Oleh: bening1 | Februari 23, 2008

Tingkatan Kufur

“Apabila Allah menghendaki hamba-Nya menjadi baik, maka dibuatnya paham terhadap agama, dibuatnya zuhud terhadap dunia, dan dibuatnya menyadari aib-aibnya sendiri.”

Sifat kufur bukan hanya dimiliki oleh orang kafir tapi banyak orang yang menyatakan dirinya Islam tapi memelihara sifat kufur. Karena islamnya hanyalah islam bawaan dari keturunan,bukan memahami & menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Bergantung pada manusia lain secara berlebihan,merasa ‘tidak bisa hidup tanpa dia’ padahal segala sesuatunya yang menjamin adalah Allah. Percaya terhadap ajimat padahal nyata-nyata ini adalah syirik,menduakan Allah..
Mari ketahui tingkatan kufur di bawah ini supaya kita bisa menghindarkan diri dari sifat tsb.

Kufur terhadap Allah SWT memiliki tingkatan :

1. Kufur Atheis
Yang dimaksud kufur atheis ialah yang pelakunya tidak percaya bahwa alam semesta ini mempunyai Tuhan,malaikat,kitab suci,rasul dan adanya akherat dimana manusia mendapatkan balasan terhadap apa yang telah dikerjakan di dunia,baik berupa kebaikan maupun keburukan.

Dan tentu mereka mengatakan : “Hidup hanyalah kehidupan kita di dunia saja dan kita sekali-kali tidak akan dibangkitkan.” (Al-An’am : 29)
Allah SWT berfirman:”..Barangsiapa yang kafir terhadap Allah, malaikatNya, kitabNya, rasulNya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.”

Inilah tingkat kekufuran yang paling tinggi.

2. Kufur Syirik
Kufur ini seperti kemusrikan yang dilakukan oleh orang arab jaman jahiliyah.Mengakui adanya Tuhan yang menciptakan langit, bumi, dan manusia, memberi rizki, ada kehidupan dan kematian akan tetapi mereka mempersekutukan Allah ( tauhid rububiyah & tauhid ilahiyah) dengan menyembah tuhan lain.

“Dan mereka meyembah selain Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak pula manfaat,dan mereka berkata ,’mereka itu adalah pemberi syafaat kepada kami di sisi Allah..” (Yunus 18)

3. Kufur Ahli Kitab
Kufur ini adalah kufur dari kalangan Yahudi dan Nasrani,karena mereka mendustakan kerasulan Muhammad saw yang diutus oleh Allah SWT,dan diberi kitab suci yang abadi,yang dalam satu segi membenarkan taurat dan injil dan di segi lain melakukan perbaikan ajaran yang terdapat pada kedua kitab tsb.

“Dan kami telah turunkan kepadamu al-Quran dengan membawa kebenaran,membenarkan apa sebelumnya,dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu,maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu…” (Al-Maidah 48)

4. Kufur Orang Murtad
Para ulama sepakat bahwa bentuk kekurufuran paling buruk adalah kemurtadan (ar-riddah) yaitu keluarnya seseorang dari Islam setelah ia mendapat petunjuk dari Allah. Kufur setelah Islam adalah lebih buruk daripada kufur yang asli.

“Barangsiapa yang murtad diantara kamu dari agamanya,lalu dia mati dalam kekafiran,maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akherat.dan mereka itulah penghuni neraka,mereka kekal di dalamnya.” (Al-Baqarah 217)

5. Kufur Orang Munafik
Ini termasuk kategori kekufurun yang berat,karena orang munafik hidup dengan dua wajah. Meraka ikut serta mendirikan syiar-syiar islam seperti sholat,membayar zakat, tapi hati mereka ingkar terhadap Islam.

“Sesungguhnya orang munafik itu ditempatkan pada tingkatan yang paling bawah dari neraka.Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat penolong bagi mereka. Kecuali orang-orang yang bertaubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh kepada Allah dan tulus ikhlas mengerjakan agama karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan pahala yang besar.” ( An-Nisa 145-146)


Responses

  1. […] Tingkatan Kufur “Apabila Allah menghendaki hamba-Nya menjadi baik, maka dibuatnya paham terhadap agama, […]

  2. Hanya satu , Ya Allah jangan jadikan hamba termasuk di dalam nya.
    berikanlah bimbingan dan nur dalam diri hamba


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori