Oleh: bening1 | Desember 17, 2007

Harta yang Sesungguhnya

Dalam kitab Tanhibul Ghafilin diceritakan bahwa Hasan berkata dari Nabi SAW,

“Perbanyaklah berkenalan dengan fakir miskin,dan berbudilah kepada mereka,karena kelak mereka akan mendapat kekuasaan.”
Seorang sahabat bertanya “Apakah kekuasaan mereka ya Rasul?”
Nabi SAW menjawab,”Bila tiba hari kiamat,maka dikatakan pada mereka (fakir miskin) ‘Perhatikanlah siapa yang pernah memberimu,maka genggam tangannya dan tuntunlah ke arah surga.'”

Betapa setan tidak pernah berhenti menakuti-nakuti manusia akan berkurang hartanya atau jatuh miskin jika bersedekah,sehingga banyak muslim yang terjerembab dalam kekikiran..
Padahal semakin berat seseorang mengulurkan tangannya untuk bersedekah,maka dia telah meninggalkan banyak kebaikan di dunia juga akhirat,al: hartanya tidak bersih dan tidak berkah,mendatangkan bala,tidak mendapat perlindungan di akhirat.

Dalam Hadits yang diriwayat al Tabrani Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya sedekah itu tidak akan mengurangi harta seseorang.”
Bila seorang hamba mengulurkan tangannya untuk bersedekah,maka sedekahnya itu akan sampai ke tangan Allah dan Allah menerimanya,meridhoinya sebelum sampai ke tangan penerimanya.

Manusia selalu berkata,ini hartaku,itu hartaku..
Padahal sesungguhnya dia hanya memiliki 3 jenis harta,
1. yang dimakannya hingga menjadi kotoran
2. yang dipakainya hingga usang
3. yang disedekahkannya hingga sampai kepada Allah
Selain itu tidak ada,sementara sisanya adalah untuk orang lain..(Al-Tabrani)

Abu Dzar Al-Ghifari mengatakan “Tak akan terjadi sedekah di muka bumi ini melainkan telah melepaskan 7 belenggu setan yang semuanya mencegah dari sedekah tsb.”
Qatadah mengatakan Sedekah akan memadamkan dosa bagai air memadamkan api.

Iklan

Responses

  1. Assalamualaikum..

    Alahamdulillah..bahagia rasanya, kita sudah di ingatkan dgn artikel ini. tp ada hal yang masih merisaukan?! apakah dalam bersedekah kita hanya kepada saudara muslim saja atau ke seluruh umat???
    terimakasih atas jawabannya.

  2. Waalaikumsalam.wr.wb
    Sepengetahuan saya sedekah itu bukan hanya untuk kaum muslim tetapi juga untuk kaum lain.Karena sedekah bukan hanya berupa uang tetapi juga bisa berupa perbuatan baik.Memang sampai saat ini saya belum menemukan ayat dari Al-Quran atau Hadits yang mengkhususkan hal itu,tapi maaf,mungkin saya yg belum mengetahui karena keterbatasan ilmu saya,dan saya masih dalam pembelajaran. Tapi ada bbrp hadits yang bisa kita jadikan dasar..
    1. “Barangsiapa memudahkan orang fakir,maka Allah akan memudahkan dia di dunia dan akherat.” (di sini tidak disebutkan fakir yang muslim)
    2. Pernah ada yang bertanya pada Nabi SAW ” Manakah realisasi Islam yang paling utama?” kemudian Nabi bersabda “Engkau memberi makan,engkau memberi salam terhadap orang yang kau kenal dan tidak kau kenal.” (jika kita belum mengenal orang,berarti bisa jadi kita belum tahu apa agama dia.bisa muslim bisa non muslim.)
    Mudah-mudahan yang sedikit dari saya ini,bermanfaat.Waallahu a’lam bishowab.
    Wass.wr.wb.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: