy, dia juga menyarankan sy utk sholat taubat. sy skrg sdang dlm masa pertaubatan. Adakah amalan2 yg bisa sy amalkan agar hidup sy tidak diberi cobaan yg begitu berat dan bertubi2, karena skrg kami hidup miskin, serba kekurangan, jauh dari kondisi “berada”. Kami bertekad memulai hidup kami yg baru dengan apa yang kami miliki. Kamipun sedang memulai belajar lagi untuk membangun cinta diantara kami. Terima kasih ustad. Wassalamualaikum wr wb

    • terima kasih untuk curhatnya jeng unik, kami juga turut prihatin atas musibah, cobaan dan godaan yang bertubi tubi. intinya masalah kan udah lewat, trus gimana sekarang kita mengatasinya, jangan lihat lihat kebelakang lagi, maju trus untuk melanjutkan hidup bersama keluarga, bersama anak anak kita. bila anda sudah menjalankan urusan pertaubatan, sholat sunnah taubah dan menyesali serta bertaubat untuk tidak melakukannya lagi, urusan pertaubatan udah selesai, tetapi ingat, dosanya tidak akan terhapuskan, jadi terus memohonkan ampun kepada allah swt. ingat, allah akan terus menguji umatnya sampai nafas terakhir untuk meningkatkan keimanan kita.
      hidup ini gak ada yang instan, semua berawal dari nol. teruslah berdoa dan keluarlah untuk bekerja atau berusaha. jangan berdiam diri, kaya miskin itu relatif… kebahagian tidak selalu diukur dengan uang atau harta. kami juga juga pernah memulai hidup dari nol, mulai dari gaji 400rb trus 700 rb, menghidupi 2 orang anak, tidak mampu untuk membeli susu, semua itu sudah kehendak tuhan. jangan lupa untuk bersedekah semampunya, seberapa pun yang kita mampu. semua insya allah ada manfaatnya dan bisa diambil hikmahnya.

      • saya mau nanya sedekah yang paling baik itu berupa apa
        maksih

  19. assalammualaikum ww
    saya risman dari tanjungpinang kepulauan riau
    trimakasih sebelummya atas artikelnya
    saya terinspirasi untuk memuatnya sebagai artikel kerja di majalah mingguan saya.tapi saya masih butuh satu artikel lagi mengenai kaum duafa/orang miskin .
    trimakasih, semoga Allah dan Rasullah memberikan kemulai dan mengangkat derajat bagi kita yang memuliakan dan mencintai anak yatim

  20. Assalamualaikum,

    Saya mau bertanya, apakah sholat Taubat boleh dilakukan tiap hari (malam hari)?
    Karena saya pernah disarankan oleh ustadz saya bahwasannya sebelum datang bulan (haid) sangat bagus bagi kita melakukan terus Sholat Sunnah Taubat sampai tiba datang masa haid. Tapi saya jadi agak ragu ketika pacar saya bilang bahwasannya melakukan sholat taubat tidak boleh tiap kali karena itu Bit’ah. Mohon Sarannya.

  21. sangat bermanfaat…

  22. allah akbar….

  23. trm kasih sudah membagi ilmunya.smg allah swt memberikan balasan dan mengabulkan apa yang di harapkan.

  24. Assalamualaikum….
    Pak, sy telah melakukan kesalahan yg menurut sy sngt tdk baik. Sy telah melukai hti ayahku….krn sy tdk menuruti nasehatnya…..sy benar-benar sangat menyesal…..sy sdh minta maaf pd ayah sy…ayah sy sdh memaafkannya, tp hti ini benar2 sngt mengganjal, tdk karuan, dihantui merasa bersalah trs….apa yg hrs sy lakukan…? apakah Sholat taubat dilakukan pd mlm hr…?

  25. alhamdulillah sy bener2 terbantu dng adany situs ne…moga dpt bermanfaat bg qt smua.amin

  26. assalamuallaikum wr.wb

    subhanallah..ckup byak pelajaran yang ada di blog ini..
    adk mw nny sm pak ustadz..
    tri pgen solat tobat..tp bgusny solat tsb dilakukan sblum solat tahajud atw stelah solat tahajud?

  27. Assalamualaikum Wr. Wb

    saya langsung to the point aja ya Pak Utstadz,

    Pak Udstadz tinggal dmn? suka ke sholat dimasjid mana? jalan apa?

    soalnya saya mau curhat sm bapak soal masalah saya.
    Sebelumnya saya sering curhat sama Allah SWT.
    skrg saya bener2 lg butuh saran dan tempat curhat.

    apabila Bapak mengizinkan untuk menolong saya, saya sangat berterimakasih.

    Assalamualaikum Wr. Wb

  28. Ass, makasih banyak atas masukan2 disitus ustadz ini,sungguh sangat memberi motivasi & smangat bg sy dlm menjalani hidup ini. Sy seorng istri, sebutlah istri durhaka,sy tlh dzolim kpd suami dg memukul bahkan prnh melemparix dg barang & uang. Hingga saat ini suamiku msh blm memaafkan sy bhkan ingin menceraikan sy. Sy sangat menyesali perbuatan sy & ingin memperbaiki smuanya,mungkinkah dg sholat taubat, Allah & suami sy bs memaafkan sy? Apakah suami sy bs kmbl mencintai sy? Mohon petunjukx,balas di email sy.

  29. Apa doax bila qta ingin agar org bisa memaafkan dan bs melupakan kesalahan qt sehingga dpt menerima qt lg apa adax? Sungguh sy sgt ingin hub dg suami kembali harmonis.

  30. apakah tobat kita diterima ALLAH… saat kita melaksanakan tobat…setelah berzinah.. dan tidak mengulanginya lagi,, di Al Qur’an hukuman bagi orang yang berzina di dera… kalo tidak maka ALLAH akan membalasnya kelak di akherat… bagaimana kalo kita sdh tobat dengan hukuman tersebut… terima kasih atas jawaban nya

  31. Assalam Warahmatullah
    puji syukur kehadirat allah subhanallah wataalla, dan insya allah apa yang datang merupakan kebaikan dari allah swt, dan mendapatkan hidayah serta ampunan dari sang Pencipta,,,

  32. apakah ini bisa menghilang kan dosa kita..
    sedangkan saya dosa sudah terlalu bnyak.

    • insya allah dosa itu tidak bisa hilang dari tubuh kita, kita hanya bisa mengimbangi dengan menambah amal kebaikan kita. supaya diakhir jaman amal kebaikan kita lebih banyak dari pada amal buruk kita. dosa dosa kita telah dicatat oleh malaikat atid dan roqib dan tidak bisa dihapus atau di-delete/undo.
      dengan melaksanakan sholat sunnah taubat, kita benar benar bertobat dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi, bukan kapok cabe ( udah tau pedas masih dimakan juga) dan dengan begitu kita bisa lebih dekat dengan allah, lebih banyak ibadah kita, dan bisa melupakan masalah masalah yang lalu untuk menyongsong kehidupan didepan yang lebih baik.

  33. lebih baik ada tulisan arab nya .. jadi kita tahu cara bacanya .. misalkan “rakaat” kita baca “raka at” .. supaya tidak ada salah baca .. maaf saya awam tentang bahasa arab .. takutnya saya salah baca .. terima kasih ..

  34. Assalam.. maaf.. aq Nia pengen nanya, apa allah masih bisa menerima tobat dan ampunan kita kalo br skrg aq merasakan terbentur sehingga mrasa kesakitan.. apakah yg kulakukan sebelumnya baik dosa besar amupun dosa kecil, baik yg tersembunyi maupun yg tertutup msh d ampuni oleh_Nya.. apakh d bulan yg penuh ampunan dan kesucian ini, allah akan mnerima smua Tobat dan ibadahku semua… makasih sebelumnya.. wassalam..

  35. asalamualaikm pak ustadz,,,saya pengen tanya neh,,saya pengen sekali bertaubat,,,,tapi ga tau kenapa susah sekali untuk bertaubat,,,,,dan godaan pun makin parah,,,,saya sempat bertaubat akan tetapi saya masih mengulanginya lagi,,susah sekali diri ini untuk benar2 bertaubat,,,,mohon solusinya,,wasalamualaikm…

  36. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Saya ingin bertanya bagaiman apabila saya ingin sholat taubat atas perbuatan saya yg byk dosa dan mungkin saya telah melakukan perbuatan riba (menggunakan kartu kredit, asuransi), saya sadar atas dosa2 saya tersebut, saya mencoba untuk melakukan taubat kepada Allah SWT, tapi untuk tdk menggunakan kartukredit, asuransi saya membutuhkan waktu karena saya tidak bisa menutup kartu itu skrg juga krn masih adanya tagihan, apa dgn begitu taubat saya percuma krn saya belum bisa melepaskan diri dari riba tsb smp saat ini? saya mohon bantuannya, krn masalah tsb terus membayangi hidup saya

    • @ esrhanahaikal : khusus untuk kartu kredit saya rasa kita bisa mensiasatinya….
      pertama gunakan fasilitas KK hanya untuk transaksi zero persen. cicilan tanpa bunga… jadi kita tidak berhubungan dengan riba, karena harga telah diupgrade oleh toko
      kedua bayarlah tagihan sebelum jatuh tempo, dengan ini maka kita tidak dikenakan bunga sepersenpun…..biasanya setelah belanja dan muncul billing tagihan masih ada tempo 15 hr sebelum jatuh tempo, dalam masa itulah kita membayar transaksi yang kita gunakan, karena setelah melewati batas itu akan dikenakan denda dan bunga….. jika kita menggunakan fasilitas pinjaman dengan baik dan benar insya allah kita akan terbebas dari riba…
      asuransi adalah jaminan, misal asuransi jiwa, jangan memilih asuransi jiwa plus investasi atau tabungan karena ada perhitungan bunga berbunga atau riba, biasanya pembayaran untuk 5 – 10 thn. setelah itu kita tidak membayar dan manfaat tetap berjalan sampai 20 th kedepan dan biaya asuransi diambil dari bunga yang berjalan. jika kita mau kita bisa memilih mengikuti asuransi yg dibayarkan selamanya, misal setiap tahun kita membayar sejumlah nominal, terus setiap tahun sampai kita berhenti kontrak. seperti hidup di jakarta, biaya mati tidak murah, pilih kapling pemakaman bayar, ada biaya bulanan, ada biaya tahunan, ada selamatan, peringatan tahunan dll. jika tidak dari asuransi spt itu, siapa yang akan merawat pemakaman kita? siapa yang kirim doa untuk kita nanti…..

  37. Asslm..wr.wb
    Dahulu waktu kuliah saya rajin sholat 5 wktu,bahkan tahajud & duha pun sering saya jalankan.setelah 7th berlalu jarang sekali sholat,dgn alasan tersita wktu kerja,pdhal sya sdh nikah & pnya anak laki2.kadang malu sama mrka bdua.sering keinginan untk sholat timbul tp hanya bertahan 3hari saja.mohon bantuanya “terapi” taubat yg bisa saya lakukan..terima kasih sebelumnya

    Wasslm.wr.wb

  38. assalamuallaikum wr.wb

    subhanallah..ckup byak pelajaran yang ada di blog ini..
    saya mau tanya sm pak ustadz..
    saya sudah melakukan dosa yang
    1. saya sudah melakukan hub diluar nikah
    2. saya sudah menabrak penyebrang jalan dengan motor ketika itu saya panik dan melarikan diri karna masalah ekonomi saya ingin bertanggung jawab tetapi saya bingung, apa yang harus saya lakukan sekarang dan saya merasa sangat berdosa sekali. saya mohon bantuannya, krn masalah tsb terus membayangi hidup saya

  39. tolong tunjukkan bagaimana agar kita merasa menyesal dan timbul keinginan ber taubay yang sungguh -sungguh dan takut untuk mengulangi kesalahan dan dosa -dosa karna kurangnya iman dan kebodohanku yang menjadikan aku sering kali tergoda oleh hawanapsuku yang erap kali menjerumuskan aku kadang aku sadaryang telah aku lakukan itu ber tentangan baik dri segi hukum maupun agama tapi aku tak sanggup melawan napsu ku

    • mulailah memperbaiki dari hati kita, lakukan ibadah ibadah wajib dan sunnah secara total, bangun diwaktu malam adalah cara yang paling pas untuk mendekatkan diri kpd sang illahi, allah swt. syetan begitu dekan dengan kita, sedikit kita melirik ke maksiat, maka kita akan dengan mudah terpeleset

  40. ass.wr.wb
    saya ingin sekali melalukan sholat taubat, hidup saya bergelimangan dosa,2th saya hidup serumah dengan pasangan sblm menikah, kemudian saya menikah dengan org yg berbeda keyakinan selama 7th,sampai2 saya melawan orang tua karena masalah ini, kemudian saya bercerai.lalu saya berhubungan dengan suami orang dan melakukan hub suami istri selama hampir 2th.pd ramadhan 2010 kemarin akhirnya saya sadar dan memutuskan hubungan dengan suami org trsbt. saya ingin bertaubat dah menjalani hidup dengan lbh baik,hampir separuh hidup saya,saya jalani dengan penuh dosa.sudah 1 bulan ini say memutus kan memakai jilbab,lillahi ta’ala…saya ingin lebih mendekatkan diri pada Nya,dan alhamdulillah sekarang saya merasa hidup saya lebih tenang,tapi saya belum melaksanakan shokat taubat, karena saya belum tau cara dan syarat nya,karena itu saya sangat berterima kasih karena blog ini sangat membantu,semoga Allah SWT mau menerima taubat saya…Amin
    wasalam…

  41. ass.wr.wb
    Ust. Sy adalah seorang istri yg jauh dr suami,suami sy plg tiap minggu.1thn yg lalu sy khilaf n berhun.dgn seorang lk2 beristri dan melakukan perzinahan..sy bnr2 menyesal n slalu dhantui rs bersalah pd keluargan,sy jg tdk mgkn crt kpd suami sy krn taruhannya adalh keutuhan keluarga..apa yg hrs sy lakukan ust?mhn bantuannya krn sy bnr2 tkt pada siksa Allah swt

  42. ass.wr.wb.
    ust.sy banyak dosa kepada kedua orangtua sy, sy sering membentak bentak ayah sy, sy slalu khilaf ust, apakah sy harus shalat taubat, atau sekedar meminta maaf kepada ayah sy, sy sungguh menyesali prbuatan ku, sy stres melihat prbuatan ibu sy yg slalu membodohi ayah, akhirx sy slalu komplain dgn ibu, apakah sy jg brdosa kpd ibu, ibu sy selingkuh dgn laki2 lain, skr kembali dgn alasan menyesali prbuatanx, tetapi sikap dan tingkah lakux masih blm brubah seperti cara dia brpakaian, dan brdandan, padahal dia sdh brcucu, apaka yg harus sy lakukan ust, terima kasih sebelumx.

  43. ass,,ustad/ustadjah sblumnya trimakasih atas perhatiannya,,aku sedang bingung,antara pilih suami atau ibu,,aku gak mau menyakiti hati keduanya,apalagi ayahku sudah meninggal jdi aku hanya punya ibu aza,,aku udah berusaha mendamaikn tp suamiku dan ibuku sama2 gak mau mengalah,suamiku kalo marah suka tempramental,tp terkadang terlihat penyayang,aku bingung,mohon solusi,wasslmua’alaikum

  44. assalamu’alaikum…

    Alhamdulillah yaa Allah….
    Aku mndapatkan ilmu baru lg dari situs ini…..
    Yuk, marii kita bertaubat.. Agar kita bisa mrasakan nikmat dan indahnya bertaubat kpd Allah.SWT….amiiendt,,

  45. apkah taubat seorang penzina dapat diampuni walaupun tidak ada hukuman razam????

    • hukuman rajam adalah hukum islam di dunia, hukum untuk membersihkan dosa kita dimata dunia, tidak dimata allah. walau diganti dengan hukuman lainnya itu hanya untuk membebaskan kita dari cibiran orang sekitar. tidak akan mengurangi timbangan amal buruk kita di akhirat.

  46. ass…saya sering berzinahh,,tp saya ingin bertaubat,,,setiap ingin bertaubat,,saya malah berzinah lagi,,saya bingung knpa saya bisa begitu,,seperti nya nafsu saya sudah diluar batas,saya rajin sholat tp rajin berzinah,,setiap membayangkan saya berbuat dosa ,saya selalu menangis,,,mhon solusi masalah saya,,,,trimsss wassalam

  47. Apakah masih ada pintu taubat untuk saya ?
    saya melakukan hal yang di benci oleh Allah …
    saya berjinah diluar nikah ?

  48. Ass Aulla Gunawan saya coba mencari jalan keluarnya,
    Begini kalau ayah kamu sudah meninggal, kalau anda mencari salah satu pilihan diantara suami dan ibu kamu, dosa besar anda ( wallahhualam), dua -duanya hajib kamu pilih dan miliki, dan itu wajib hukumnya, lihat persoalan nya, posisi anda sekarang ada ditengah, coba bicara dua arah dengan tidak menjust diantara keduanya.

    Posisi anda sekarang mau tidak mau seolah – olah dipihak yang netral, anda dan suami anda berbicara seolah-olah sebagai teman dekat dengan tidak membawa emosi, pisahkan hubungan anda terlebih dahulu sebagai suami – istri, begitu juga antara anda dengan orang tua anda.

    Pendekatan dengan pikiran yang sehat jgn dengan membawa emosi,
    anda sarankan intropeksi diri, bertanyalah dengan diri sendiri dan coba sarankan, renungkan rasa ego itu jika perlu perenungan itu dibawa pada saat bertakbir pada saat wajib maupun sunnah, apabila yang diatas memberikan nikmat intropeksi diri pasti dua-duanya baik ibu dan suami anda akan menyadari dan menyesali bahwa tali siraturahim adalah kunci kesuksesan dalam beribadah, pasti rasa cinta anda dengan suami dan ibu semakin bertamdah begitu juga keduanya, mudah-mudahan ini bagian jalan keluarnya, saya doakan anda, ibu dan suami anda dijadikan orang yang akan bertambah keimannya, salam untuk keluarga

    Wass
    Syech jagad

  49. Assalamu’alaikum warohmatullöhi wabarokätuh,,
    Apakah boleh saya membenci seseorang dan memperlihatkan kbencian saya padanya, dikarenakan orang itu tidak pernah mau beribadah kepada Alloh?? Meskipun seringkali saya memberi nasihat padanya,
    Wassalam,,

  50. adakah doa dalam bahasa arb yang wajib dibaca ketika mengerjakan shalat taubat?

  51. Assalamulaikum warohma mo nanya ada gak surah kusus yg dibaca dalam sholat taubat

  52. Asalamualaikum.. Kt manusia yg dberi akal & nafsu, apabli akal kt bs mengalahkn nafsu maka slmtlah kt, tp apabila kt dikendalikan oleh nafsu maka celakalah kt. . .ya allah ampunilah kt umat muhammad s.a.w. .amin ya robb

  53. assalammualaikum, dulu saya terkadang jika ingin mendapatkan sesuatu mengucapkan nazar tapi saking banyaknya nazar saya melupakan apa yang menjadi nazar saya. Pertanyaan saya : apakah dosa dan nazar saya bisa diampuni oleh allah swt ? mengingat banyaknya nazar yang mungkin saya lupakan.
    Terima kasih, mohon pencerahannya

  54. penjelasan materina terlalu cetek

  55. assalamu’alaikum
    saya mau tanya kalau seandainya saya benar2 mau taubat tapi saya punya calon suami yg insyaALLAH 1tahun lagi akan halal.
    tapi saya dan dia masi berhubungan masi sering jalan berdua,tapi alhamdullillah saya masih bisa membatasi agar kami tdk jatuh ke lubang maksiat.kalau yang begitu gimana??apakah taubat saya sama saja bohong,atau mungkin taubat saya tdk ada artinya sama sekali.mohon di bantu jawabannya.
    syukron

  56. Assalamualaikum pak
    Saya seorang ibu, melahirkan 30 april 2011 setelah pernikahan 2 thn 4 bln…alhamdulillah saya menerima anugerah terbesar dari Allah…tp kemudian 18 mei 2011 anak saya kembali kepada Allah lagi sang Pemilik, di saat itu saya dan suamisangat sedih sekali seakan seperti mimpi…di bulan agustus saya kembali hamil…alhamdulillah saya dan keluarga senang dengan titipan Allah kembali…ternyata 22 oktober saya keguguran…ni la yang saya alami…gmn perasaan saya mungkin ustad ngerti…klu saya pikir2 bisa stres saya…tpi saya sadar klu hidup saya harus trus belanjut, kadang ada perasaan bersalah apa anak saya pergi karena kelalaian saya, tapi apa ya???
    yang ingin saya tanyakan :
    1. bagaimana menurut pak ustad dgn apa yang saya alami?
    2. apakah anak 1 saya pertumbuhan nya juga serperti di dunia ini?
    3. apakah janin yang gugur itu juga termasuk mangalami pertumbuhan di alam nya?

    Terima Kasih

  57. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dahulu saya dibimbing oleh seorang habaib guru saya untuk sholat taubat, dan sekarang saya gantian membimbing orang2 yg datang kepada saya dan Subhanalloh….setelah selesai sholat taubat dan berdoa,” cahaya wajah” mereka langsung beda, menjadi lebih teraaang. (gak perlu lagi bedah aura yg pake biaya hehehe). Ternyata dg sholat taubat dan banyak istighfar ada kekuatan/energi Ilahiah yg luar biasa, bahkan terkadang jin yg mengganggu langsung kabuuur. hiiii…
    Saya mohon maaf tiada niatan apapun selain hanya berbagi sedikit pengalaman dirumah yg membuat haru dan menangis ketika melihat hamba2 Alloh bersujud memohon ampunan Alloh yang maha Ghofururrohim.
    Makasih ya mbak, jazakillahu khoiron wa barokalloh fikum. Semoga sukses, amiin.

  58. Assalamualaikum.wr.wb…
    sya mau brtnya…
    apkh blh solat atubat d lakukan sesudah atau sblm solat tahajud???

  59. Assalamu,alaikum wr.wb. saya ingin bertanya pada pak ustadt, saya saat ini berusaha untuk memperbaiki dari dan meninggalkan kebiasaan buruk yg dilarang agama, saya berusaha mencari jawaban yang ada di forum2 seperti ini , begini pak ustadt apakah setiap perbuatan saya yang lalu itu akan dampuni Alaah SWT , dalam shollat saya selalu mohon ampunannya . dan saya telah meninggalkan kebiasaan2 buruk dengan sungguh2 , terus terang pak ustadt saya seorang mualaf yg tidak dapat bimbingan dari manapun kecuali dari lingkungan yg kebetulan banyak kegiatan2 ibadahnya, sehingga saya benar2 mencari ilmu agama yg saya yakini ini dengan cara saya sendiri. saya adalah seorang janda yang mempunyai seorang anak kandung dan dua orang anak angkat ( seorang anak yatim, dan seorang anak yang tidak tau siapa orang tuanya) Mohon bimbingan pak ustads , apa yang harus saya lakukan untuk menjalankan amanat yang diberikan Allah ini , agar menjadi ridhoNYA. Salahkah saya menganggap kedua anak angkat saya ini seperti anak kandung sendiri? mohon jawabanya… terima kasih

  60. alhamdulilah atas infonya.

  61. aku… sangat ingin melakukan shalat nuiwww…..
    karna akku gx tW jka akku mmlii kesalah brt pda ortu n alla SWT…..

  62. Saya ingin bertanya. Ibu saya umur 90tahun, saat ini sering mendapatkan penampakan, berupa orang, atau taman, atau berbentuk yang tidak menyenangkan, dan ini membuat ibu saya terganggu, ibu membalas istighfar.
    kami anak2 menyarankan untuk melakukan sholat taubat, saja, dan mohon ampun kepada Allah (barangkali ibu mempunyai dosa2 yang belum diampuni Allah SWT)
    Yang ingin saya tanyakan, apakah wajar seseorang yg berumur seperti ibu saya mengalami hal2 seperti itu, apa yang sebenarnya terjadi pada ibu saya, dan apa yang seharusnya dilakukan baik oleh Ibu maupun kami sebagai anak2nya, mohon penjelasan dari Bp Ustadz, terima kasih

  63. ass…
    aq slalu berbuat maksiat mata krn slalu melihat vidio dan gambar porno,aq jg slalu melakukan zina tangan yakni masturbasi,padahal aq rajin sholat,sedekah dan berjilbab,aq slalu d hantui rasa berdosa tp aq jg slalu ingin melakukan maksiat itu, bagaimana carax aq terlepas dr perbuatan dosa zina itu ??? usiaq skrg sdh 35 thn dan belum jg menikah, aq tdk bs menahan hawa nafsuqu,aq slalu berfikir dr pada aq berzina dgn org yg belum jd suamiqu mendingan aq masturbasi aja..walau aq tau itu dosa tp knp aq sllu ingin melakukanx ,apa yg hrs kulakukan??????

  64. Alhamdulillah…
    Mudah-mudahan bisa diamalkan.

  65. assalamkum’alaikum wr.wb
    pak saya mau tnya sya sudah banyak melakukan kesalahan dari dulu , saat ini saya ingin merubah pribadi sya menjadi lebih baik …apakah dengan shalat taubat ini dosa saya bisa di ampuni pak ustad ?
    mohon d.jwab :)

  66. Barakallah fii kum wajaza kumullah bil khair.
    Blog ini sangat bermanfaat bagi saya, istri, dan keluarga serta kaum muslimin lainnya.
    Semoga Allah mengampuni dan meridhoi semua hambanya yang dhaif.
    Dengan kebesaran-Mu ya Allah, ampunilah segala kesalahan dan kehilafan sebelum keterlambatan dan kesempatan untuk bertaubat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: