Oleh: nirvana2005 | Agustus 27, 2009

Hakekat Puasa

puasa secara syariat seperti yang dijelaskan didalam alquranul kharim dan dalam hadist hadist yang lain. yaitu menahan lapar dan haus sejak sebelum fajar [imsyak] sampai menjelang matahari terbenam. selain itu dalam berpuasa kita juga tidak diperbolehkan untuk melakukan hal hal yang mengakibatkan perbuatan maksiat. perbuatan yang mengotori diri sendiri, baik dengan perbuatan atau dengan tindakan.

tapi sebenarnya apa makna yang terkandung dalam ritual ibadah puasa yang biasa disebut siam atau syaum itu?. karena kebanyakan yang kita ketaui itu hanyalah merupakan sebuah perintah berpuasa, sebuah petunjuk atau cara bagaimana untuk berpuasa dan larangan larangan ketika sedang melaksakan ibadah puasa, ayat ayat yang berhubungan dengan ritual berpuasa. secara tertulis tidak ada hakekat dari puasa itu sendiri, secara harfiah memang bertujuan untuk mendekatkan diri kita kepada sang kholiq. secara horizontal untuk merasakan rasa prihatin dan tirakat. tetapi dimana letak ibadah untuk diri kita sendiri.

puasa itu hakekatnya menguasai diri kita, menguasai segala hawa nafsu kita. selama bulan ramadhan, bulan dimana alquran diturunkan, yang biasa disebut bulan suci, kita diminta untuk menguasai diri kita, menguasai hawa nafsu kita selama berlangsungnya bulan suci ini.

baru setelah kita bisa menguasai tubuh ini, bisa menguasai semua hawa nafsu, menguasai semua amarah selama satu bulan penuh kita bisa dikatakan kembali suci, bersih kembali diibaratkan seperti bayi yang baru lahir. insya allah bila kita bisa menguasai segala hawa nafsu kita, allah tentu tidak akan keberatan untuk memberikan ampunan kepada kita. mana mau allah memberikan ampunan kepada orang yang kasarnya biasa disebut bengal/jahat/dll, kita aja ogah.

wallahualam bishowab

About these ads

Responses

  1. menurut guruku, hakekat puasa adalah berpuasa dari rasa ke’aku’an. kita rela dan ikhlas di tindih oleh ke’aku’an Alloh yang sejati.

  2. puasa itu ada tiga tingkatan
    1.puasa orang umum,hanya meninggalkan makan,minum, ngesex aja
    2.puasa khusus,puasa umum plus njaga mata,telinga,mulut,tangan,kaki dari berbuat dosa
    3.puasa super khusus, level 1 n 2 plus menjaga hati dari cinta dunia

  3. sy setuju klo hakikat puasa itu melepas rasa ke’aku’an dgn kesadaran penuh,bhwa Allah lah wujud yg sejati yg maha sempurna,Allah lah realitas muthlak,maka kt hanyalah hamba,abdi dalem Gusti Allah.
    o ya,sy ada program interaksi sosial yg insyAllah sgt bmanfaat untk kt,krm NAMA&ALAMAT lgkp ke:085793591694.
    salam jiwa.,

  4. Hakekat puasa satu bulan ramadhan adalah menemukan hati yang seterang bulan purnama, tenang, damai dan indah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: