Oleh: bening1 | Agustus 29, 2008

Membersihkan Diri

Hari ini adalah hari jumat minggu terakhir sebelum datangnya bulan ramadhan. bisa kita lihat dikampung kampung, bahkan dikota besarpun banyak orang berbondong bondong datang ke tempat tempat pemakaman. emang siapa yang meninggal?….

tidak ada, mereka datang untuk membersihkan tempat pemakaman saudara, kerabat, orang tua atau nenek dan kakek moyang mereka sembari turut membacakan doa, menabur bunga dan memberikan sedikit sedekah pada para pengemis dan penjaga kubur.

apa maksud kita datang ke pemakaman hari jumat terakhir menjelang bulan suci ramadhan, adakah dalam al quran atau pun dalam hadis yang menyarankan kita untuk membersihkan kubur, menabur bunga atau menyiram air kendi sebelum datangnya ramadhan? khususnya hari jumat terakhir ini?

maksudnya memang mulia, untuk membersihkan makam kerabat kita, menghormati makam orang tua kita, tetapi apakah harus hari jumat menjelang ramadan, apakah hari hari lain tidak bisa? bisa dibilang tradisi ini adalah warisan nenek moyang kita, warisan para leluhur kita, dan diyakini ini adalah peninggalan dari kebudayaan hindu, menyembah pada mistik dan alam ghoib.

yang dianjurkan untuk dilakukan dalam islam menjelang datangnya bulan ramadhan adalah membersihkan diri kita, membersihkan hati kita, batin kita dan pikiran kita dari kemaksiatan dunia, dari pikiran pikiran kotor, dan tipu muslihat, iri dan dengki. sehingga kita dapat menjalankan ibadah puasa ini dengan lebih baik dari sebelum sebelumnya.

kalo memang berniat untuk bersedekah tidak perlu menunggu menjelang ramadhan, emangnya para pengemis, penjaga kubur hanya perlu makan saat menjelang ramadhan saja?. setiap hari mereka menahan lapar, berminggu minggu dan hampir setiap bulan kondisi mereka sama. hanya saat menjelang ramadhan saja kondisi mereka membaik. dan jika bulan ramadhan datang seolah olah mereka dimanjakan, dari masjid masjid, orang kaya, berebut mengundang mereka untuk memberi makan dan berbuka bersama. tetapi setelah itu seolah olah dilupakan, kehadiran mereka tak terlihat oleh kita, kalopun mereka muncul didepan kita gak ada yang peduli dengan mereka.

Iklan

Responses

  1. Semua amalan hanya tergantung niatnya, tak terpengaruh waktu dan besar kecil nya kah?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: