Oleh: nirvana2005 | Juni 1, 2010

Gempa Bola

bulan juni ini dunia akan dihebohkan oleh ajang piala dunia sepak bola yang akan di selenggarakan di afrika selatan. semua media, baik, televisi, cetak, radio bahkan dari operator selular turut mencuri perhatian untuk memeriahkan ajang piala dunia ini. bahkan ada sebuah iklan politik yang sempat dikemas untuk menyambut bulan gila bola, gempa bola…..

apakah kalo udah gila bola kita lupa ama sholat????
apakah kita stop untuk ibadahnya, dzikirnya, sholat malam dllllll …. ????

tentu tidak. sebagai umat muslim yang taat, ibadah tetap nomer satu. beribadah hanya untuk mencari ridlo allah swt. sholat wajib, sholat malam, dzikir, dan ibadah lainnya jalan terus jangan sampe kalah dengan pesta bola, jangan sampe kalah dengan gempa bola. kita harus bisa membuat hati kita tetap bergelora untuk beribadah, tetap bersemangat untuk beribadah. tidak dengan terpaksa, tidak dengan berat hati, semua ibadah kita lakukan dengan ikhlas …jangan sampe kalahkan ibadah kita hanya untuk gila bola, jangan kita korbankan waktu ibadah malam kita hanya untuk melototin si bola bundar selama 2 x 45 menit.

melototin tv selama 2 x 45 menit tanpa berkedit sanggup, akan tetapi bila kita disuguhin dzikir hanya 15 sampe 30 menit dijamin udah loyo, hilang semangatnya, banyak alasan yang membuat hati kita menyepelekan ibadah kita sendiri, sholat malam baru dapat 4 rokaat buru buru ditutup. ” yaudahlah segini ajalah dulu, ini udah lama, udah cukup” padahal ibadah sholat / dzikir baru jalan 10 menit. alasan lain stop dulu ah ibadahnya, nanti kelewatan gak liat gol gol indah. padahal setiap terjadi gol, tayangan selalu diulang ulang, dan pasti diulang diakhir siaran / tayangan. dan gol-gol itu tidak terjadi setiap menit, setiap detik. sayang sekali jika semangat ibadah kita dikalahkan oleh bola, sayang sekali momen yang seharusnya bisa kita gunakan untuk beribadah khusyuk, dinomer duakan oleh bola. toh besoknya kita juga masih bisa membaca berita dari koran atau majalah, bahkan berita dari portal berita internet selalu update, gak bakalan kita ketinggalan berita. padahal sayang sekali bila kita kehilangan momen untuk beribadah, sayang sekali bila kita gak bisa mencuri kesempatan dalam kesempitan.

untuk orang orang yang beriman, ingat bola – ingat Allah. sebelum melototin bola berikan yang terbaik untuk
Allah, berikan waktu terbaik, semangat terbaik dan ibadah terbaik untuk Allah, Allah tidak mau dinomer duakan, dan Allah tidak suka diduakan, sayangi allah sembelum Allah berhenti menyayangi kita.

dikala orang tidur kita masih beribadah
dikala orang nonton bola kita masih beribadah
dikala orang melanjutkan tidur abis nonton bola kita juga masih beribadah

bola boleh menghiasi hidup kita
bola boleh hadir ditengah tengah kita
tetapi jangan sampe bola menggeser posisi Allah dihati kita.


Responses

  1. gmn ya kalo terlanjur suka ama bola..
    kl sholat dulu ntar inget bola..
    tapi nonton bola dulu baru sholat .. biar ikhlas ibadahnya…

    • kemungkinan yang ada dipikiran anda tidak jauh dengan urusan makan,
      pilih mana ?? bola dulu atau sholat dulu,
      sholat dulu takut gak khusuk, sholat mikirin bola
      atau bola dulu, biar tar sholatnya bisa khusuk? tp akhirnya ketiduran….
      jawabnya sama dengan makan dulu atau sholat dulu????

      • Kalau sholat dulu atau makan dulu, bisa jadi saya pilih makan dulu.
        Tapi kalau sholat atau nonton bola.. saya rasa itu bukan pilihan.

        Salam,
        **AI**

  2. Assalamu’alaikum sahabat..

    Sedikit berbagi kisah, semoga manfaat

    Putra tunggalku laki laki penggemar bola, usianya sekarang menuju 13 tahun, sejak balita sudah menyukai bola, pada saat sudah bisa membaca tidak pernah sedikitpun melewatkan membaca tabloid, koran, majalah bola yang selalu dibeli oleh ayahnya, tante dan omnya. Saya sendiri bukan bola mania.

    Pertandingan di televisi, baik itu liga ataupun cup tidak pernah sedikitpun dia abaikan, jangan ditanya soal hapalan pemain, pergeseran pemain, pelatih, organisasi dst, dsb,,anak saya ini up to date.

    Yang repot jika pertandingan tengah malam, menganggu aktifitas solat subuhnya, dan sudah pasti sekolah terganggu, walaupun anakku ini selalu konsekwen untuk disiplin solat dan tetap belajar. Akan tetapi hasil solatnya dan pelajaran sekolahnya tidaklah memuaskan maksimal, karna dijalankan hanya sebatas menggugurkan kewajiban.

    Alhamdulillah, sudah 2 tahun ini, semakin besar putraku mulai mengerti bahwa banyak mudharat jika harus memaksakan hadir live di tengah ” menggelindingnya bola ” , kuijinkan menonton live jika besoknya libur sekolah, dan solat tsubuh harus tetap di masjid, yang alhamdulillah letaknya persis di samping rumah.

    Putraku termasuk anak yang kritis, saya sering menghabiskan waktu berbicara sampai berjam jam hanya untuk menjelaskan satu hal topik, perlahan tapi masuk ke alam pikirnya yang masih anak anak, menuju remaja yang banyak perubahan di luar dan dalam dirinya.

    Jangan berputus asa, mari terus berdoa dan berupaya untuk amar ma’ruf nahi munkar, terutama kepada putra putri kita,..keluarga kita, yang akan dimintai tanggung jawab oleh Allah SWT..

    Wassalamu’alaikum wr wb..
    Ade Noerjannah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: