Oleh: bening1 | Juni 3, 2008

Amalan yang menghantarkan pada ridlo Allah

Mendapatkan ridho Allah adalah rahmat terbesar dalam hidup manusia,melebihi banyaknya harta,melebihi tingginya jabatan, melebihi bagusnya sebuah pekerjaan,dari segala apa yang didapat manusia selama di dunia.

Tanpa ridho Allah,harta menjadi habis tanpa ketauan kemana habisnya,tidak menumbuhkan rasa syukur dengan wujud mudah bersedekah malah membuat seseorang terbelenggu kekikiran
Tanpa ridho Allah,keluarga..suami/istri,anak-anak,rumah tangga yang dibangun tidak akan bisa mendatangkan ketentraman hidup
Tanpa ridho Allah, kedudukan dan jabatan selama di dunia tidak akan mendatangkan manfaat bagi orang lain,bahkan cenderung menyusahkan orang lain.

Ada beberapa amalan yang menghantarkan kita mendapat ridho Allah

1.Ikhlas
Jadikan setiap melakukan sesuatu ikhlas karena Allah,semata-mata ingin mencari ridhoNya,jangan berharap pamrih dibalik apa yang kita lakukan.Karena berharap balasan dari manusia hanya akan membuat kita kecewa,karena kuasa manusia amat terbatas sedang Allah Maha Kuasa tidak terbatas kemurahanNya. Balasan Allah berupa kesehatan,ketentraman hati,iman dalam Islam,kemudahan beribadah jauh lebih berharga ketimbang apa-apa yang sanggup diberikan oleh manusia.

“Mereka tidaklah diperintah kecuali supaya menyembah Allah dengan ikhlas dalam beragama yang lurus,mendirikan sholat dan menunaikan zakat.” (Al-Bayyinah:5)

2.Bersabar
Mengarungi hidup di dunia banyak sekali cobaannya,baik yang berupa kesenangan maupun kesusahan. Yang paling berat adalah menghadapi kesusahan,baik berupa kemelaratan,ketidakadilan lingkungan,datangnya penyakit,dsb.

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah,yang dicukupkan pahalanya tanpa batas.” (Az-Zumar:9)

3.Saling Mencintai karena Allah
Apabila cinta seseorang kepada orang lain tidak didasari cinta kepada Allah maka cinta manusia tersebut semu,habis manis sepah dibuang. Begitulah sifat yang kebanyakkan bercokol pada hati manusia.Apabila sedang dibutuhkan dan membutuhkan maka nampak rukun,tapi jika sudah tidak menguntungkan,dianggap tidak mempunyai arti maka berpisahlah mereka,bahkan terkadang diakhiri dengan percekcokan seumur hidup.

Maka jika cinta diantara manusia didasari iman dan cinta pada Allah maka terjauhkan dari cinta semu.Bagaimanapun manusia bertambah hari,tahun akan mengalami perubahan fisik,jasmani semakin rapuh,kecantikan dan ketampanan akan luntur,hanya imanlah yang menguatkan cinta seseorang.

“..Jika kamu benar-benar mencintai Allah,ikutilah aku,niscaya Allah mengasihimu dan mengampuni dosa-dosamu.” (Ali Imron:31)

Dari Aisyah ia berkata,Rasul SAW bersabda:
“Syirik di tengah umatku lebih halus dari jentik-jentik semut di atas batu besar dalam kegelapan malam. Dan yang lebih rendah dari itu adalah kamu menyukai sesuatu dari kedzaliman dan kamu membenci sesuatu bentuk kebenaran/keadilan..”

4. Menuntut Ilmu dan Mengajarkannya
Ilmu yang bermanfaat untuk kemaslahatan manusia adalah salah satu dari tiga hal yang akan terus menyertai kita hingga hari akhir,disamping amal jariah dan doa anak yang sholeh.Namun ilmu yang hanya difahami dan digunakan sendiri tidaklah akan menyebarkan bau harum jika tidak diajarkan pada orang lain.Ibarat pohon yang tinggi dan berdaun lebat namun tidak berbuah.

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” (Al-Mujaadilah:11)

Rasul SAW bersabda,”Tidak boleh iri dengki kecuali dalam 2 hal,orang yang dikaruniai harta dan ia ringan bersedekah,dipergunakan untuk jalan Allah dan terhadap orang yang dikaruniai ilmu (pengetahuan/agama) kemudian diamalkan dan diajarkan.”

Be Continue…

About these ads

Responses

  1. Assalamualaikum. blogger baru neh…
    ridha Allah tujuan hidup kita tentunya, semua bentuk peribadahan yang sesuai dengan tuntunan Allah dan dicontohkan Rasul akan diridhai Alah. Saya juga berencana membahasnya di blog saya..jazakallah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: