Oleh: bening1 | Agustus 12, 2010

yang tersirat dibulan ramadhan

inilah hal hal penting yang tersirat dalam bulan ramadhan. tersurat jelas sekali tertuang dalam alquran dan hadist atau terjemahannya, tersirat harus menyelami terlebih dahulu bagai kenyataan setelah diterapkan di dalam kehidupannya.

1. puasa
tersurat : puasa adalah menahan lapar dan dahaga, menahan hawa nafsu secara lahiriyah sesuai waktu yang telah dibatasi, dari sebelum subuh sampai batas magrib.

tersirat : lebih dalam dengan belajar menguasai diri ini untuk tidak memenuhi kebutuhan kebutuhan lahiriyah seperti makan, minum dan nafsu

2. ramadhan :
tersurat : seperti dituliskan dalam surat al baqarah ayat 185-187, bahwa puasa ramadhan atas perintah alah.swt
tersirat : bahwa bulan ramadhan merupakan babak baru perbaikan peradaban dari jaman jahiliyah, dimana kitab suci alquran untuk pertama kali diturunkan, kitab yang mengatur kehidupan manusia, tentang bumi dan langit, tentang hal yang belum diketahui manusia sebelumnya. bulan dimana hadirnya malam seribu bulan…

3. amalan tidur dibulan puasa lebih baik (Sunah)
tersurat : bahwa kita diminta untuk tidur selagi menjalankan ibadah puasa
secara tersurat emang lebih baik tidur dari pada kita kelayapan gak jelas, buka internet isinya parno semua, nonton tv beritanya ghibah mulu, jalan jalan banyak menghambukan uang dan cuci mata yang berakibat zina mata.
tersirat : kita diminta untuk menidurkan semua hawa nafsu yang selama ini menguasai kita, menidurkan amarah kita yang sering menyusahkan orang, menidurkan ego kita yang tidak pernah mau kalah….untuk mencapai kemenangan untuk menguasai diri ini dalam melaksanakan ibadah puasa kita harus menidurkan nafsu kita.

4. bau mulut sepertu buah kasturi
tersurat : bahwa allah menyukai bau mulut orang yang berpuasa, seolah seperti mencium bau buah kasturi
padahal bila dihadapkan kepada manusia, bau kasturi akan berubah menjadi bau naga, coba saja bila ngomong pas puasa sambil ditiup tiupkan, insya allah pada ngacir semua…
tersirat : allah mangakui bahwa nafas yang sedang berpuasa seperti bau naga, akan tetapi allah ingin mengangkat derajat yang sedang berpuasa dengan menyatakan walaupun kita memiliki nafas bau naga jangan minder, kita diminta untuk tetap beraktifitas seperti biasa.
secara kesehatan bau naga yang cenderung asam ini karena perut kosong sehingga organ tubuh bag dalam menjaga keasamannya, dengan tingkat keasaman tinggi ini insya allah bisa mengurangi gejala gejala gangguan kesehatan. contoh kanker, selama ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki anti oksidan tinggi (keasaman tinggi), maka dengan menjaga keasaman dalam tubuh kita, secara otomatis tubuh kita telah berjasa melawan kanker dari dalam.

5. sholat tarawih
tersurat : perintah untuk menjalankan sholat malam setelah sholat isyak, jumlah rokaat sesuai dengan mahzab yang dianut.
tersirat : kita dilatih untuk melakukan sholat malam, menjauhkan pikiran kotor dan perbuatan jahat setelah menjalankan ibadah puasa, pagi saur, siang puasa, magrib berbuka, malam tarawih, abis itu tadarus, istirahat, jadi gak sempat mikirin yang neko neko. mengajak kita untuk terbiasa sholat malam, walaupun waktu yang paling afdol adalah 1/3 malam terakhir.

6. zakat
tersirat : dijelaskan bahwa zakat fitrah seperti diatur dalam alquran dan hadis, sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter beras, atau diuangkan.
tersirat : kita diajarkan untuk senantiasa bersedekah, berbagi dengan yang kurang mampu, menumbuhkan sifat sosial kita. terus terbawa dalam kehidupan selanjutnya, diluar bulan bulan ramadhan
makna lain bahwa pada jaman dahulu seseorang yang telah melakukan sebuah ritual keagamaan selalu memberikan persembahan untuk sang pencipta, dalam bentuk segala macam. tetapi persembahan itu untuk siapa, berupa apa, diapakan, dan berapa banyak. padahal allah maha kaya, allah tidak perlu sesembahan dari manusia. maka dari itu diaturlah zakat fitrah, aturannya jelas, diperuntukkan untuk siapa aja udah ditentukan, sehingga persembahan ini melengkapi ritual ibadah kita, menyempurnakan puasa kita sebulan penuh, melengkapi diri ini untuk meraih kemenangan, menjadikan diri kita kembali suci…


Responses

  1. aku kagum dengan apa yang anda tulis.saya salah satu jamaah jepara d bawah bimbingan bpk ali khadir rois…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: