Oleh: nirvana2005 | Agustus 25, 2009

Amalan Terbaik di bulan Ramadhan

apakah amalan terbaik dibulan ramadhan? dan kapan harus dilakukan? konon kabarnya bulan puasa ini adalah bulan suci yang penuh dengan rahmat, hidayah dan ampunan. pertanyaan pertanyaan seperti ini mungkin banyak mampir dalam pikiran kita. menimbulkan banyak tanda tanya dalam benak kita. amalan apakah yang terbaik itu ?

tentu saja amalan utama dalam bulan ramadhan adalah puasa ramadhan, barang siapa tidak berpuasa, maka mereka akan kehilangan rahmat, hidayah dan ampunan dari allah swt, kecuali mereka yang memang berhalangan. bagaimana doanya minta di kobul, puasa aja kagak.

berikutnya adalah melaksanakan sholat sunnah dimalam hari selain sholat wajib 5 waktu pada bulan bulan ramadhan, kegiatan ibadah sholat malam ini biasa disebut sholat tarawih, waktu biasa dilakukan setelah melaksanakan sholat isya. dan memang kegiatan ibadah ini sudah menjadi tradisi di bulan ramadhan bagi umat islam dan telah dilakukan di masjid masjid sekitar kita. mengenai jumlah rokaat untuk sholat tarawih gak perlu diributkan, asalkan sesuai dengan mahzab yang dianut.

dzikir dibulan ramadhan adalah amalan utama lainnya, dzikir terbaik adalah membaca kalimat tahlil ; LAA ILAHA ILLA ALLAH. bisa dilakukan setiap saat, baik abis sholat, di waktu senggang atau ketika bekerja. selain itu dzikir dengan menyebut asma allah atau sebagian dari asmaul husna 99 juga merupakan amalan utama di bulan ramadhan.

yang gak boleh ketinggalan adalah berinfak atau memberikan sodakoh pada para fakir miskin, masjid atau orang yang lagi kesusahan. gak usah diitung itung berapa  pahala yang dijanjikan allah, tetapi allah telah menetapkan bahwa setiap perbuatan baik kita dibulan ramadhan di mata allah akan mendapatkan balasan  yang setimpal pula. tanpa mengurangan rasa keikhlasan kita dalam beramal sholeh.

yang terakhir adalah memberikan makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang sedang berpuasa. Allah menjanjikan pahala bagi orang yang membagikan makan pada orang yang sedang berpuasa ramadhan sebesar amal ibadah yang dilakukan orang yang berpuasa tersebut. sungguh istimewa sekali.

untuk itu kita sebagai muslim yang taat beribadah, jangan sampai kita terputus dari rahmat, hidayah dan ampunan yang telah dijanjinkan allah pada bulan suci ramadhan ini. berlombalah untuk mengejarnya, semua usaha ini untuk mencari ridlo allah semata, untuk mendekatkan diri kepadaNya, dan untuk mendapatkan perlindungan dariNya dari siksa neraka.

About these ads

Responses

  1. good info,

    nice blog

  2. ada yang kurang tuch, tadarusnya mana…
    perbanyak amal dengan membaca alquran dibulan romadhon.

    thanks atas infonya

    • terima kasih untuk koreksinya

      • mari kita sm2 bulatkan tekat stkan hati bahwa allah itu segalanya tmpt meminta dan memohon.romadhon th ini hrs lbh baik lg dr th kMrn tingkat kan ibdh , sdkh , & amal saleh .

  3. [...] apakah amalan terbaik dibulan ramadhan? dan kapan harus dilakukan? konon kabarnya bulan puasa ini adalah bulan suci yang penuh dengan rahmat, hidayah dan ampunan. pertanyaan pertanyaan seperti ini mungkin banyak mampir dalam pikiran kita. [...] Go to Source [...]

  4. Ya Allah…sungguh besar Rahmat yang engkau berikan kepada kami..Mudah2an ibadah kami dapat ditingkatkan dengan adanya Ramadhan dan mudah2an kami diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menjalani hidup dan kehidupan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: