Oleh: bening1 | Agustus 16, 2010

Hikmah Puasa Ramadhan Kali Ini

alhamdulillah wa syukurillah
puji syukur atas kehadirat allah swt.
maha besar allah
maha bijaksana
maha pengasih
atas ijinnya, atas ridlonya sampai hari ini (puasa hari ke 6) berhasil saya lewati.


padahal seminggu sebelum puasa saya masih mengkhawatirkan kesehatan saya, bukan penyakit berat akan tetapi amat sangat mengganggu pikiran saya…mudah mudahan setelah melewati bulan ini saya tidak ragu lagi untuk melakukan puasa sunnah.

awal pada awal tahun 2010 saya mengalami gangguan kesehatan pada bagian perut, lambung khususnya, dan menjadi asam lambung akut. akibatnya perut kembung dan diare. puncaknya malam malam sepulang kerja perut terasa mau pecah, kepala pening, keluar keringat dingin dan langsung pingsan, mulut berbuih trus keluar muntah beserta diare bersamaan. dalam kondisi ini biasanya kasusnya adalah angin duduk, menyerang ke jantung. berikutnya saya masuk rawat inap dan ditangani dokter dan alhamdulillah jantungya masih normal…

sebulan berikutnya saya mencoba makan dengan cabe 1 biji, besoknya saya mengalami gejala seperti hal yang sama dengan sebelumnya dan harus dirawat inap lagi. akhirnya saya mengambil kesimpulan untuk saat ini tidak makan yg memancing lambung saya kambuh.

sampai kemaren sebelum puasa, setiap kali saya coba makanan yang mengandung rasa asam, gejala serangan lambung langsung terasa, disini kekhawatiran saya timbul, bisakah saya menjalankan ibadah puasa ramadhan?.

sebuah tantangan yang sangat berat bagi saya, pertama ini adalah ibadah wajib, kedua kondisi kesehatan saya masih belum sempurna dan resikonya saya bisa mendapatkan serangan jantung, keringat dingin dan pucat seperti sebelumnya. akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk mencoba, sejauh mana kesehatan ini berdampak terhadap kesehatan lambung saya ini.

hari pertama saya lewati dengan berat sekali. jam 10 pagi perut sudah terasa kosong, berikutnya setelah sholat dhuhur mulai terasa badan dingin dan meriang seperti akan ada serangan keringat dingin, saya lupakan dan saya gunakan untuk beraktivitas seperti biasa, lama kelamaan muncul rasa hangat, dinginnya perlahan lahan mulai ilang.
semakin sore semakin yakin dalam diri ini bahwa saya bisa melewati hari ibadah puasa hari pertama dengan aman sampai magrib. dan hari hari berikutnya seperti tidak ada halangan lagi dari kesehatan saya, padahal semua anggota keluarga saya sudah mewanti wanti, kalo emang udah gak kuat dibatalkan saja puasanya.

saya pantang menyerah, allah bersama kita, puasaku untuk menjalankan perintah allah, ibadahku untuk mengabdi pada allah, bukan untuk diriku sendiri, mudah mudahan allah terus memberikan kekuatan pada saya sampai bulan ramadhan berakhir, dan untuk puasa puasa sunnah setelah bulan puasa. akhirnya saya berkesimpulan bahwa dengan puasa justru kesehatan asam lambung yang saya khawatirkan bisa sirna.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: