Oleh: nirvana2005 | Januari 9, 2008

Peringatan Tahun Baru Hijriyah

sangat fenomenal sekali bila pergantian tahun masehi 1 januari dirayakan dengan sangat amat meriah. mereka berlomba lomba untuk merayakan dengan pesta pesta, kembang api, keliling kota, kumpul kumpul dengan sahabat, pesiar keluar negeri, bahkan sampek ke tindakan maksiat dilakoni. dari mulai pagi, sore dan malam hari ditunggui dengan setia sampai diujung tanggal 31 desember 2007 semua persiapan dilakukan, ditunggui sampai larut malam. itu semua hanya untuk kesenangan semata, kesenangan sesaat, hanya untuk kepentingan duniawi. apa manfaatnya dimata Allah?, berapa takaran pahala yang kita dapat?, bisakah semua itu sebagai tabungan kebaikan diakhirat?. tentu jawabnya adalah “tidak”.

perayaan itu sebaiknya dilalui tidak dengan bersenang senang dan hura hura, melainkan digunakan dengan sebaik mungkin untuk instropeksi, menilai perbuatan kita kemaren kemaren dimata Allah. meminta ampunan atas kelalaian kita tahun kemaren dan memanjatkan doa untuk mencapai berkah dari allah untuk tahun mendatang, karena dengan bertambahnya tahun ini bukan berarti bertambah usia kita saja, tetapi juga harus kita ingat “Jatah hidup kita didunia ini sudah berkurang 1 tahun”. kalo jatah usia kita didunia sudah berkurang, sedangkan amal ibadah kita masih pas pasan, masih banggakah kita kelak di akhirat?, apakah kita masih terkenang dan mengingat perayaan pesta akhir tahun kalo kita sudah masuk neraka. apakah kita masih merasakan nikmatnya perayaan pergantian tahun yang hanya sekejap dibandingkan dengan siksa neraka yang amat pedih dan menyakitkan? …renungkanlah dengan hati dan pikiran yang bersih.

hari esok adalah hari peringatan tahun baru hijriah, tahun barunya orang islam. apa yang dilakukan oleh para muslimin didunia?. apakah persiapan yang telah dilakukan? sudah berapa lama kita menunggu saat seperti ini?, menurut pendapat saya adalah “NOTHING”. hanya segelintir orang saja yang akan menanti tahun baru islam ini, sebagian dari kita justru menganggap esok adalah hari yang sangat keramat. apalagi di kalender jawa adalah tanggal 1 suro. subhanallah….dalam agama kita semua hari adalah baik, semua bulan adalah baik, tidak ada bedanya bagi mereka yang beriman pada Allah, ingat, hanya bagi yang beriman pada Allah. bila anda takut dengan 1 sura berarti masih belum merasa beriman pada Allah. kita hanya boleh takut hanya pada Allah. tidak pada yang lainnya.

kembali ke peringatan tahun baru islam, dibeberapa kalangan mengisi kegiatan menjelang pergantian tahun dengan hal hal yang bermanfaat.

diantaranya adalah :

1. melewatkan pergantian dengan membaca alqur’an
2. membaca dzikir atau wirit, sendiri sendiri atau dengan jamaah
3. menjalankan sholat sunah, sholat tahajut, atau sholat hajat dimalam hari
4. beberapa ulama menganjurkan untuk puasa sunnah, mulai tanggal 1 sampai 10 dengan niat untuk mendapat ridlo bimbingan allah dalam menjalani tahun depan
5. berdoa memohon rahmat Allah untuk tahun depan dan memohon ampunan-NYa dari segala dosa yang telah diperbuat

berikut ini adalah amalah yang penulis dapat saat mengikuti ceramah setelah sholat jumat dari seorang ustad;

1.
menjalankan sholat hajat 2 rokat dan 2 rokaat, rokaat pertama setelah alfatihah, baca surat al iklas 10 kali, rokaat kedua setelah alfatihah, baca surat al iklas 20 kali, rokaat ketiga setelah alfatihah, baca surat al iklas 30 kali, rokaat keempat setelah alfatihah, baca surat al iklas 40 kali

2.
setelah selesai sholat kita membaca ayat kursi sebanyak 460 kali

3.
membaca bacaan basmalah sebanyak 660 kali,

jika ada yang memiliki amalan yang lain atau koreksi silahkan tulis dikomentar yaa…………..

dalam hal ini penulis mengajak semua umat islam seluruh dunia untuk melewati pergantian tahun baru islam dengan lebih bermanfaat, lebih terasa, lebih dapat dikenang, baik didunia ataupun diakhirat. dapat sebagai tabungan akhirat, tidak lenyap begitu saja.

kalo perayaan pergantian tahun 2007 ke 2008, kita tungguin sampai jam 12 malam. kenapa untuk memperingati pergantian tahun umat kita dilewatkan begitu saja, disia siakan begitu saja, bahkan sebagian orang mengingat saja tidak. liburnya saja yang ditungguin. bener tidak….

tambahan:
untuk sholat malam waktu yang paling afdol ada 2/3 malam antara jam 2 sampai jam 4, bila kita memiliki kebiasaan susah bangun jam segitu, bisa dilakukan pada 1/3 malam antara jam 11.30 sampai jam 2, bila anda khawatir tidak akan bangun lagi!!!, anda bisa melakukan setelah jam 9. malam, tentu anda belum tidur pada jam tersebut. beberapa ulama ada yang menjelaskan : bahwa untuk solat malam tidak harus menunggu kita tidur baru bangun untuk solat malam ( memang hal ini yang dicontohkan nabi kita), melainnkan istilah ‘tidur’ disini bisa diartikan untuk menunggu menidurkan hawa nafsu kita, menidurkan pikiran kita, menidurkan emosi kita dan menidurkan hati kita. baru kita melaksanakan solat malam.

Iklan

Responses

  1. met tahun baru hijriyah, bro…
    tapi kok nggak ada kembang api đź‘ż

  2. alhamdulillah, disebagian tempat ada yang merayakan perayaan tahun baru umat islam, seperti di makasar dengan dzikir bersama, di jember, dan karawang, sebuah sekolah islam di sunter merayakan dengan karnaval, ada doa bersama di senayan, dan tentunya masih banyak lagi.
    koreksi untuk puasa muharam yang dibolehkan mulai tgl 9,10 dan 11 muharam, berarti tanggal 18,19,20 januari.

  3. Memang sudah semestinya setiap diri memaknai setiap pergantian tahun dengan sebuah perenungan, melihat sejenak ke belakang, hal-hal apa yg kurang dan mesti diperbaiki, termasuk memancang tekad untuk segera berhijrah dari segala sifat-sifat buruk menuju kepada sifat-sifat terpuji, yang bukan sekedar harapan, namun segera diusahakan & diwujudkan dalam ikhtiar nyata dengan senantiasa memohon bimbingan dan pertolongan dari Allah SWT..Insya Allah.

    Salam kenal 🙂

  4. assalkamualaikum wr.wb
    ikhwan at-tadzkir yang semoga selalu dalam lindungan allah azza wajalla, memang terkadang aku sangat iri dengan tahun baru masehi yang diadakan dengan begitu hebatnya. dalam hati aku berkata mengapa tahun baru kita umat islam tiada pernah diadakan dengan akbar. disini dikota pagaralam padahal saya sangat menginginkan diadakannya istighosah akbar di alun-alun kota namun karena walikota mengatakan kalau istighotsah itu bid’ah aku sangat merasa kecewa dengan keputusan itu. “selamat tahun baru hijriyah wahai para pejuang ALLAH”

  5. Alhamdulillah…trims infonya. Semoga berkah bagi ita semua. dan semoga anjuran2 y.a.d ada lampiran dalil nya ya…

  6. bagus banget ulasannya, mohon izin copy2 dikit buat bahan di mading skul pasti boleh dunk…palagi tentang 1 suronya itu saya setuju banget. Semoga bisa menjadi bahan renungan untuk menjadi diri yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu, amin…o ya, ngopinya boleh kan…thanx lo…

  7. ALLOHU AKBAR..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: