Oleh: bening1 | Januari 17, 2008

Ujian atau Peringatan?

Dalam hidup ini kita sering menghadapi persoalan, musibah dan bencana. Karena itu, hendaknya ia bersabar dan mengharapkan pahala kepada Allah atas musibahnya. Jika demikian, tentu Allah tidak akan menyia-nyiakan sesuatu pun untuknya, bahkan Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik dari apa yang hilang darinya.

Dalam Shahih-nya, Imam Muslim meriwayatkan dari Ummu Salamah ra, bahwasanya ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw, ‘Tidaklah seorang muslim yang tertimpa suatu musibah, lalu ia mengatakan apa yang diperintahkan Allah, ‘Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah aku pahala karena musibah ini, dan gantikanlah untukku sesuatu yang lebih baik darinya,’ kecuali Allah akan memberinya ganti yang lebih baik.’

Ummu Salamah berkata, ‘Ketika Abu Salamah meninggal dunia, aku berkata, ‘Siapakah orang Islam yang lebih baik dari Abu Salamah?, (penghuni) rumah yang pertama kali hijrah kepada Rasulullah saw? Lalu aku mengucapkan perkataan diatas, kemudian Allah menggantikan untukku Rasulullah saw sebagai suami’.”

β€œDan pasti kami akan mengujimu dengan sedikit ketakutan,kelaparan,kekurangan harta,jiwa,dan buah-buahan.Dan sampaikanlah kabar gembira pada orang-orang yang sabar.” [Al-Baqorah 155]

Kata ‘mengujimu’ dipahami bahwa kita telah berada pada jalan yang benar,telah menunaikan Rukun Islam , kemudian datang sebuah persoalan,musibah/bencana alam yang menimpa kita inilah yang dinamakan Ujian yaitu ditujukan bagi orang muslim yang taat. Misal seseorang telah melakukan sholat dengan tepat waktu, menunaikan puasa wajib maupun sunah, berzakat, bersedekah, intinya ia berusaha sebaik-baiknya melakukan habluminallah dan habluminanas, kemudian ia diuji dengan ‘diambil’ buah hatinya oleh Allah.

Sedangkan jika musibah itu menimpa orang yang tidak taat (fasik), inilah yang disebut Peringatan. Misalkan seseorang yang melanggar perintah Allah, tidak mengeluarkan zakat padahal penghasilannya telah sampai pada nisabnya, atau orang yang sering meninggalkan sholat wajib,puasa wajib padahal ia tidak mempunyai halangan.Tiba-tiba ia mendapat musibah kecelakaan, inilah yang dinamakan Peringatan. Peringatan Allah berikan supaya seseorang kembali kepada jalan yang benar.

Karena itu setiap saat kita harus introspeksi jika mendapat musibah,manakah dari ibadah kita yang kurang,sholat kita kah? masih suka telat tidak? sedekah kita sudah dikeluarkan belum? apakah kita menyakiti sesama kita? dll.. Dengan demikian kita akan senantiasa ikhlas menerima ujiannya,karena kita sadar bahwa musibah karena kesalahan kita juga.( seperti dalam As-Syuro:30)

Iklan

Responses

  1. Sepakat.

    Berarti ketika kita sedang ndak dirudung masalah, justru itulah masalah terbesar kita. Jangan2 Allah sudah lupa atau ndak mempedulikan kita. Krn setiap orang yg diperhatikan Allah pasti akan diuji.

    πŸ™‚

  2. Ujian bukan hanya berupa masalah,saat bahagiapun, keadaan tentram,tenang itu juga ujian buat kita. Apakah dengan kebahagian dan ketentraman yg Allah berikan tsb ibadah kita tetap baik,sebaik saat kita sedang dirundung masalah..
    Iya bukan?
    Dan jangan salah tidak sedetikpun kita lepas dari Penglihatan,Perhatian Allah.Dia Maha Mengawasi segala tingkah laku kita.
    Allah memperhatikan semua umatnya,yang taat,yang maksiat,yang bersyukur ataupun yang kufur…
    Allah akan terus menguji dengan kebaikan dan permasalahan untuk mengetahui siapa di antara umatnya yang bersabar,yang terus tetap tidak berpaling dari Allah meskipun diberikan ujian yang berat. Hingga Allah meninggikan derajat orang tsb. InsyaAllah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: