Oleh: bening1 | April 6, 2009

Taubatan Nasuha

Write By : Lucky-Bening
sumber : At-Tadzkir.org

Beberapa kali saya menerima pertanyaan dan komentar seputar tentang taubat..

Cobalah simak berikut ini,
“Saya melakukan sebuah dosa besar,saya telah bertaubat,tetapi saya mengulangi lagi perbuatan dosa tsb,
apakah jika saya bertaubat,taubat saya akan diterima oleh Allah?”
“Saya termasuk orang yang rajin beribadah,sholat tidak pernah saya tinggalkan,tetapi ketika saya bertemu dengan pacar saya, saya bisa melakukan zina.Saya bertaubat,tetapi saya juga selalu mengulangi perbuatan dosa tsb.”
“Saya adalah seorang murid yang pernah melakukan dosa besar,saya bertaubat secara lisan,hati dan perbuatan di depan Guru Ngaji saya di hadapan Allah bersumpah meninggalkan dosa yang pernah saya lakukan dan mengganti dengan amal ibadah yang banyak. Namun beberapa tahun kemudian saya melakukan kembali dosa yang sama..apakah saya masih akan diampuni Allah?

Dari ketiga cuplikan di atas mencerminkan bahwa betapa Taubat yang diartikan banyak orang adalah bukan Taubat Nashuha. Melainkan tobat Cabe. ( udah tau pedas masih dimakan juga, udah tau salah masih diulang juga). Ditinggalkan tapi di kemudian hari diulangi lagi,bahkan lebih parah lagi tuh dosa. Karena apa, pertama kali orang melakukan dosa karena tidak memahami akan dosa tsb, Allah masih memberikan adzab yang setimbal dengan dosanya. Akan tetapi ketika seseorang tahu itu sebuah dosa,tetapi dilakukan juga,
adzab yang diberikan Allah lebih besar daripada ketika seseorang tidak memahami bahwa hal itu merupakan dosa.

Perintah dari Allah supaya kita bertaubat dijumpai dalam banyak ayat Al-Quran. Namun taubat yang dimaksudkan adalah taubat yang sebenar-benarnya, yang disebuat Taubat Nashuha. Yaitu tidak kembali kepada kesalahan yang sebelumnya diperbuat dan mengganti dengan amal ibadah yang banyak.Setiap taubat yang sungguh-sungguh dari dosa sebesar apapun, akan dibukakan pintu ampunan oleh Allah, bahkan Al-Quran menggambarkan kebahagiaan Allah itu seperti seorang gembala yang kehilangan peliharaannya, kemudian menemukannya kembali. Sebegitu senangnya Allah menerima kembalinya kita pada-Nya karena Allah memiliki sifat Ghofurur Rohim,Maha Pengampun.

Taubat seseorang itu bisa dilihat dari beberapa hal:
1. Mengendalikan lisan dari ucapan yang tidak berguna
2. Jauh dari rasa iri,dengki dan sikap permusuhan
3. Menghindari lingkungan/teman yang buruk
4. Taat pada perintah Allah dan menjauhi laranganNya

Tanda apa yang bisa diketahui bahwa taubat seseorang diterima?
1. Berkumpul dengan orang yang sholeh dan tidak bergaul dengan teman buruk. (Sebenarnya yang namanya teman hendaknya selalu mengajak kepada kebaikan, jika ada teman yang mengajak pada kedzaliman berarti ia bukanlah teman tetapi musuh dalam selimut. Karena senang jika kita dalam keburukan)
2. Senantiasa menjauhi perbuatan dzalim dan rajin beribadah
3. Tidak terpancang hanya pada kepentingan dunia, sebaliknya selalu ingat akan adanya Akherat sehingga apa yang dilakukan di dunia adalah persiapan untuk hari akhir.
4. Tawakal atas rezeki yang diberikan Allah setelah berikhtiar

Tingkatan Taubat menurut Imam Ghazali adalah sbb:
Pertama: bertaubatnya seseorang dan istiqomahnya ia di jalan Allah hingga akhir hayatnya.Sehingga ia disebut As-Sabiq Bil Khairat yang artinya mampu merubah perilaku buruk dengan kebaikan. inilah taubat yang sebenarnya/Taubat Nashuha yang insyaAllah akan mendapat ridho Allah dalam kehidupannya baik di dunia maupun di akherat.
Kedua: Orang yang bertaubat dari dosa besar,tetapi dalam perjalanan taubatnya selalu mendapat ujian hingga tidak sengaja ia terjatuh dalam dosa,tetapi hatinya senantiasa sedih dan menyesal sehingga ia berusaha memperbarui tindakannya dengan memperbaiki niatnya.
Ketiga: orang yang bertaubat untuk beberapa lama tapi kemudian hawa nafsu mengalahkannya sehingga ia berbuat dosa lagi.Namun demikian ia masih mau melakukan amal shaleh,ia masih meminta pertolongan Allah agar mampu mengendalikan hawa nafsunya.
Keempat: orang yang bertaubat hanya sebentar saja,tapi kemudian berbuat dosa lagi tanpa dibarengi penyesalan sedikitpun,bagaikan orang lalai bahwa ia telah bertaubat.Pada tingkatan ini ditakutkan orang bisa meninggal dalam keadaan su’ul khatimah.Yaitu ajal menjemputnya saat ia melakukan dosa, bukan saat ia bertaubat.Naudzubillah.

Semoga dengan tahunya kita semua akan taubat,membuat kita benar-benar bertaubat meninggalkan dosa besar,terus bertaubat dari dosa-dosa kecil,senantiasa memperbarui niat dan melakukan lebih banyak amal shaleh.

Ya Ghofur Ya Bashir..
Engkau Maha Melihat segala perbuatan kami yang tampak dan tersembunyi
Engkau juga mengetahui segala dosa dan taubat yang kami lakukan
Kepada siapa lagi kami memohon ampun jika bukan Engkau yang Mengampuni kami?
Mudahkanlah jalan taubat kami Ya Allah,Ya Fatah..Ya Rozak.. ya Latif.. Ya Allah…
Aminnn..

About these ads

Responses

  1. Setelah membaca tulisan diatas sungguh saya bersyukur dan lebih yakin tiada hal yang tidak mungkin .. bahwa Allah maha mulia dan pengampun dengan niatan yang tulus ikhlas berserah diri kepada yang maha pencipta dan tidak mengulangi perbuatan dosa Insya Allah taubat kita akan diterima oleh Allah

  2. alhamdulillah , ya Allah ,sesungguhnya Enkau maha mengetahui dan Maha pengampun. tidak ada tuhan yang patu melainkan Engkau ya Allah.

    bersykur sekali kita saling mengingatkan dan saling berbagi dalam ajaran-ajaran-Nya. walau pun tidak melalaui tatap muka tetapi jalinan silaturahmi dapat dijalin dengan berbagai cara….Amin akan ILmu _ MU ya rabbi,

    saya masih bingung dengan berbagai cerita akan kehidupan dunia
    sesungguhnya semua umat manusia pastinya ingin semua yang baik-baik saja. .seperi perilaku baik dan beramal

    tentang dosa dan pahala
    khususnya umat islam pasti tentunya ingin masuk surga.
    dalam hati kecil ingin sesuatu yang suci dari perbuatan dan tindakan.
    dan pada dasarnya manusia tidak ingin berbuat salah apa lagi melanggar ajran agama, tetapi ini terjadi dengan begitunya saja
    ya Allah ya Rabbi ampunilah hambamu manuisa ini yang keji dan berdosa
    sesungguhnya tuhan maha memgetahui dan maha bijak sanan , ,
    mengapa manusia tidak di ciptakan dengan perbuatan yang baik saj tidak ada yang jahatnya???????
    dengan kehendaknya tidak ada setan dan nafsu pun yang dapat mencegahnya..

  3. subhanallah…allah maha pengampun…

    saya ingin bertanya apakah ketika kita merasa membohongi suatu hal kepada calon suami saya sebelum menikah dan saya sudah solat taubat dan insyaallah saya tidak akan mengulanginya lagi, apakah saya masih harus jujur dengan suami saya cerita yg sebenarnya? saya takut dia akan kecewa jika tahu yg sebenarnya.. krn suami saya hanya manusia biasa..yg mungkin tidak akan menerima saya lagi.
    terimakasih

    • mengatakan sesuatu yang jujur tu memang pahit awalnya tapi dengan berkata jujur kita merasa lega,tenang….terima atau ga nya calon kita itu sudah resiko yang harus kita terima…tapi yakin lah…Allah maha tahu…kita berjodoh atau ga nya sama dia..:-)

  4. Makasih mas buat artikelnya,..
    jadi kebayang betapa banyak dosa dosa yang sekarang,…

  5. terima kasih banyak ..saya sekarang mengerti apa arti dan tingkatan-TINGKATAN TOBAT

  6. emang berat niat kita bertaubat, tapi klo lingkungan kita buruk, kita malah dianggap aneh dan nyeleneh, tidak solider atau ejekan lainnya. Semoga Allah mengampuni dosa ku, dan dosa kita semua serta menerima taubat kita. Amin

  7. terikasih banyak…semoga saja ALLAh membukakan pintu taubatnya untuk kita semua….
    amien….

  8. Astaghfirullah…Jazakallah artikelnya…ternyata saya termasuk yang harus banyak berdzikir..Yaa Robb..ampuni dosa hamba-Mu ini…

  9. Mudah2han aq tidak mengulangi dosaku yang terdahulu

  10. Ighfirlana Dzunubana. Ya ROB….
    Hamba hanyalah manusia bisa yang tak mampu mengendalikan nafsu……
    hanya ENGKAULAH YA ROB yang mampu membimbingku, melindungiku, mengamankanku,….
    Kuharapkan Ampunanmu YA ROB atas semua khilafku.. Jagalah aku dari godaan syaitan yang terkutuk……….
    ……………..Astaghfirullohal’adzim………

  11. Terima kasih atas semua pencerahannya yang sungguh menambah bekal bagi saya untuk senantiasa belajar menjadi insan yang mencintai-Nya.

  12. semoga Allah mengampuni segala dosaku.

    Makasih ya artikelnya…

  13. terima kasih ya allah……kau yang telah menunjukkan ku kejalan yg benar,bimbing aq ya allah aq hax meminta kpdmu……krn kamu maha pengasih lagi maha penyayang….

  14. Allah Maha Besar….Maha Pengasih lagi Maha Penyayang…aku termasuk salah satu hambaMu yang mendekati azabMu ya Allah…bukakan pintu maafMu yang sebesar2nya untuk seluruh hambaMu..hapus dosa besar yang telah dilakukan oleh orang muslim agar kelak nanti kita bersama-sama menggapai kenikmatan di dalam rahmat dan ampunanMu

  15. TriMakasih..
    Smg artikel in bener2 manfaat bwt evaluasi hdp aq..ayo
    Trus berjuang untk islam..
    Ya+ Allah.kiranya engkau limpahkan ampunan pada kami..serta savdara
    2 kami..amien

  16. Subhanallah,
    membuat saya menitikkan air mata..

    Sangat berguna bagi saya..
    Ya Allah, lancarkanlah taubat kami Ya Ghofur

    Apabila kami tidak bisa mengendalikan nafsu kami, Kendalikanlah nafsu kami Ya Robbi

  17. katakan sejujurnya walaui itu pahit Insya ALLAH. ALLAH maha pengampun dan calon suami saudara akan menerima saudara dengan tulus iklas

  18. Subhanallah… saya akhir akhir ini sering memikirkan kematian karena takut sekali dengan dosa dosa yang telah saya perbuat…
    saya mulai mencoba Taubat… Taubat sebenar benarnya… Taubatan Nasuha…

    Semoga ALLAH SWT memudahkan Taubat saya… dan menghapus segala dosa dosa saya… AMIN YA ALLAH YA RASULLALLAH…

    mohon ampun atas segala kesalahan dan dosa dosa ku Ya Allah ya Rasulallah…

    Amin Ya Allah ya Rasulallah…

  19. semoga aku bisa bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat. amiiiin

    • Insya Allah usaha tafan yang sungguh sungguh dirahmati Allah swt.

  20. aku dah banyak berbuat dosa and banyak berbohong,ya allah swt saya ingin benar2 taubat nasuha aku ingin mohon ampun atas semua dosa2 q yang disengaja ataupun yang tidak disengaja,ya allah swt dosa q dah terlalu banyak,aku ga mau semua ne………terulang lagi aku takut akan dosa and adzab allah swt,sekarang aku hanya pasrah ikhlas and berusaha memohon keridhoan and ampunan serta pintu surga dari allah swt,amin

    • Amin y rabb

  21. semoga Allah SWT mengampuni dosa kita semua baik yang besar maupun yang kecil…amiin..!

  22. Ya Allah yang Maha mendengar segala doa ku, Maha Pengampung atas segala tobat,

    ak baru saja melakukan dosa yang besar dan ak ingin sekali untuk tobat nashuha, semoga ak bisa melakukan tobat itu, dan semoga Allah menerima tobatku ini, ampuni segala dosaku ya Allah ,ak memang manusia paling hina dan nista…

  23. ya allah qu telah banyak melakukan kesalahan yang amat besar,apa yang harus aqu pertanggung jawabkan nanti jika kelak enkau mengabil nyawaqu,pa yang haru aqu jelaskan sementara,dosa telah melumuri diriqu,,ya allah,berikan hambamu ini,hidayamu,beri hambamu ini kekuatan untuk agar bisah merubah semua,a dan kembali dijalanmu,jalan yang enkau ridhohi,jalan yang penuh dengankebajikannjalan yang menmbibing aqu mencapai surgamu,,,,,ya allah dengarkanlah do’a hambamu yang lemah ini,,,dan kabulkanlah do’a,,,,,,,,amin ya robbil almin……….

  24. copas ya!!

  25. Ya Alloh ampuni kesalahan yang telah saya perbuat baik dengan sengaja dan tidak senagaja…tiada tempat aku untuk kembali selain pada-Mu.berilah aku kekuatan untuk selalu bertaubat kepada-Mu. dan jangan lah Engkau bierkan aku merana tanpa-MU.

  26. kesalahan yg q prbuat br ulang kali.
    saya takut tidak di ampuni oleh Allah

    • kesalahan yang dilakukan berulang 2x, itulah kapok lombok, udah tau salah masih dilakukan juga, udah tau pedas masih dimakan juga..
      emang susah merubah watak atau kebiasaan seseorang yg ksudah mendarah daging. tp dg niat yang tulus ikhlas insya allah semua bisa diatasi, dengan cara berdoa semoga allah mangabulkan permintaan kita.
      urusan diampuni atau tidak itu adalah hak prerogratif allah, kita jangan berhenti berusaha, berhenti beribadah, berhenti berdoa gara gara kita takut tidak diampuni, entah itu diampuni atau tidak hidup kita akan terus berjalan, apakah kita mau semakin terjerumus kedalam kegelapan karena kita ragu, diampuni atau tidak. divonis apapun kita sebaiknya jangan menambah daftar dosa kita lagi…data base udah full.. jangan sampek daftar dosa kita over load, sehinnga allah menurunkan murkanya kepada kita.

  27. ya Allah ya robby ampunilah hambamu ini yang penuh dan bergelimangan dengan dosa, hamba hanya mengharap ridhomu. Berilah hamba kekuatan untuk selalu mengingat-Mu, menjalan perintah-Mu dan menjauhi segala larangan-Mu.

  28. sblmnya trm ksh tas artikelnya,,,insya allah aku akan mencoba bertaubat nasuha……,,,,,..dengan niatku dalam hati bahwa aku akan bertaubat dari perbuatan dosa besarku selama ini yang menanti hidayah dari allah swt, untuk menuju jalan-Nya……,,,,,,,,,
    mohon do’anya supaya aku kan tetap ada dijalan allah swt daN akan bertaqwa sesuai dengan perintah-Nya,,,,,,aku berharap taubatku ini bukan semata taubat cabe tapi dengan taubat NASUHA,….aku akan minta ampunan pada allah tas sgala dosa besar ku ini yang sudah menumpuk dan hari ini insya allah dengan nama allah aku akan bertaubat NASUHA…..SEMOGA AKU DIBERIKAN UMUR PANJANG UNTUK MEMPERBAIKI DIRI DARI SGALA DOSAKU….AMIEN

  29. ya ……kisah ini sama yang saya alami, tapi saya juga bingung….. tolang sms no hp ke email saya. saya mau jadi teman curhat. conttat di andisoewarsono@ymail.com

  30. trimakasih ya allah yg selalu memaafkan kami
    yg penuh khilaf dan dosa.

  31. Ass Wibb———-
    Umat Rosullallah SAW yang dirahmati Allah ( walillailham ya Rosullallah)————————
    Tidak berkata, berkata, berbuat dan tidak berbuat yang bersumber pada niat kita, kita sudah berdosa dihadapan Allah
    Manusia suci lahir dan bathin adalah sejak dilahirkan oleh ibu kita tercinta, tangisan demi tangisan, itulah tanda – tanda sejak bayi, kita sebenarnya telah megetahui akan kemana kita nantinya ( itulah reaksi yang timbul yang merupakan tanda komunikasi kita).
    Perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia, sesal setelah mengetahui bahwa perbuatan itu melanggar norma agama, hal ini disebabkan karena kita tidak mengetahui akibatnya atau sudah mengetahui apa yang akan timbul nanti akibatnya.
    Kita harus mengetahui apa yang fundamental sebagai dasar yang tidak boleh atau dijauhi dan dilarang ( Minuman, judi dan hawa nabsu), berat bagi kita sebagai umat Rosulllah SAW dan mahluk Allah.
    Modal peningkatan ibadah, hal yang fundamental itulah yag terlebih dahulu harus ditinggalkan, tidak akan perbuatan salah akan diulang-ulang ( itulah golongan orang-orang kekasih Allah), berbisiklah dengan shalawat (Rosullallah SAW akan mendampingi ) disetiap ibadahmu, genggam ibadahmu sampaikan secara diam-diam (itulah ibadah yang paling mulia), jangan menghitung kebaikanmu, tapi mundur mencari tapak-tapak kesalahanmu ( itulah jalan lurusmu, itulah kerendahanmu), janganlah meminta bagian dari nikhmat NYA, tapi minta keselamatan nikhmat Dunia dan Akheratnya ( itulah ketebalan rasa keimananmu )

    Allah Maha Perkasa,
    Maha kaya
    Wass Wibb

    syech Jagad

  32. Assalamualaikum . Saya tersentuh dan merinding membaca itu masya allah. Allahu akbar.. Semoga ibadah kita di terima di sisi allah.

  33. ya allah hamba telah bnyak melakukn dosa ampuni hamba..
    sesungguh nya allah maha pengampun dosa2 besar.

    • tentunya Allah tidak akan mengampuni dosa kita seperti membalikkan tangan, walaupun kita berangkat haji belum tentu dosa kita segampang itu dihapuskan, allah hanya akan menimbang amal baik kita dan amal buruk kita hasil dari ibadah dan dosa kita, maka untuk bisa menghapuskan dosa kita, mulailah untuk melakukan amal baik dan bertaubat, kejarlah amal baik dimanapu kita berada, kalau pun kita berangkat haji niatnya gak baik, hanya untuk menghapus dosa, waulllahu alam….. tapi kalo kita berangkat haji karena beribadah, dan bersungguh sungguh, mengerti maksud dan tujuannya haji, pulang membawa oleh oleh ilmu dan mengajarkan kepada semua orang, insya allah ini yang bisa meringankan dosa kita.

  34. ya Allah apa yg harus kulakukan agar aku selalu mengingatmu,walaupun dalam keseharianku aku tak pernah melanggar laranganmu,tapi aku tak pernah meratakan keningku di sajadah..maafkan aku ya Allah ,berikan aku hdayahmu..

  35. Subhanallah, semoga saya dapat melaksanakan niat saya untuk melakukan taubatan nasuha yang sebenarnya dan semoga rekan-rekan semua senantiasa diberikan hidayah, rahmat dan kekuatan iman untuk dapat melakukan taubatan yang sesungguhnya..amiiin ya robbal alamin.

  36. aq tkut sekali…

  37. bukankah taubatan nasuha tu pengembalian diri kita……………..
    dan di situ juga ada baiatnya……..
    walau kita sudah taubatan nasuha meninggalkan semua larangannya dan mengerjakan apa yang di perintahkan…….ada tanda kutip mata ini sering melihat hal hal yang kurang baik seperti wanita pakai rok mini.wanita cantik dan melihat orang minum2 keras itu termasuk apa?

  38. asstagfirullah…saya merasa sangat kotor di hadapan allah swt, jauh didalam hati saya sangat merindukan rahmat allah swt…pantaskah saya menghadap allah dengan semua dosa ini? saya sangat takut tidak bisa memenuhi janji saya pada allah ketika saya mengucapkan niat untuk bertaubat, terutama dosa2 saya terhadap orang tua…, sekarang setiap kali saya bertemu dan menatap wajah kedua orang tua saya yang semakin menua dimakan usia, hati saya seakan hancur karena belum bisa menjadi manusia yang lebih baik dari tahun2 sebelum nya, sungguh waktu yang saya habiskan selama ini hanyalah sia-sia…
    semoga kita bisa memenangkan “perang” dalam hati ini, dan diberi hidayah untuk tetap berada di jalur yang diridhoi allah swt amin…

  39. Jazakumullah…terima kasih ukti atas catatanya…mudah2an ana bisa menjadi pribadi yang lebih baik lgi…sekarang ana sedang beusaha taubat nauha…mudah2an ditrima Allah SWT…amien…:-)

  40. assalamualaikum…

    dede mw tanya??dede punya pacar dan dede sudah melakukan zina, dede sangat berdosa dede ingin bertobat…tapi sangat sulit untuk menjalankan tobat, karena dia masih ada dikehidupan dede???
    dede minta solusinya bagaimana??dede bener2 mau bertaubat…

    • bertaubatlah sebelum terlambat, bagaimana caranya? berkumpullah dengan orang orang yang bertaubat……nanti kita akan tahu bagai mana cara bertaubat, kalo kita berkumpul sama koruptor, kita hanya akan tau bagaimana caranya korupsi.

      • cra brtaubat yg baik tu sprt pa cc,.,.,

    • @dede: barangsiapa yang terperosok ke dalam kubangan dosa ini hendaklah segera bertaubat dengan sebenar-benar taubat, menyerahkan semuanya kepada Allah, dan memutuskan hubungan dengan semua yang dapat mengingatkannya pada perbuatan itu. Kemudian, hendaklah ia menyesali semua yang telah dilakukannya di hadapan Rabb-nya, dengan penuh tawadlu’, merendahkan diri, dan menyerahkan semuanya kepada-Nya. Semoga dengan begitu, Allah azza wa jalla berkenan menerima taubatnya, mengampuni dosa-dosa yang pernah dilakukannya, dan menggantinya dengan kebaikan-kebaikan.

      Allah ta’ala berfirman:

      وَالَّذِينَ لاَيَدْعُونَ مَعَ اللهِ إِلَهًا ءَاخَرَ وَلاَيَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللهُ إِلاَّ بِالْحَقِّ وَلاَيَزْنُونَ وَمَن يَّفْعَلْ ذَلِكَ يَلقَ أَثَامًا {68} يُضَاعَفُ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا {69} إِلاَّ مَنْ تَابَ وَءَامَنَ وَعَمِلَ عَمَلاً صَالِحًا فَأُوْلَئِكَ يُبَدِّلُ اللهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا {70}
      ”Dan orang-orang yang tidak menyembah Ilah yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya), (yakni) akan dilipat gandakan adzab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Furqon: 68-70)..

      Jadi, tidak usah takut untuk bertobat… tetap semangat dalam menjalani hidup ini… :D

  41. ya Allah…..aku tidak layak untuk firdaus-Mu,tetapi aku tidak pula sanggup menanggung seksa nerakaMu,dari itu kurniakanlah ya Allah keampunan kepadaku..Ampunkanlah dosaku,sesungguhnya Engkaulah pengampun dosa dosa besar……..Amiiiiiin

  42. aku bertobat ya Allah………………..

  43. ya allah maafkan segala dosaku yang sangat besar ini ……….ya allah

    aku tahu kau maha pengampun
    jadi……. ampuni segala dosaku ya allah
    dan jangan biarkan aku mengulanginya lagi ya Allah

    Amiiiiiiiiiiiiiiiin …….

  44. T_T

    Minuman keras, Narkoba, Penganiayaan, zina semoga hanya masa laluku….

    Ya Allah…..

    Hamba sanGat Hina…..

    Hamba hanya inGin sLaLu dJaLan -Mu…..

    Berilah HambaMu yg Hina ini Kekuatan dLm menjalani Hidup spya sLaLu brada diJaLan Yg BenaR……

  45. Perbanyak dzikir sebanyak banyaknya dengan mengucapkan dalam hati ” SubhanAllah walhamdulillah wal’aailahailallah AllahuAkbar” insyaAllah terjaga Taubatan kita.Amin

  46. aku ingin menjadi wanita yang sholeha dan menebus semua dosa” yang telah ku lakukan

  47. subhanawloh… saya meneteskan air mata,…
    ea allah, mudahkanlah aq dalam bertaubat,..

    dan sllu mengingat mu jga menjauhi sgala larangan mu….

    sesungguh’a aq hanyalah hamba mu yg bergelimangan dosa dan sllu jauh terhadap engkau….

    ea allah kuatkanlah dan yakinkan lah aq dlam menjalani hidup q sllu brada di jalan mu amin.,,

  48. subhannallah sungguh sedih hati ini,melihat artikel ini sekarang aku lebih sadar apalah artian taubat yg sebenar nya,
    semoga allah bisa mengampuni dosa” ku yg telah lampau, aku hanya lah hamba mu yg lemah ya allah ampuni lad dosa: ku ini,engkau lah maha pengampun lagi maha penyayang,kesempatan demi kesempatan telah kau berikan k pdaku sekarang mungkin lah yg ter akhir kau berikan ya allah.

  49. Baarokallohu fiikum

  50. Maha besar Alloh

  51. aq orang yang banyak utang,,,,,
    dan aq telah meninggalkan anak dan istri aq…..
    jika aq ingin bertobat apa yg harus aq lakukan?????????

  52. hdup kn trsa indah bla mn qta bsa mrskan btpa bnyak’a nikmat yg tlah Allah brkan kpda qta ni,.,jngan smpe qta mnysal ktka qta tdak ge bs mrskkan tu smua stlah smua’a brkhr,.,.,.

  53. Y Alloh semoga Engkau mengampuni dosa2 kami…
    Jauhkanlah kami dari segala keburukan..
    bimbinglah kami slalu di jalan Mu yg benar Y Alloh…

  54. sesungguhnya taubatan nasuha..adalah sesungguhnya taubat, semoga masa lalu yang suram dan bergelumuran dosa, tidak akan terulang lagi…

  55. maha suci bagi allah dzat yang merajai dunia dan akhirat. .
    Ya allah sesungguh’y diri ini tercipta dari air yang hina, .tempat’y salah dan dosa,.tiada yg mampu menghapus dosa kami selain engkau ,maka ampunilah dosa kami ya allah peliharalah diri ini dari kezhaliman/kemudharatan. .amein ya rabbal’alamein. .

    makasih atas artikel’y moga bermanfaat bagy semua. .amein

  56. Ya Allah… Terimakasih telah Kau tuntun tangan ini untuk membuka dan membaca artikel ini. Limpahkanlah rahmatMu kepada kawan yang sudah berbagi ajaranMu ini.
    Ya Allah… Bimbinglah aku yang telah berlumur dosa ini untuk menuju pintu ampunanMu. Pintu taubat yang sebenar-benar taubat… Taubatan Nashuha. Dan ampunilah aku Ya Allah…………
    Amin Yaa Robbul ‘Alamin…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: