Oleh: nirvana2005 | Agustus 13, 2009

Trik bangun sebelum Subuh

kita semua tahu, bahwa ibadah sholat yang paling berat adalah solat subuh. bukan pelaksanaannya dan bukan jumlah rokaatnya. akan tetapi beratnya terletak diri kita sendiri, dimana begitu sulitnya untuk membuka mata, berdiri dan ambil air wudlu diwaktu subuh.

godaan yang lain muncul saat akan menggerakkan tubuh ini yang tidak mau untuk diajak bangun, membayangkan dinginnya air di pagi hari yang masih gelap dan akal serta pikiran yang masih belum genap 100%

dalam hadis lain disebutkan keutamaan sholat subuh, pahala yang dijanjikan allah sangan berlimpah untuk yang melaksanakan sholat subuh, dan masih banyak janji janji allah mengenai sholat subuh ini. akankah kita melalikannya, menelantarkannya atau bahkan meninggalkannya demi untuk memuaskan hasrat kita untuk melanjutkan tidur? mengingat jam sholat subuh rata rata jam 4.30 s/d 4.45 wib

berikut adalah trik trik untuk bisa bangun sebelum subuh :

1. istirahat yang cukup, tidur sebelum larut malam
istirahat yang cukup memang sangat diperlukan oleh tubuh kita. bila kita kurang istirahat, maka ketika kita bangun badan akan terasa pegal pegal, mata pedas dan malas untuk bangun, walaupun jam beker telah berbunyi 4 x. usahakan tidur sebelum larut malam, kalo biasa kita tidur jam 11 dan bangun jam 6 (sholat subuhnya jam berapa?). untuk itu majukan jam tidur kita menjadi jam 9, harapannya dengan tidur selama 7jam, kita bisa bangun jam 4 pagi dengan kondisi segar. jika kita berpikiran jam 9 masih kesorean, dan memilih bangun jam 6, berarti kita emang gak niat untuk menjemput sholat subuh.

2. memasang jam weker (standart)

3. mengkonsumsi vitamin supaya badan terasa vit
ketika bangun subuh, tubuh ini memerlukan vitamin vitamin yang gak cukup hanya dari makanan saja,untuk menunjang bangun subuh dengan badan yang segar disarankan untuk mengkonsumsi mulivitamin sebelum tidur.
bukan minuman berenergi.

4. minum air putih sebelum tidur
ini adalah rahasia paling ampuh. minumlah air putih (layak konsumsi) 2-4 gelas sebelum tidur. terserah anda mau tidur jam berapa. makin banyak jumlah gelasnya akan semakin mempercepat bangunnya. dengan kondisi tubuh normal, ketika kita minum 2 gelas aja sebelum subuh insya allah kita akan sudah bangun, bahkan jika target kita adalah sholat malam tambahkan menjadi 4 gelas, insya allah kita udah 2x bangun untuk ke kamar kecil ( buang air kecil). bila malas bangun tanggung sendiri akibatnya, tempat tidur kita dijamin kebanjiran. he he

5. melawan dinginnya air waktu subuh
bagi yang berkecukupan bisa berwudlu dengan air yang sudah dihangatkan atau dengan water heater. bagi yang lain, cobalah untuk menggerak gerakkan badan sebelum menyentuh air, gosok gigi anda dengan perlengkapan mandi. cara ini merangsang tubuh kita untuk beradaptasi dengan suhu tempat wudlu, sehingga tubuh kita merespon air menjadi tidak terlalu dingin.

dengan sharing seperti ini mudah mudahan kita bisa saling mengajak dan saling mengingatkan untuk melaksanakan ibadah sholat.


Responses

  1. hai, posting yang menarik, sorry ngikut thread comment ini sebagai salam perkenalan… sy Agus Suhanto

  2. subuh adalah waktu yang berkah,karna udara waktu subuh bisa menenangkan pikiran dan jiwa.

    • bener bang hatta..cuma sebagian dari kita masih belum menyadari keistimewaan bangun dan sholat shubuh on time….

  3. Alhamdulillah…senang sekali menemukan blog ini.
    Serasa berada di bangku sekolah, banyak ilmu yang saya dapat

  4. aku suka artikel-artikelnya. banyak menambah ilmu dan motivasi.

    • tapi kita juga minta maaf nich, karena kesibukan kita, kita jadi jarang nulis lagi…..

  5. allhamdulillah masih ada jalan penerang di dunia maya, saya seneng banget ada artikel, web & blog yang seperti ini.. Saya bersyukur masih ada yang mengingatkan juga menyalurkan ilmu pengetahuan selain ceramah & tausiah di pengajian/masjid.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: