Oleh: bening1 | Juni 9, 2008

Orang Beriman

Rio : apa seh orang beriman itu?

Ardi : ya orang islam yang percaya pada rukun iman yang enam itulah.

Rio : apa cukup hanya dengan per caya pada Allah,Rasul,Malaikat,Al-Quran,Hari akhir,qadha dan qadar sudah cukup dikatakan beriman? Aku melihat banyak muslim percaya Allah tapi mengapa ia pergi juga ke ‘orang pintar’ yang dianggap bisa menyelesaikan masalahnya? Menabur garam di 4 sudut rumahnya aman dari gangguan setan..

Ardi : iya betul,bahkan ada muslim yang takut rezekinya diambil orang lain padahal Allah telah menentukan bagiannya sebelum ia lahir.

Rio : Bahkan banyak yang menempuh jalan pintas mencari pesugihan hanya karena tidak tahan terhadap ujian kemiskinan. Bukankah ini justru membalut kekufuran dengan keimanan?

Sesungguhnya Al-Quran telah menjelaskan bahwasanya orang yang beriman itu tidak mencampuradukkan yang haq dan yang batil. Jika sejak awal seseorang telah komitmen memeluk islam,tentu ia tahu konsekuensinya sebagai orang islam bahkan secara konsisten ia akan melakukan hal-hal yang dibolehkan dan menghindari hal-hal yang dilarang.

”Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman , mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.”

”Kami tinggikan siapa yang Kami kehendaki beberapa derajat. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.”(Qs 6:82-83)
Allah memang Maha adil..Dia angkat orang-orang yang benar-benar bertaubat,keluar dari kubangan dosa ke dalam orang-orang yang mendapatkan naungan rahmatNya,Dia tutup segala keburukan seseorang dan menggantinya dengan banyak kebaikan..sehingga Allah mengangkat derajatnya tanpa ia sadari.

Tapi sebaliknya Allah terpaksa menurunkan derajat seseorang ketika sebenarnya ia telah diletakkan pada kaum orang-orang yang mendapat rahmatNya. Contohnya banyak orang muslim yang mendapat kedudukan mulia di dunia,menjadi wakil rakyat,dihormati orang-orang dibawahnya,harta dilebihkan oleh Allah..namun sayang,perilakunya tidak mencerminkan islam. Ada yang tersangkut masalah korupsi,skandal dengan wanita,terima suap,ditemukan di kamar hotel bersama wanita yang bukan istrinya,bahkan ada yang ditemukan meninggal di dalam mobil bersama wanita penghibur,sementara ia seorang public figure dan di depan namanya tersandang nama islam muhammad.. Mengenaskan.

Siapa sebenarnya yang kufur? Siapa yang kurang bersyukur? Allah telah memberikan segalanya.. Tapi justru nikmat yang banyak tsb menghantarkan pada derajat yang rendah. Hingga akhir hayatnya ditutup dengan su’ul khotimah bukan khusnul kotimah.

Karena itu marilah kita sama-sama menjaga segala rahmat yang Allah berikan,dengan senantiasa mensyukuri apapun yang Allah telah berikan,ikhlas menerima setiap takdir yang telah ditetapkan,bersabar ketika menerima ujian,bencana,sakit,kekurangan harta benda.

Tidak mudah memang menjadi orang beriman yang benar-benar menjaga imannya tidak tercemari kedzaliman. Namun juga bukan hal yang mustahil untuk diusahakan jika seseorang telah meluruskan niat,bersungguh-sungguh ingin memperbaiki setiap kesalahan,sehingga Allah akan memberi petunjuk dan memudahkan jalan taubat bagi seseorang,insyaAllah..Amin..

“Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendakiNya di antara hamba-hambaNya.”(Qs 6:88)


Responses

  1. tuhan memberi hidayah kepada manusia yang dikehendakinya,dengan melaksanakan ibadah dan ibadah apakah kita bisa di kehendakinya mendapatkan hidayah

    • assalamualaikum, akh ane mau bertanya, bagaimana usaha kita untuk memperoleh hidayah dari Allah SWT, dan kita selalu istiqoman dalam menjalankan kewajiban kepada ALLAH SWT.

  2. HaMBa aLLaH

  3. kalo blh sy menjawb sdkit..langkah2 jln mnju ridho allah swt..pertama perbyknya mndgr ceramah2 ttg islam ,sering2lah membaca alquran dan terjemahanya,dan berusaha lah tuk mengerjakan perintahNya…dan tinggalkanlah laranganNya…itulah masukan sdkt dari sy..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: