Oleh: nirvana2005 | November 18, 2008

Pernahkah Kita berterima kasih pada Allah

Kita percaya dan yakin bahwa yang menciptakan kita, yang menghadirkan kita, yang membuat kita ada sampai sekarang adalah Allah, Hanya Allah. walaupun apa yang telah kita tempuh ini selama ini merupakan kerja keras kita, orang tua kita, tapi semua itu tidak lepas dari campur tangan Allah. tidak meleset dari kitab lauh mahfud yang telah digariskan oleh Allah. dari semua yang kita dapatkan, kita peroleh, kita nikmati selama ini, pernahkah tersirat bahwa semua ini adalah karunia allah, kehendak allah. dan pernahkan kita bersyukur, berterima kasih kepada Allah atas apa yang telah digariskan oleh Allah swt tersebut.

kita bersyukur atas karunia Allah tidak hanya sebatas dari materi, tidak hanya sebatas keberhasilan semata, tidak hanya sebatas kenikmatan dan kekayaan yang kita terima. kita seharusnya juga bersyukur atas jiwa dan raga yang selama ini kita gunakan. sadarkah kita bahwa karunia terbesar dari allah swt. adalah diberikannya kesempatan kepada kita untuk bisa bernafas sampai detik ini. ini mahal lho, nafas ini tidak bisa dibeli, bayangkan bila kita tidak bisa bernafas, maka semua harta, pangkat, keberhasilan, dan semua kenikmatan tidak bisa kita rasakan lagi.

pernahkah kita bersyukur bahwa selama ini kita telah menggunakan jasad pinjaman dari Allah untuk kepentingan kita, pernahkah pula kita minta ijin kepada Allah untuk memakai anggota tubuh kita ini untuk kepentingan kita. baik itu untuk kepentingan pribadi, ibadah, untuk kebaikan atau untuk kejahatan. tangan, kaki, mata, hidung, telinga, mulut, semua ini adalah milik allah, bukan milik kita. makanya digambarkan kehidupan didunia ini adalah sementara. kehidupan sebenarnya yang kekal, abadi, adalah kehidupan setelah mati. untuk itu sebaik baiknya manuasia adalah mereka yang bisa mensyukuri nikmat Allah, karunia Allah dan tidak pernah lupa kepada allah.

jangan hanya kepada manusia saja kita berterima kasih, jika kita terima uang dari seseorang kita mengucapkan terima kasih, kita diberi makanan tetangga kita ucapkan terima kasih, kita jatuh trus dibantu orang untuk berdiri, atau diobatin kita ucapkan terima kasih. lihat sendiri bila kita diberikan sesuatu dari seseorang dan kita lupa dan tidak berterima kasih, apa tanggapan mereka? insya allah keluar kata kata, dasar tidak tau balas budi, dasar tidak bisa berterima kasih, dasar orang sombong.
tetapi ketika kita sembuh dari sakit, ketika kita diselamatkan dari bencana, ketika kita gunakan semua anggota tubuh ini untuk kepentingan kita, kita tidak pernah mengucapkan syukur dan berterima kasih kepada Allah.

Sadarkah kita bahwa Allah menjaga kita siang dan malam, menjaga kita 24jam. Allah melayani kita baik saat kita sadar atau ketika kita tidur, ketika kita ingin melangkahkan kaki, allah menggerakkah kaki kita, ketika kita ingin memegang sesuatu – Allah pun menggerakkan tangan kita, ketika kita ingin merasakan makan – Allah membantu kita memasukkan sampai kedalam perut kita sehingga kita bisa merasakan kenyang. kita ingin buang air, allah mengeluarkannya dari tubuh kita, apa jadinya bila Allah ngambek sama kita……..
kita tidak bisa buang air
kita tidak bisa menggerakkan tangan kita
kita tidak bisa menggerakkan kaki kita
kita tidak bisa merasakan makanan
subhanallah… maha besar Allah….

bagaimana cara berterima kasihnya….
allah maha mengetahui, allah maha mendengar, dengan mengucapkan syukur alhamdulillah bisa …
tapi tidak hanya syukur dimulut, tetapi dirasakan dalam hati, tidak hanya didiucapkan tetapi dihayati, dirasakan sampai didalam hati, dalam rasa kita.
akan lebih baik lagi bila kita bersyukur dengan memperbaiki kualitas ibadah kita, meningkatkan kekusyukan dalam sholat wajib, meningkatkan sholat sunnah. dengan berdzikir. dll.


Responses

  1. Asslamualaikumw3,,
    sblumY salam ukhuwah…
    Alhamdulillah tYata msih banYk hamba Alloh yg SNgt pDuli dg nkmatY…
    thaks..tulisaY dpt mnmbh keiManan N mBuat qt smikIn cinTa pdY..
    tp na mo tnY,,
    bgaimana bla sUatu saAt qt d Bri coBaan yG mBuat qt jAuh dr Alloh,,
    d bTkan oleh INdaY duniA,,
    kDa9 kn qt Tlalu bhgia dG kbersamAan dg kluarga shiggA qt bs lp dg kWjibaN qt, Ex:tlat U/ shalat..
    bgaiMna agr sTiap hMbusan naFas yag qt hrup Pnuh dg laNtunan Syukur pdY..????

    • To : Zifa

      Hanya satu cara agar kita senantiasa bersyukur pd Allah,diupayakan “Selalu Ingat Allah” dg cara berdzikir,baik dzikir lisan sesudah sholat atau dzikir qalbu di setiap aktifitas qta. Selain itu sedekah harta maupun perbuatan dg sesama adlh bukti rasa syukur kita padaNya.

  2. salam kenal. thanks artikelnya…

  3. Allah Hafudz
    Artikel2 ini mengisi kekosongan jiwa dan menenangkan hati yang rindu akan DIA

  4. thx tuk nambah ilmu ane lg

  5. semua itu harus buktikan dengan cara di aplikasikan……..bukan hanya dgnn ucapan juga kata2 yang keluar di bibir saja…apapun aktivitas kita.baik siang maupun malam harus di niatkan(ibadah)itupun klo kita menyadari&mengakui bah kita ini adalah hambah allah swt.(mempunyai Aqidah)

  6. Terima kasih atas infonya dan Met kenal semua ….

  7. Asalamualaikum…
    Mohon untuk share artikel ye…:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: