Oleh: nirvana2005 | Agustus 26, 2009

Kenapa sih kita harus Puasa

kenapa sih kita harus puasa? untuk apa sih dan untuk siapa puasa kita?. kita seharian pernuh menahan lapar, seharian penuh pula kita tidak minum, untuk apa?

pada jaman jaman sebelum kita, para nenek moyang sebelum islam masuk ke negara kita, menurut cerita sering melakukan hal seperti puasa, yaitu bersemedi, bertapa di puncak gunung ataupun di goa goa. tujuannya apa?, yaitu untuk mendekatkan diri pada sang pencipta. mencari hakekat siapakah yang menciptakan alam semesta ini. memang sejak daman dulu diyakini bahwa alam dan seisinya ada yang menciptakan, ada yang menggerakkan dan sepertinya ada yang mengatur.

untuk meyakini hal tersebut mereka melakukan semedi dengan waktu yang tak terbatas, dan bahkan puasa yang mereka lakukan lebih ekstrem lagi, tidak seperti kita. misal ; puasa 7 hari 7 malam. bayangkan puasa dari pagi sampai besok dan besoknya lagi tanpa makan sama sekali sampai 7 hari. bahkan yang paling parah lagi, untuk mencapai kasta yang paling tinggi mereka rela untuk melakukan puasa 40 hari 40 malam, bayangkan. tujuannya hanya satu, untuk mendekatkan diri pada sang khalid dan mencapai kasta yang lebih tinggi dimata sang pencipta. tetapi dalam islam hal ini tidak di benarkan. setelah mereka melakukan puasa 40-40, mereka seolah olah seperti terlahir kembali, seperti bayi yang baru lahir. tidak kuat untuk berjalan, tidak bisa makan makanan orang dewasa, dan tidak bisa beraktivitas seperti layaknya orang dewasa, untuk awal awal makanpun harus disuapin. disinlah letak keimanan yang kembali suci, kembali bersih, seperti bayi yang baru terlahir kembali.

dalam islam allah swt. memerintahkan kita untuk berpuasa mulai waktu sebelum subuh sampai waktu sebelum gelap (magrib). [al baqarah 183 - 187]. dalam islam sangat jelas, bahwa tujuan berpuasa adalah untuk bertaqwa kepada allah swt, meningkatkan keimanan kita kepada allah swt. untuk mendekatkan diri kita pada sang khalid [vertikal]. dan secara horizontal turut merasakan hal hal yang sering dirasakan oleh orang orang miskin yang hanya bisa makan satu kali sehari, karena tidak mampu untuk membeli/ menyediakan makanan yang layak. jadi dalam islam selain kita mendekatkan diri pada sang pencipkan secara vertikal, secara horizontal juga mengajarkan untuk turut merasakan  kesengsaraan yang dirasakan oleh kaum miskin [PRIHATIN]. sehingga meningkatkan rasa sosial kita terhadap sesama yang kurang beruntung.

puasa dilihat dari segi kesehatan, badan ini ibarat mesin. dalam satu tahun badan ini terus bekerja memikul beban yang berat. mulai memasukkan makanan kedalam mulut, mengolah makanan menjadi sumber energi, mengolah energi untuk menggerakkan anggota badan kita. dengan berpuasa ibarat kita ini mengistirahatkan sejenak organ organ tubuh kita yang berhubungan dengan pencernaan, dengan mulut, lambung, ginjal dan organ organ lain. secara fisik saat berpuasa badan kita memang sedikit loyo, akan tetapi suhu badan kita akan sedikit tinggi sehingga membantu sirkulasi darah dalam tubuh, dan juga untuk membakar lemak lemak yang menempel dalam tubuh kita. jadi puasa itu justru membuat badan ini lebih sehat. buktinya ketika akan menjalani tes kesehatan ada  kalanya kita diminta untuk berpuasa beberapa saat. puasa secara lahiriyah adalah untuk kepentingan kesehatan kita sendiri.

About these ads

Responses

  1. Bagus… ternyata orang dulupun berusaha mendekatkan diri pada penciptanya..

  2. [...] Source: bening1.wordpress.com/2009/08/26/kenapa-sih-kita-harus-puasa/ [...]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: