Oleh: bening1 | Maret 19, 2008

Menepis Kesombongan

Kesombongan ada dalam setiap diri manusia,hanya bedanya ada yang besar dan ada yang kecil,ada yang sadar segera istighfar, memperbaiki diri,menjaga diri dari bahayanya sifat tersebut. Namun ada pula yang malah menjadi penyakit hati,meliputi kehidupan sehari-harinya hingga rasanya makin tenggelam dalam kebahagiaan semu yang justru mengantarkan kita ke neraka. Allahpun telah berfirman dalam banyak ayat Al-Quran bahwasanya manusia banyak yang cenderung menjadi sombong,baik sombong terhadap manusia lain maupun sombong terhadap Allah.

Sombong terhadap Manusia
Penyakit ini timbul ketika seseorang merasa bahwa segala sesuatu yang ia miliki adalah atas hasil usahanya. Kebanggaannya yang tidak dapat diperoleh oleh orang lain.Ia lupa.. padahal sesungguhnya semua itu hanyalah titipan dari Allah, yang jika Allah menghendaki, bisa diambilNya kapanpun Allah mau.

Al-Quran menyebutkan dalam Surat Al-Baqarah 284 bahwa : “Milik Allahlah apa yang di langit dan di bumi..” Ini berarti apa yang melekat pada diri kita saat ini,entah harta benda, suami, istri, anak, jabatan, ilmu semuanya adalah milik Allah.

Sombong terhadap Allah
Manusia yang sombong terhadap Allah bukan hanya manusia yang tidak mengakui akan adanya Allah.Tetapi manusia yang mengabaikan keberadaan Allah,pengawasan Allah sehingga apa yang dilakukan keluar dari syariah agama adalah contoh manusia yang sombong terhadap Allah. Menganggap yang didapat dalam hidup ini karena usahanya semata, lupa melakukan tuntunan agama,mengabaikan Al-Quran & tidak mengamalkannya.

“Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya,tidak akan dibukakan pintu-pintu langit bagi mereka dan mereka tidak akan masuk surga,sebelum unta masuk ke dalam lubang jarum.Demikianlah Kami memberi balasan terhadap orang-orang yang jahat.” ( Al-Araf 7:40)

Menepis kesombongan

Lantas bagaimana menepis kesombongan pada diri kita?
1. Sadari semua hanya Titipan Allah,berasal dari Allah dan akan kembali padaNya.
Dengan kita kita tidak akan punya rasa sombong,karena sesungguhnya kita manusia memang tidak memiliki apa-apa,selain amal ibadah kita..
2. Segera istighfar dan luruskan hati hanya mencari ridhonya,jika tiba-tiba muncul rasa bangga,karena bangga sesungguhnya awal dari kesombongan. Gantilah dengan mengucapkan hamdallah sebagai rasa syukur karena memang segala puji hanya milik Allah.
3. Perbanyak memahami Al-Quran, kemudian mengamalkannya,bukan sekedar baca.. supaya kita tidak termasuk ke dalam orang-orang yang dimaksud Allah mendustakan ayat-ayatNya alias sombong dihadapan Allah.4. Memperbanyak dzikrullah & sedekah, dengan niat mencari ridhoNya, bukan untuk kesombongan.

Rasul SAW bersabda “Barang siapa yang dalam hatinya ada kesombongan walaupun sebesar semut hitam maka ia tidak akan masuk surga.”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: