Oleh: bening1 | Juni 23, 2008

Islam dan Kekerasan

                        

Al Ankabut : 45

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

 

Islam itu adalah agama yang damai sebagai mana  ayat diatas, bahkan dalam kehidupan kita sehari hari kita dituntut untuk beribadah, berbuat kebaikan dan menghindari mengikuti perbuatan syetan. Jika kita dapat menerapkan islam dengan baik Insya Allah dunia akan tentram. Akan tetapi dalam hidup ini kita selalu dihadapkan dengan dua pilihan, beraqlak mulia atau mengikuti syetan.

 

Islam selalu mengajarkan kita berbuat baik, berbuat amal sholeh, islam masuk Indonesia tidak dengan peperangan, tidak dengan kekerasan, tetapi dengan menunjukkan aqlakul karimah seperti yang dicontohkan nabi kita Muhammad saw.

Tetapi kenapa belakangan ini banyak orang mengaku islam tetapi perbuatannya tidak mencerminkan islam itu sendiri. Banyak orang membawa dan mengatas namakan islam tetapi perbuatannya tidak jauh dari perbuatan syetan (keji dan mungkar).  Itu islam yang kelebihan atau dilebih lebihkan. Saya sendiri turut prihatin dengan keadaan ini, kita sebagai umat islam memerangi saudara kita sendiri (sesama umat islam). Umat islam memusuhi umat islam yang lain, kekerasan dibalas dengan kekerasan, bahkan ada yang sampai memamerkan kekuatan pribadi atas nama umat islam. Kekuatan yang hakiki itu hanya milik Allah, bila dilihat dalam susunan tatasurya, bumi ini sangat kecil, tidak sebanding dengan matahari dan jupiter. Kita sebagai umat didunia yang lebih kecil lagi ternyata bisa menyombongkan diri kepada makluk yang lain seolah olah kita bisa membelah bumi. Subhanallah ….

 

Bila umat islam di Indonesia masih primitif (jahilliyah) seperti ini, Insya Allah orang islam yang awam akan membenci islam itu sendiri, apalagi umat diluar islam akan lebih membenci umat islam. Bahkan diseluruh dunia informasi yang tersampaikan ke telinga mereka bahwa islam identik dengan kekerasan, sebagai mana kegiatan teroris yang mengatasnamakan islam selama ini, kejadian kejadian dinegara kita yang mengatasnamakan islam. Apajadinya islam ini ? semakin menarik untuk diikuti atau semakin dibenci? Dakwah kita akan digemari atau dihindari? Mari kita bangun islam bersama sama, mari kita cari persamaan bukan perbedaan, mari berdakwah untuk seluruh umat bukan untuk golongan. Islam itu milik semua umat, agama yang paling benar menurut Allah swt. Tetapi bila kita menyampaikannya dengan cara yang salah, kita mencontohkan dengan berbuatan yang tidak mencerminkan aqlakul karimah. Masihkah islam dipandang sebagai agama yang paling benar?

 

 

An Nuur : 21

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah- langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

 

Kita perbaiki ibadah kita dengan kembali menegakkan sholat, kembali menghadap sang illahi dengan benar. Mudah mudahan Allah membukakan pintu hidayah, rahmat dan karunianya kepada kita semua, semoga semua perbuatan kita, amal ibadah kita, langkah kita diridloi Allah swt. Mari kita cerminkan bahwa dengan sholat menghindarkan kita dari perbuatan keji dan mungkar. Dengan sholat kita semakin mencintai dan menyayangi umat yang lainnya.

 

Amin … amin….  Ya Robbal Alamin…….


Responses

  1. salam
    semakin lama justru ketika saya berdoa, minta di beri kekuatan dan keberanian untuk memilih diantara polemik kasus itu (FPI.mbak)…justru semakin lama Allah memberikan jawaban untuk mendukung pihak FPI dalam kasus ini meski bukan atau tidak 100 %…Ya Robbi..jadikan hamba orng yang selalu meminta dan berdialog dengan Engkau dalam memutuskan sgala sesuatu…kalau saudara gimana..yang penting sudah di kosnsulkan sama Allah, terserah nanti hasilnya meski berbeda dengan hasil saya…yups…..Allah Sang Pembimbing…..

  2. Qs. 5:33 mengatakan dan memerintahkan kepada umat Muslim untuk membunuh, memotong tangan dan kaki, melakukan penyaliban, membuang (menyingkirkan/ memusnahkan) orang2 yg menolak Allah Muslim & RasulNya (Mhd) serta ajarannya.
    Allah Muslim memerintahkan untuk memancung/memenggal kepala dan membunuh orang2 kafir (Non-Muslim) (Qs.47:4, Qs.9:5, Qs.8:12, Qs.8 :17, Qs.8:60, Qs.9:14, Qs.9:73, Qs.9:29, Qs.48:29, Qs.4:74, Qs.2:154, Qs.2:190-191, Qs.9:38, Qs.9:41, Qs.4:76).

  3. assalamu’alikum ya ikhwani fil allah, sama mohon bimbingan dari antum sekalian, tetang sejarah islam yang berkembang dengan kekerasan seakan islam hanya seperti sebilah pisau yang akan menghancurkan segala yang ada di depannya guna mendapatkan sebuah kejayaan, mohon bimbingannya
    jazakumallah khairu jaza

  4. islam mengajarkan kita untuk berbuat yang baik, akan tetapi kenapa penyebaran islam dalam setiap kurunnya dengan peperangan, padahal itu amat menghancurkan segala yang ada dan watak keislaman akan hancur lebur


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: