Oleh: nirvana2005 | November 20, 2008

pernahkan kita melakukan 3M? (melaknat, mengutuk, memaki)

melaknat, mengutuk atau memaki dalam hukum islam termasuk dalam golongan dosa besar. 3M itu sendiri biasa dilakukan oleh orang yang hatinya diliputi kebencian, dendam, dan kemarahan. sehingga apa yang dibencinya dimaki mengikuti emosi kemarahaanya. makian tersebut dapat ditujukan kepada sesama manusia, atau makanan atau binatang atau barang barang.

kita yang sering memaki sesuatu menunjukkan kesombongan dan keangkuhan kita didepan allah, seakan akan kita merasa yang paling benar, paling bersih, paling suci, paling pintar, paling mulia dan paling sempurna. pahalal kesempurnaan itu adalam milik Allah, kesempurnaan itu datangnya dari Allah.

perbuatan memaki tersebut menunjukkan seolah olah kita telah memvonis atau menentukan keburukan makluk yang ada didepan kita. seolah olah kita mengetahui akhir dari kehidupan ini, atau akhir dari makluk yang dimaki. maka dari itu memaki termasuk perbuatan yang tercela, karena kita manusia sebagai makluk yang paling sempurna, ternyata masih mengikuti hawa nafsu, nafsu setan.

dari sebuah hadist diriwayatkan :
abu darda berkata, Rasulullah telah bersabda, :”orang yang biasa memaki, melaknat, mengutuk, tidak dapat memberi safaat atau menjadi saksi pada hari akhir”.

rasulullah tidak pernah memaki, mencela terhadap makanan yang rendah, bila beliau berkehendak maka dimakannya, bila tidak suka maka beliau tidak memakannya.

intinya memaki makluk ciptaan Allah sama dengan menghina kepada Allah, menghina kepada sang pencipta, Dzat yang memiliki segalanya. maka dari itu, kebanyakan dari kita yang suka memaki memiliki perangai yang buruk dan jauh dari aqlakul karimah. landasan umat islam. dan perbuatan buruk ini dapat membawa kita dalam kehidupan yang sombong, takabur, dan lupa kepada Allah.


Responses

  1. bener2 luar biasa tekat makluk yang namanya syetan itu. Dia tidak mengenal lelah apalagi capek untuk menggoda manusia ini. Sekarang kita harus berlomba2 terus agar kita menjadi pemenang

  2. bagaimana dengan memaki kaum kafir dan yahudi ? apakah dilarang juga ?

  3. Astaghfirulloh..
    Ternyata menjadi manusia yang akhlaqul karimah memerlukan perjuangan yang cukup besar…

    Semoga Allah SWT selalu mengampuni hambanya..Amin..

  4. Thks for ur artikel. Baik bget buat intrspeksi dri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: