Oleh: nirvana2005 | Desember 30, 2009

Tahun Baru – apa maknanya

hore tahun baru……..seru anak2x kecil
tahukah mereka arti tahun baru, kemungkinan yang ada dipikiran mereka adalah hari libur, beli terompet, main petasan atau kembang api, makan makan dan begadang sampe malam apa kuat mereka begadang nunggu jam 00.00, paling jam 10 udah pada ko….

yang ada dibenak orang dewasa, menantikan detik detik pergantian tahun dengan harapan dan khayalan2x yang luar biasa seolah olah akan terjadi perubahan besar dalam dirinya. seolah olah tahun depan rejeki akan datang lebih banyak, jodoh akan muncul dengan wajah baru dan gaya hidup akan berubah….mengikuti slogan berikut :

tahun baru…baju baru…mobil baru…hp baru…cewek/cowok baru…rumah baru .. pekerjaan baru…dll.

apa yang terjadi setiap datang tahun baru ??? kebanyakan adalah hura hura, foya foya dan perayaan perayaan yang menghamburkan rizki yang telah diberikan oleh allah swt. gak percaya??? lihat daftar hunian hotel dimana mana penuh semua, rental mobil full sampai minggu pertama awal tahun, tempat tempat hiburan membuat kegiatan atau acara special, bahkan tak mau ketinggalan tempat tempat clubing udah menyebar virus virus clubing jauh hari. belum lagi yang merayakan dirumah rumah atau dikampung kampung. bisa dihitung berapa banyak rizki dari allah yang dihamburkan untuk perayaan malam itu, malam tahun baru……insya allah melebihi angka yang beredar saat lebaran, karena semua umat manusia kebanyakan akan merayakannya….

masih ingat dengan anak yatim piatu ???? pada saat bulan ramadhan semua orang mendatangi, menyambangi, membagikan rizki, memberikan makan berbuka, memberikan pakaian, mengundang kemasjid2x. tapi menjelang tahun baru ini seolah olah anak yatim dan kaum miskin ini udah dilupakan, tenggelam ditelan bumi entah kemana. padahal mereka masih memerlukan perjuangan untuk tetap bertahan hidup dari tahun ke tahun dari hari ke hari gak cuman bulan ramadhan saja.

tahun depan anak yatim dan kaum miskin ini masih memerlukan biaya hidup, masih memerlukan pakain untuk menggantikan pakaian yang udah bertahun tahun tidak ganti. memerlukan makan untuk tetap bertahan hidup. siapakah yang masih peduli dengan mereka, mereka menjalani takdirnya bukan karena kemauannya, itu karena kehendak allah swt. kita bisa kaya, bisa lebih dari mereka bukan semata mata karena usaha kita, tetapi juga karena dibukanya pintu rizki oleh allah swt. bagaimana bila allah menutup pintu rizki kita, insya allah kita akan seperti mereka. “kun fayakun” maka terjadilah, dan kita tidak akan bisa mengelah dari kehendak allah swt.

selama kita masih dipercaya allah untuk menerima rizki yang lebih dari mereka, jangan segan untuk mensedekahkan sebagian untuk mereka, anak yatim dan para fakir miskin. gak ada cerita bersedekah menjadikan kita miskin, tetapi sebaliknya. jangan hanya mencari anak yatim hanya bulan ramadhan saja, mereka juga perlu hidup sepanjang tahun…..

makna tahun baru adalah merenungkan kembali hidup kita tahun kemaren, apa yang kurang, apa yang salah, apa yang jelek dalam hidup kita dalam setahun kita renungkan kembali. sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun hidup esok hari, membuat program program yang lebih baih, meningkatkan iman dan taqwa kita. bila sebelumnya waktu perjumpaan kita dengan allah hanya 30 menit ( 6 menit x 5 waktu sholat), kita tinggkatkan lagi menjadi total 1-2 jam setiap harinya….al qur an yang biasanya cuma dipindah tempat tumpukannya, mulai tahun ini bacalah selembar dua lembar. dzikir yang hanya kalau inget inget saja, mulai tahun ini laungkan waktu pagi atau malam hari untuk mengingat allah. gak lama 15-30 menit saja….

kalo mau merayakan tahun baru pas jam 00:00, rayakan bersama allah swt, caranya….ya dengan sholat malam, sholat tahajut, dzikir. minta ampunan atas segala kesalah dan tingkah laku selama tahun kemaren..

bukan dengan pesta pesta, hura hura, mabuk mabukan atau maksiat yang lainnya. bukannya mengurangi dosa, justru berburu dosa… subhanallah…

ya allah….di tahun yang baru ..
mudah mudahan kita termasuk orang yang senantiasa dilindungi allah swt.
mudah mudahan kita termasuk orang yang masih diberikan kesempatan untuk tetap merasakan udara ditahun mendatang
mudah mudahan kita termasuk orang yang masih diberikan iman dan taqwa sehingga kita tidak termasuk orang yang lalai dari mengingat allah…….
amin ya robbal alamin……


Responses

  1. Subhanallah…
    seandainya anak-anak muda skrg ini sadar betul akan semua yang telah diceritakan ini dibenak mereka masing-masing, Insya Allah negara ini akan maju..

    Allahu AKbar…
    Allahu Akbar…
    Allahu Akbar..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: